SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Wajib Coba, Resep Mashed Potato Rumahan Mudah dan Enak

ilustrasi mashed potato (Freepik.com/timolina)

Di postingan sebelumnya yang membahas tentang ide menu sarapan, saya pernah menyebutkan salah satu menu yang menajdi faavorit yaitu mashed potato, selain lebih pas memberikan rasa kenyang, mashed potato
  ini juga sehat karena proses pengolahan nya dengan cara direbus, bukan digoreng dengan minyak yang sangat banyak seperti halnya kentang goreng pada umumnya.

Bila kita mencoba sajian mashed potato di restoran kita pasti berpikir cara pembuatan nya rumit atau membutuhkan bahan – bahan yang tidak familiar dengan yang biasa kita gunakan sehari – hari sehingga terkadang tidak ada keinginan atau terpikir untuk mencoba membuat sendiri sajian ini. Padahal, meskipun terkesan classy dan elegan, makanan ini juga bisa loh kita buat dengan bahan yang sederhana di dapur rumah kita sehingga kapan pun kita ingin memakan nya kita bisa membuat nya sendiri.

Oke tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut bahan serta cara buat mashed potato rumahan yang super mudah dan tentu saja enak :

Bahan

1. 1 – 2 butir kentang (banyaknya kentang disesuaikan saja dengan selera dan sebanyak apa porsi yang akan kita buat)

2. 500ml – 1L air untuk merebus

3. Garam secukupnya

4. Lada secukupnya

5. Mentega atau salted butter

6. Susu cair (opsional)

7. Potongan nori (untuk taburan)

8. Potato smasher atau garpu

9. Wadah / mangkuk sedang

Cara membuat :

1. Kupas bersih kentang, cuci kemudian potong dadu berukuran kecil (tujuan nya supaya kentang matang sempurna).

2. Masukkan air ke dalam panci, rebus hingga mendidih.

3. Bila air sudah mendidih, masukkan potongan kentang, rebus selama kurang lebih 10 menit.

4. Setelah kentang matang sempurna, angkat dan tiriskan kentang

5. Siapkan wadah atau mangkuk ukuran sedang, masukkan kentang yang sudah ditiriskan ke dalam wadah dan hancurkan sampai lembut menggunakan potato smasher atau bila tidak ada bisa juga menggunakan garpu.

6. Setelah kentang halus, bumbui dengan garam, lada dan juga tambahkan mentega, kemudian lanjut campur dan aduk kentang sampai semua bahan tercampur.

7. Bila ingin tekstur lebih moist dan creamy bisa juga ditambahkan sedikit susu cair

8. Tes rasa

9. Mashed potato sudah siap untuk dihidangkan, akan lebih nikmat bila kita tambahkan toping telur rebus atau toping lain sesuai selera dan terakhir taburi dengan nori.

Bagaimana? sangat mudah sekali bukan? dan bahan yang digunakan juga sangat sederhana dan biasa kita temui di dapur kita. Oh iya, bila alergi susu boleh kok tidak pakai susu, karena tekstur mashed potato sudah lembut dan halus berkat adanya mentega / butter, jadi bila ingin lebih gurih atau lembut bisa disesuaikan pemakaian mentega nya.

Untuk potongan nori juga bisa kita temukan dengan mudah di minimarket, biasanya saya pakai merk bon nori, karena selain potongan nori, juga ada potongan bawang putih nya yang membuat cita rasa nori ini lebih sedap.

So, tertarik untuk mencoba? atau mungkin punya resep sendiri yang juga tidak kalah mudah dan enak? yuk share di kolom komentar.

 

Terima kasih sudah berkunjung

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Aku biasa tambahin susu. Itu yg bikin mashed potato JD lebih gurih. Kalo butter bikin wangi. Ama taburan rosemary dikit mba. Ini menu yg selalu JD side dishes kalo sedang masak steak daging atau chicken steak 😁. Kayak ga afdol kalo ga ada mashed potato

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, susu emang bikin makin legit sih ya... apalagi pake butter keluarga anchor, elle n vire itu, hehe wah makin mantapp

      Hapus

Popular