SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Pentingnya Mempunyai Hobi untuk Ibu Rumah Tangga


Ilustrasi by Freepik

Sejak kecil kita sudah terbiasa mendengar istilah hobi. Hobi sendiri bisa kita artikan sebagai suatu aktfitas yang dilakukan secara sukarela, tanpa paksaan dan biasanya dilakukan atas dasar kecintaan atau kesukaan terhadap bidang yang ditekuni. Sebagian besar orang pasti mempunyai hobi, sadar maupun tidak, karena kita tidak mungkin melakukan hal yang monoton terus menerus tanpa adanya pengalihan atau melakukan hal lain yang benar – benar kita sukai bukan ?

Bagi orang yang sudah mengenali hobi nya sejak usia muda, pasti akan sangat mudah untuk menekuni nya sedari dini , namun ada juga beebrapa orang yang kesulitan untuk menemukan apa yang membuat mereka senang, mereka bahkan bingung bila ditanya hobi nya apa ? sungguh sangat miris bukan, yang tadinya hobi ini adalah sarana kita untuk aktualisasi diri, namun banyak juga ternyata di kehidupan sehari – hari kita yang justru kebingungan mengenali  kesukaan nya sendiri.

Berbicara mengenai hobi dan wanita, terutama bila kita adalah seorang fulltime mom atau  ibu rumah tangga tentu sangatlah penting, mengapa ? karena tanpa disadari kesibukan kita dalam mengurus keluarga sangatlah menyita waktu dan rentan membuat kita stres dan kelelahan, baik secara fisik maupun mental. Apalagi bila yang kita kerjakan berkutat di seputar hal yang sama, tentu kita akan mudah merasa bosan dan juga kesepian. Maka dari itu, sangat lah penting untuk mempunyai suatu hobi sebagai alternatif kegiatan lain di luar kesibukan kita dalam mengurus urusan domestik keluarga. Lalu, apa saja sih manfaat mempunyai dan menekuni hobi bagi ibu rumah tangga ? yuk kita simak :

Lahan aktualisasi diri                                                            

Tanpa disadari saat kegiatan kita hanya berkutat di seputar keluarga, rumah dan anak, maka hidup kita terasa hanya berada di siklus yang itu – itu saja dan adakalanya kita merasa bosan. Meskipun kita memiliki teman – teman, namun pertemann setelah kita menikah tentu sangat berbeda saat kita masih single. Saat sudah menikah secara alamiah lingkup pergaulan dan pertemenana kita akan sedikit mengecil sehingga kita membutuhkan lahan atau tempat untuk menyalurkan aspirasi dan passion kita lewat hobi. Tidak dipungkiri bahwa manusia juga memiliki kebutuhan untuk akualisasi diri dan menunjukkan eksistensi nya  dan hobi adalah kegiatan dan tempat yang sehat untuk menunjukkan aktualisasi diri kita.

Obat anti stres

Tidak dipungkiri sebelum menikah dulu kita mungkin pernah berpikir bahwasanya menjadi full time ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang paling enak karena bisa punya banyak waktu luang di rumah dan bisa rebahan kapan saja 😃 namun setelah menjalaninya ternyata itu semua tidak selalu benar ya, justru sebaliknya ada saja yang dikerjakan terutama saat sudah ada anak – anak sehingga tidak sedikit ibu – ibu yang mengalami stres  dan jenuh. Dengan mempunyai hobi, kita bisa mengobati kejenuhan dan stres kita dengan mengalihakn perhatian kita ke hal – hal yang kita suka.

Menjaga tetap waras

Tidak jauh berbeda dengan poin kedua di atas, salah satu hal yang bisa menyelamatkan kita sebagai seorang ibu dengan multi peran adalah menjaga mental kita agar tetap waras, sehingga bagaimanapun sibuk dan hectic nya kita sehari – hari, kita tetap bisa berpikir jernih. Melakukan hobi membuat pikiran kita relaks dan fokus dengan apa yang ada di depan mata, sehingga tidak ada lagi tempat untuk pikiran negatif datang.

Menggali bakat dan potensi

Terkadang kita tidak pernah tahu loh bahwa sebenarnya kita mempunyai bakat dan potensi terpendam. Yang selama ini kita kira kita tidak bisa melakukan hal – hal yang sudah lama kita ingin coba, dengan memulai dari menekuni hobi, kita bisa mengasah dan mengoptimalkan bakat dan potensi kita, mungkin yang tadinya hobi berkebun hanya sekedar selingan karena kita menyukai tanaman, bila kita serius dan fokus menekuninya tidak dipungkiri kita bisa menjadikan aktifitas berkebun kita sebagai lahan menambah wawaan tentang tanaman bahkan bisa juga dijadikan ide usaha. Tidak perlu menentukan target yang terlalu tinggi dan muluk – muluk di awal, cukup konsisten saja menekuni hobi kita, seiring berjalan nya waktu dan pengalaman kita akan menemukan sendiri jalan kita.

Jadi , menjadi seorang ibu rumah tangga tidak lantas mengorbankan kesukaan dan hobi kita ya moms, sesekali atau bahkan secara rutin kita bisa loh tetap bisa melakukan hobi dan tetap menjalankan kewajiban kita sebagai ibu atau bahkan kita bisa melakukan hobi kita bersana - sama dengan anak atau pasangan kita. Menyandang gelar seorang ibu bukan berarti menghentikan segala kesukaan dan hobi kita begitu saja karena kita tetap butuh refreshing supaya tetap waras.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular