SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Boleh Gak sih Laundry Pakaian Dalam ?


Ilustrasi by Freepik

Di zaman sekarang ini sepertinya bisnis laundry sudah menjadi bisnis yang tingkatnya bukan di level gaya hidup lagi ya, namun sudah menjadi suatu kebutuhan atau “need” bagi hampir kebanyakan orang. Bila biasanya kita sering menjumpai yang menjadi langganan usaha laundry ini mayoritas adalah para pelajar atau anak kos- kosan yang berada di perantauan ataupun para karyawan dan karyawati yang masih single dan  karena kesibukan nya tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri , tentu jasa usaha laundry ini sangatlah dibutuhkan.

Namun, sekarang ini sepertinya stigma itu juga sudah semakin melebar dengan tidak hanya para pelajar dan karyawan saja yang menggunakan jsa laundry, rumah tangga pun juga sudah banyak yang sekarang beralih menggunakan jasa laundry dalam hal cuci mencuci pakaian maupun alat rumah tangga yang lain nya. Meskipun biasanya setiap rumah tangga mempunyai mesin cuci sendiri di rumah, namun untuk mencuci yang berat – berat seperti karpet, sprei, gorden, dan printilan lain nya tetap masih membutuhkan jasa laundry karena mungkin kapasitas dan kekuatan mesin cuci yang di rumah kurang mumpuni bila dibandingkan dengan jasa laundry yang memang di design untuk usaha.

Berbicara tentang laundry pakaian, biasanya kita lihat orang – orang yang menggunakan jasa laundry hanya mencuci pakaian yang sekiranya biasa dipakai di luaran saja seperti baju, celana, jaket, hijab dan jenis pakaian lain yang nampak dari luar, namun pernahkah kita berpikir atau sedikit bertanya – tanya sebenarnya boleh gak ya kalau kita laundry pakaian dalam  ? karena jujur terkadang saya juga suka iseng bertanya – tanya dan sedikit mencari – cari apakah pernah atau adakah pelanggan laundry yang mencuci pakaian dalam nya  ?

Mungkin di awal terdengar agak tabu ya, ah masa iya pakaian dalam di laundry ? menanggapi hal ini sudah pasti akan ada dua kubu yang yes or no. Kubu yes akan berargumen bahwasanya toh di tempat usaha laundry juga tidak tertulis larangan untuk menyertakan pakaian dalam jadi sah – sah saja dong, sedangkan kubu no akan berpendapat bahwa pakaian dalam kan sifatnya personal jadi tidak seharusnya “diumbar” ke orang lain. Well, tentu akan ada ada saja ya perbedaan pendapat dan itu wajar – wajar saja. Laudry pakaian dalam itu sifatnya personal dan setiap orang punya persepsi yang berbeda, sebagian orang menganggap pakaian dalam tidak lebih hanya sebatas pakaian saja yang fungsinya sama dengan pakaian lain nya untuk menutup bagian tubuh, jadi ya no heart feeling,  sedangkan sebagian yang lain mungkin karena norma adat ketimuran jadi berpendapat bahwasanya kurang sopan atau tabu kalau pakaian dalam dicuci orang lain, jadi silahkan kita refleksi ke diri masing – masing kira – kira kita masuk kelompok yang mana, hehe.

Namun, terlepas dari kontroversi laundry pakaian dalam, bila memang karena satu dan lain hal kita terpaksa harus menyertakan pakaian dalam saat laundry, mungkin tips berikut bisa dipertimbangkan agar kita tidak awkard dan serba salah saat akan me laundry ya :

Pastikan usaha jasa laundry tidak mempermasalahkan

Yap, ini krusial sih , bagaimanapun juga kita harus tahu dulu apakah jasa laundry yang biasa kita pakai menerima cuci pakaian dalam, kecuali kalau kita menggunakan jasa laundry koin yang di mana  kita bisa mencuci sendiri di mesin yang sudah disediaka ya tidak ada masalah karena kebanyakan jasa laundry masih menggunakan karyawan untuk proses cuci nya.  lalu pertanyaan nya bagaimana cara mengetahui nya  ? apa iya langsung bertanya blak – blak an ? malu dong.. hehe. Well, kalau memang kita malu untuk langsung bertanya, bisa juga kita trial dulu beberapa potong dan pastikan kita mengingat betul jumlah dan model pakaian dalam yang kita laundry,bila saat mengambil laundry tidak ada komplain dan pakaian dalam kita juga utuh dan aman dalam artian tidak ada kerusakan di sana sini, berarti tempat laundry itu  tidak masalah dengan mencuci pakaian dalam, toh juga yang mencuci kan mesin, bukan dicuci manual dengan tangan.

Perhatikan tingkat “kotor”  pakaian dalam

Tidak hanya pakaian dalam saja sebenarnya, saat menggunakan jasa laundry usahakan pakaian terutama pakaian dalam kita tidak terlalu kotor – kotor amat ya, dalam artian kita bisa menjaga level kekotoran pakaian yang akan kita laundry, pastikan kotor nya masih wajar, sehingga baik kita maupun pemilik usaha laundry juga sama – sama oke.

Gunakan laundry net

Mungkin penggunaan laundry net masih belum terlalu familiar ya, namun perlu juga kita mempertimbangkan  menggunakan laundry net terutama untuk pakaian dalam. Dengan memisahkan dan memasukkan pakaian dalam ke dalam laundry net tentu akan membuat pakaian dalam lebih aman dari belitan – belitan terutama untuk bra yang biasanya rawan tersangkut bila langsung dicampur dengan pakaian lain nya.

Jangan ada feeling guilty

Nah ini nih yang lebih penting, bila memang kita memutuskan untuk me laundry pakaian dalam, ya sudah jangan ada perasaan guilty atau bersalah , malu atau tidak enak an karena tentu hal – hal semacam ini akan mengganggu, bila memang dirasa masih belum sreg lebih baik dicuci sendiri saja, namun bila kita tidak ada masalah dengan itu ya santai saja dan go ahead.

Jadi bagaimana ? masih ragu – ragu untuk laundry pakaian dalam ? tentu semua keputusan ada di tangan kita ya, meskipun hasil cucian laundry biasanya jauh lebih bersih daripada mencuci sendiri, namun bila kita masih ragu atau tidak berkenan it’s okay kok untuk mencuci sendiri, tidak hanya pakaian dalam saja, pakain – pakaian yang lain juga sama. Memang jasa laundry sangat membantu sekali di era hidup yang serba cepat dan sibuk ini, namun bila dirasa kita masih tabu atau ragu, dicuci sendiri juga tidak ada salah nya.

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular