SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Perlukah Memakai Serum Wajah Setiap Hari ?


Ilustrasi by Freepik

Bagi para ladies, tentu tidak asing lagi dengan salah satu varian skincare yang satu ini, yap, serum adalah salah satu skincare yang akhir –akhir ini semakin banyak digandrungi oleh kaum wanita, bahkan tidak hanya wanita saja, para pria pun juga ikut excited bila ada produk serum baru yang keluar.

Seperti kita ketahui bersama banyak brand – brand mulai dari lokal sampai luar negeri yang berlomba - lomba memasarkan produk serum andalan mereka , hal ini tidak lain diakrenakana minat dan  permintana pasar akan serum juga meningkat seiring sengan makin gencarnya promo – promo dan testimoni para beauty influencer di berbagai sosial media yang meng klaim sudah merasakan manfaat dari penggunaan serum secara rutin.

Jenis dan varian serum

Serum sendiri adalah skincare dnegan kandungan zat aktif yang intens yang di klaim mampu menembus lapisan kulit terdalam yang kurang bisa dijangkau oleh pelembab biasa dan di desain dengan kandungan khusus untuk menyelesaikan target masalah di kulit, jadi tidak heran ya banyak sekali macam dan ragam serum yang beredar di pasaran mulai dari serum untuk anti aging, mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, kulit kering dan masih banyak lagi yang menyasar masalah – masalah yang lebih spesifik yang dialami kulit kita.

Dengan makin beragam nya varian serum, tentu tidak semuanya kita aplikasikan ke wajah kita ya, tentu kita akan memilih jenis serum yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit kita, oh iya, selain memilih jenis serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit, satu hal yang perlu kita perhatikan juga adalah tekstur dari serum itu sendiri. Tekstur serum juga beragam, ada yang cair dan bening seperti air, kental dan keruh maupun yang bertekstur seperti gel. Pemilihan tekstur yang sesuai dengan tipe kulit juga sangat menentukan kinerja serum di kulit kita, untuk pemilik tipe kulit berminyak sangat disarankan untuk memilih serum yang tekstur nya gel atau bahkan cair agar saat di aplikasikan serum cepat meresap dan tidak menimbulkan kesan lengket setelah nya, sedangkan untuk pemilik kulit kering sangat disarankan untuk memilih serum dengan tekstur yang sedikit lebih thick seperti serum dengan tekstur yang kental agar setelah pengaplikasian ke wajah, wajah tetap terjaga kelembaban nya dan justru tidak membuat kulit kering setelah nya.

Tips memakai serum

Setelah kita tahu jenis – jenis serum dan kegunaan nya serta bagaimana memilih tekstur nya sesuai jenis kulit kita,langkah selanjutnya adalah bagaimana dengan cara pemakaian nya ? berapa kali jumlah atau frekuensi yang tepat untuk memakai nya ?  

Pada dasarnya serum adalah rangkaian skincare tambahan setelah kita sudah cocok dan stay dengan basic skincare, jadi bagi yang merasa belum menemukan rangkaian basic skincare yang cocok, silahkan mencari dan eksplor terlebih dahulu basic skincare apa yang coock dan sesuai untuk tipe kulit masing – masing karena kita tidak bisa langsung lompat ke step yang  lebih advance kalau basic nya saja belum beres.

Oke kembali ke masalah serum, serum di aplikasikan setelah kita memakai toner dan sebelum menutup rangkaian skincare dengan moisturizer atau pelembab, jadi posisi serum ini di tengah – tengah rangkaian skincare regiment. Mengapa diaplikasikan di tengah  ? karena kita ingin memastikan kondisi kulit kita sudah bersih dan terhidrasi dengan baik serta berada di level PH normal setelah pengaplikasian toner sehingga dengan kondisi kulit yang siap dan lembab maka zat – zat aktif dalam serum akan meresap dan bekerja dengan baik ke dalam kulit, sedangkan fungsi moisturizer sendiri di akhir rangkaian skincare adalah sesuai namanya, untuk menjaga kelembaban atau hidrasi kult setelah pengaplikasian serum dan juga untuk menghindari zat aktif serum menguap atau meminimalisir kulit kita menjadi kering akibat paparan zat aktif dari komposisi serum yang kita gunakan, jadi fungsinya seperti mengunci atau lock kandungan serum itu di kulit kita.

Untuk frekuensi pemakain nya sendiri, sebenarnya setiap produk sudah memberikan keterangan yang jelas kapan dan berapa kali anjuran pemakaian nya, kita bisa me refer dari situ, namun untuk pemula dan yang baru pertama mencoba produk baru, kita bisa mencoba sekali atau dua kali seminggu dulu sembari melihat reaksi nya kulit kita, bila dirasa cocok dan aman – aman saja maka kita bisa meningkatkan frekuensi pemakaian seusai anjuran produk atau bila ternyata tidak cocok maka kita bisa mencoba mengurangi nya bila masih ingin berusaha meneruskan atau justru berhenti memakai nya bila takut akan lebih mengiritasi. Sama seperti skincare lain nya, serum juga cocok – cocok an di wajah, jadi saat akan membeli suatu produk lebih baik kita membeli versi travel size nya saja dahulu untuk melihat kecocokan produk nya di kulit kita, jadi tidak rugi – rugi amat kalau memang tidak cocok.

Beberapa produk serum memang aman dipakai setiap hari, namun menurut hemat saya segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik ya, jadi pakailah serum sesuai kebutuhan dan kondisi kulit dengan frekuensi yang tidak berlebihan dan tidak harus setiap hari juga  karena kulit juga butuh break dari gempuran skincare yang kita apliaksikan terus menerus. So, it’s your choice sekali lagi.

 

 


Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular