SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Minimalis Skincare, Emang Bisa ?

ilustrasi minimalis skincare (Freepik.com)

Apa yang pertama kali ada di pikiran kita saat mendengar kalimat minimalis skincare ? mungkin sebagian bertanya – tanya apa maksudnya minimalis skincare dan sebagian lagi sudah underestimate dengan konsep minimalis skincare karena di zaman sekarang itu trend nya justru maksimalis skincare. Lihat saja campaign 10 step skincare yang banyak diusung oleh brand – brand Korea, belum lagi setiap bulan ada saja muncul produk skincare baru, entah untuk menambah rangkaian skincare harian kita ataupun produk yang sama dengan kandungan yang di improved yang semuanya itu memang sangatlah menggoda untuk dicoba.

Bila kita sudah familiar dengan istilah gaya hidup minimalis dan bagaimana konsepnya, sebenarnya  minimalis skincare pun juga tidak jauh berbeda, di mana dalam minimalis skincare ini kita berusaha menggunakan skincare yang esensial saja dan mengeliminasi produk yang dirasa kurang atau sebenarnya mempunyai fungsi yang sama dengan skincare utama kita.

Berbicara skincare utama, sebenarnya skincare sendiri bisa diklasifikasikan menjadi dua, yakni basic skincare dan improved skincare. Basic skincare adalah jenis skincare yang sudah menjadi pakem dan wajib penggunaan nya dalam rangkaian dasar rutin seperti double cleansing, toning dan moisturizing sedangkan improved skincare adalah jenis skincare di luar tiga dasar tadi, misalnya essence, masker, scrub maupun serum.

Minimalis skincare sendiri lebih mengutamakan kepada step basic skincare dan menghindari menggunakan terlalu banyak produk dan layering skincare dalam sekali momen pengaplikasian. Jadi bila ditanya bagaimana dengan 10 step skincare routine ? sayang sekali ini tidak termasuk ke dalam minimalis skincare. Lalu apa apa saja langkah dan produk yang bisa dikategorikan sebagai minimalis skincare ?

1. Cleansing/double cleansing

Hal yang pertama kita lakukan dalam ritual skincare sehari – hari pasti dimulai dari proses pembersihan atau cleansing. Untuk cleansing kita bisa menggunakan facial wash sesuai dengan jenis kulit kita, tidak butuh banyak – banyak, cukup pilih satu produk untuk pagi dan malam hari. Jangan lupa juga tambahkan makeup remover atau produk pre cleansing lain nya saat melakukan skincare di malam hari setelah seharian penuh kita beraktivitas terutama apabila kita menggunakan makeup.

2. Toning

Proses selanjutnya adalah toning atau penyegaran. Sama halnya dengan cleansing, cukup pilih satu produk yang bisa digunakan untuk pagi dan malam hari, atau bila kita melakukan exfoliation dengan produk toner, bisa juga kita tambahkan sebagai rutinitas mingguan kita, jadi setelah cleansing bisa langsung mengaplikasikan exfoliating toner, sama – sama toner hanya fungsinya saja yang berbeda,

3. Moisturizing

Untuk moisturizing, pilihlah produk moisturizer murni yang bisa digunakan untuk pagi dan malam hari. Untuk perawatan anti aging, kita bisa memilih produk moisturizer khusus untuk anti aging yang bisa kita gunakan selang seling dengan mositirizer murni ini.

4. Sunscreen

Khusus untuk pagi hari, step terakhir adalah menutup rangkaian skincare dengan sunscreen sebagai proteksi terhadap sinar matahari.

Bagaimana? simple bukan ? jadi dalam sekali ritual kita hanya butuh 3 step dan produk saja . Untuk kategori skincare mingguan seperti penggunaan produk exfoliation dan anti aging, kita bisa memilih produk dalam bentuk toner atau moisturizer sehingga yang kita ganti hanya jenis produknya saja, sedangkan step nya tetap sama yakni cleansing-toning-moisturizing. Lalu bagaimana dengan serum dan kawan – kawan nya? well, sebenarnya produk – produk seperti serum, essence maupun ampoule itu sebenarnya tidak wajib ya, mereka terlihat sangat menggoda karena klaim kandungan nya yang memiliki  konsentrasi tinggi sehingga bekerja lebih baik dan cepat pada kulit. Dalam konsep minimalis skincare sekali lagi ini tidak termasuk list yang wajib karena pada dasarnya kita ingin menyederhanakan pemakaian skincare harian kita kembali ke esensinya dan ternyata terbukti cukup manjur loh karena seuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk kulit kita. Jadi apakah minimalis skincare ini work? tentu saja bisa.

Overall bagi yang pro dengan maksimalis skincare, its oke, nothing wrong with it. Namun, bagi yang ingin mencoba gaya minimalis ini dan downsize produk skincare di koleksi rak skincare kita, ide ini boleh juga loh untuk dicoba.

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Aku memang berusaha minimalis dlm hal barang2 di rumah, tapi kayaknya kalo skincare susah mba 🤣. Soalnya udh terbiasa dengan layering dari umur 20 Ampe skr 40. Jadi kayaknya ngerasa ada yg kurang dan JD ga nyaman kalo mengurangi jumlah skincare ya.

    Tapi utk temen2 yg memang lagi belajar utk rutin skincare, aku selalu anjurin UTK yg basic nya aja. Ga usah ke lain2. Takutnya basic aja ga konsisten, malah sayang kan kalo ga kepake

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, semua dari basic nya dulu sih emang ya...mungkin kulitku juga yang kurang bsia nerima banyak produk ya, jadi maunya malah yang minim2 aja...hehe
      as long as it works sih oke2 aja mba :)

      Hapus

Popular