SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Ini Bocoran Asupan dan Suplemen untuk Booster ASI Selama Masa Menyusui

ilustrasi ibu menyusui (Freepik.com/senivpetro)

Setiap ibu pasti menginginkan untuk bisa memberikan ASI (Air Susu Ibu) secara ekslusif kepada bayinya karena kita semua tahu bahwa ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi sampai dengan usia dua tahun. Maka dari itu tidak heran bila seorang ibu akan melakukan apa saja untuk memastikan ASI nya bisa keluar dengan lancar, entah itu dengan cara konsumsi makanan alami untuk memperbanyak supply ASI maupun dengan bantuan suplemen.

Namun, tidak semua ibu beruntung bisa mempunyai ASI yang melimpah, ada juga beberapa ibu yang mengalami kendala dalam memproduksi ASI, entah karena masalah medis, psikis ataupun faktor – faktor lain yang memang sangat beragam dialami oleh para ibu. Kalau sudah begini tentu akan membuat kitaa sebagai ibu malah menjadi stres dan yang ada ASI malah akan makin sulit diproduksi karena kondisi mental yang stres sedikit banyak juga mempengaruhi kuantitas produksi ASI loh.

Pengalaman memberikan ASI

Pengalaman saya saat menyusui sejak bayi baru lahir sampai si kecil disapih di usia tepat dua tahun juga tidak selalu mulus, pasti ada up and down nya. Saat awal – awal memang produksi  ASI lancar tanpa kendala, namun di bulan ke empat usia si kecil, produksi ASI mengalami kendala, yang tadinya lancar dan melimpah sampai hampir – hampir terkena mastitis, menjadi berkurang sehingga menyebabkan asupan ASI si kecil juga berkurang dan ending nya berpengaruh pada berat badan nya, duh kalau sudah begini ibu mana yang tidak stres bukan?

Untuk mengatasi produksi ASI yang kurang maksimal, saya melakukan beberapa treatment, diantaranya mengkonsumsi bahan makanan dan minuman alami yang memang bagus untuk booster ASI dan juga mengkonsumsi suplemen pelancar ASI, istilahnya semua cara dicoba untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan untuk mengetahui mana metode yang bagus dan bekerja pada tubuh saya (karena mungkin setiap ibu mempunyai respon dan cara kerja tubuh yang berbeda – beda ya Mom, jadi harus jeli dalam mengamatinya).

Asupan untuk ASI booster

Pertama – tama saya tidak langsung mengandalkan pada suplemen, melainkan mencoba mengkonsumsi makanan dan minuman yang memang terbukti bagus untuk booster ASI,apa saja itu?

1. Daun katuk

Bukan ekstrak daun katuk dalam bentuk kapsul ,namun ini adalah benar – benar daun katuk yang dipetik dan dimasak. Saya suka mengkonsumsi sayur daun katuk yang diolah menjadi sayur bening. Memakan sayur ini seara rutin sangat bagus untuk membantu produksi ASI di saat menyusui.

2. Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya

Bila sedang tidak ada daun katuk, bisasnya saya memakan bayam dan sayuran berdaun hijau lain nya (namun lebih seringnya bayam sih). Untuk porsi sayurnya juga perlu diperhatikan ya, jangan terlalu sedikit, biasanya minimal saya memakan satu ikat bayam untuk sekali makan, hehe. Memperbanyak asupan sayuran di masa menyusui sangat bagus dan memang terbukti loh menambah produksi ASI.

3. Kacang almond

Selain sayur, saya juga mengkonsumsi  kacang – kacangan terutama kacang almond panggang (roasted almond) siap makan yang banyak di jual offline maupun online. Dari sebuah sumber yang saya baca, kacang almond sangat bagus untuk booster ASI dan membuat rasa ASI menjadi lebih creamy sehingga tentu akan sangat disukai bayi. Selain dalam bentuk kacang utuh, kita juga bisa mengkonsumsi kacang almond dalam bentuk cair seperti susu almond.

4. Kacang tanah

Bila dirasa sulit mendapatkan kacang almond dan memang dari segi harga juga agak pricey, bisa juga loh diganti dengan alternatif lain seprti kacang tanah ataupun kacang kedelai. Biasanya saya juga selang seling antara kacang almond dan kacang tanah. sesekali juga makan kacang kedelai edamame. Kacang tananhnya bisa kacang tanah yang sudah direbus ataupun kacang tanah kulit yang bisa dibeli di toko – toko, pastikan kacang tanah utuh ya yang masih ada kulitnya, bukan dalam bentuk kacang atom dan modifikasi lain nya :).

5. Buah – buahan

Segala jenis buah – buahan juga menjadi salah satu sumber makanan yang bagus untuk ASI booster. Buah – buahan ini bsia kita jadikan snack bersamaan dengan kacang – kacangan di waktu ngemil kita.

6. Susu

Untuk produk susu, saya mencoba bemacam – macam produk, mulai dari susu khusus untuk ibu menyusui maupun susu yang terbuat dari kacang seperti susu kedelai. Untuk susu khusus ibu menyusui bisa kita dapatkan di minimarket dengan merk – merk yang sudah familiar seperti prenagen, laktogen, anmum dll. Namun ada juga merk susu untuk booster ASI yang tidak dijual di minimarket maupun swalayan besar namun tidak kalah bagusnya dengan merk – merk yang sudah disebutkan tadi, bahkan di saya pribadi malah lebih works susu ini, yakni susu yang terbuat bukan dari bahan dasar susu sapi, melainkan dari kacang almond ditambah berbagai jenis kacang – kacangan lainnya  seperti kacang kedelai, kacang merah, malt dan banyak super food lain yang membuat produk ini sangat manjur, dari segi rasa juga sangat enak, untuk varian rasanya ada tiga macam yakni coklat, vanila dan strawberry. Sejak tahu susu ini saya sudah tidak mengkonsumsi susu yang dijual di pasaran lagi dan beralih sepenuhnya ke susu andalan saya ini, namanya Lactamond. 

7. Suplemen

Terkadang ada kalanya makanan dan minuman saja juga kurang maksimal dalam membantu booster ASI sehingga kita juga memerlukan tambahan berupa bantuan konsumsi suplemen. Untuk suplemen ASI sendiri bisa kita dapatkan di apotek – apotek terdekat dengan merk yang sudah sangat familiar ya seperti suplemen yang terbuat dari ekstrak daun katuk dengan merk Asifit. Jujur, saya pernah mengkonsumsi suplemen ini namun tidak ada efek atau minim sekali efek yang saya rasakan akhirnya saya beralih ke suplemen ASI yang memang bisa dikatakan lebih pemium karena dari segi harga jauh berkali – kali lipat dari Asifit ini, yakni suplemen Nutribreast. Suplemen ini sangat manjur dan bekerja dengan baik pada saya dan ini adalah penolong saat produksi ASI benar – benar sedang tidak stabil, tentu saja dengan dibantu asupan makanan yang bergizi ya.

Jadi itulah asupan dan suplemen yang sangat membantu saya dalam melewati masa menyusui. Yang perlu digaris bawahi, meskipun penggunaan suplemen dibolehkan asal masih dalam batas konsumsi yang aman, namun jangan sampai kita menggantungkan kepada suplemen saja ya dan tidak menjaga asupan makanan karena tetap yang paling utama adalah apa yang kita makan dan minum sehari – hari, jadi posisi suplemen hanya sebagai pelengkap, bukan yang utama ya Mom.

Semangat dalam mengASIhi si kecil dan yang terpenting jaga kondisi psikis dan mental kita tetap happy di masa – masa menyusui.

 

Terima kasih sudah berkunjung.

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular