SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Ide Memanfaatkan Sisa Uang Belanja Bulanan

ilustrasi belanjaan (Pexels.com/Lisa Fotios)


Sebagai ibu rumah tangga maupun ibu bekerja, kita semua pasti familiar dengan  uang bulanan, jatah bulanan atau uang operasional bulanan,
you named it. Yap, ini adalah budget belanja rumah tangga di luar porsi tabungan, biaya – biaya wajib dan cicilan yang biasanya kita alokasikan untuk belanja bahan makanan, susu anak, popok, uang jajan anak dan biaya – biaya lain dalam keseharian domestik rumah tangga selama satu bulan ke depan. Biasanya budgeting ini dilakukan sesaat setelah gajian atau mendapatkan transferan bulanan dari pasangan.

Meksipun mungkin masih banyak yang mengeluhkan bahwa jatah uang bulanan nya kurang atau mepet dan segala kerumitan di dalam nya, nyatanya ada juga loh yang bisa memanage budget operasional rumah tangga dengan baik, bahkan ada sisa nya, nah kok bisa? tentu bisa karena hal ini dipengaruhi oleh dua faktor, yakni besaran nominal yang di budget kan dan juga gaya hidup yang dijalankan. Bila keduanya berjalan beriringan, tidak mustahil kita masih punya sisa uang belanja di akhir bulan.

Lalu, bila kita sudah sampai di tahap kondisi keuangan dengan cashflow positif dan bahkan masih ada sisa uang belanja, kira – kira apa yang bisa kita lakukan dengan adanya kelebihan ini ya? yuk simak 5 ide memanfaatkan sisa uang belanja yang bisa kita coba berikut ini :

1. Untuk jajan - jajan cantik

Saat di awal bulan sampai pertengahan, kita pasti sebisa mungkin menahan agar pengeluaran tidak boros di depan dengan cara sebisa mungkin tidak terlalu banyak jajan di awal – awal bulan karena dikhawatirkan malah kebablasan, sehingga kita akan cenderung strict dengan perencanaan keuangan kita dan spending money hanya benar – benar untuk kebutuhan saja. Nah, saat di akhir bulan ternyata kita masih punya sisa, tidak ada salahnya kok kita gunakan untuk jajan – jajan cantik yang sedari awal bulan sudah kita tahan – tahan, hehe.

2. Untuk membeli barang yang diincar

Adakalanya kita ingin membeli suatu barang, entah untuk kebutuhan pribadi maupun rumah tangga. Kita juga bisa mengalokasikan sisa uang belanja bulanan ini untuk dikumpulkan sampai tercapai nominal yang sesuai dengan barang yang sudah lama jadi incaran kita, jadi tidak perlu menyisihkan budget baru untuk membelinya, namun ya harus sabar juga ya bila harganya tidak murah dan sisa uang belanja kita juga tidak terlalu banyak – banyak amat.

3. Diputar untuk tambahan uang belanja di bulan selanjutnya

Mungkin kita tidak sedang ingin jajan atau membeli barang, sisa uang belanjanya bisa kita simpan dan diputar lagi untuk tambahan uang belanja di bulan selanjutnya, siapa tahu ada pengeluaran yang tidak terduga? entah anak yang tiba – tiba ingin beli sesuatu atau apapun itu kita masih punya cadangan budget lebih dari sisa uang belanja bulan lalu.

4. Ditabung atau investasi

Nah, bila kita termasuk orang yang mempunyai banyak tujuan jangka panjang untuk keluarga, kita juga bisa memanfaatkan sisa uang belanja ini untuk ditabung atau investasi,yah hitung – hitung untuk menambah tabungan dana darurat supaya cepat terkumpul atau untuk tabungan pendidikan anak yang mungkin tidak lama lagi akan memasuki usia sekolah.

5. Donasi

Selain empat poin di atas, kita juga bisa loh mendonasikan sisa uang belanja kita kepada perorangan atau ke lembaga – lembaga amal baik secara offline maupun online. Selain berkah juga diharapkan uangnya akan lebih tepat sasaran dalam membantu orang lain yang membutuhkan.

Jadi bagaimana Mom? kalau punya sisa uang belanja lebih kira – kira mau kita alokasikan ke poin nomor berapa nih? atau justru semuanya? bebas ya asalkan uangnya ada, hehe.


Terima kasih sudah berkunjung

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular