SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Kenali Penyebab Gagal Menarik Uang dari Paypal ke Bank Lokal






Paypal sebagai platform transaksi keuangan

Salah satu platfrom keuangan yang sudah banyak dikenal dan juga banyak digunakan di seluruh dunia salah satunya adalah Paypal, tidak heran karena Paypal bisa dikatakan pioner dalam hal transaksi keuangan digital sejak didirikan pada tahun 1998, masa – masa di mana perusahaan dot.com dan teknologi sedang gencar – gencar nya bertumbuh. Bila dulu ruang lingkup kerja masyarakat hanya terbatas di dalam negeri saja, sekarang semua orang bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber dan berbagai negara berkat adanya internet sehingga platform pembayaran lintas negara seperti Paypal juga pasti sangat dibutuhkan.

Penyebab gagal mengirim dan menerima uang dari paypal ke bank lokal

Pada dasarnya, mengirim dan menerima uang menggunakan Paypal sangat mudah bila dilakukan sesama pengguna Paypal dengan catatan kita sudah memasukkan alamat yang benar ya, namun salah satu problem yang berulang kali saya pribadi temui dan alami adalah susahnya menarik uang dari Paypal ke akun rekening bank lokal, entah kenapa sepertinya ada saja kendalanya.

Dari beberapa kali kali percobaan dan selalu gagal plus info yang saya dapat langsung dari pihak Paypal, berikut ini beberapa alasan mengapa kita gagal saat mencoba menarik uang (withdraw) dari saldo paypal ke akun bank lokal :

1. Kesalahan kode bank atau nomor rekening

Saat menghubungkan wallet ke akun bank, biasanya kode bank akan secara otomatis mengikuti, jadi pastikan jangan keliru memilih nama bank dan pastikan juga nomor rekening yang kita masukkan sudah benar.

2.  Nama rekening bank dan Paypal tidak sama

Meksipun nomor rekening dan bank yang dimasukkan sudah benar, ternyata sistem juga akan mencocokkan nama di rekening  dengan nama di akun rekening Paypal,jadi pastikan kedua namanya sama persis.

3.  Menggunakan rekening virtual atau e-wallet (dompet digital)

Banyak beredar informasi di internet bahwa kita bisa menggunakan rekening virtual maupun e-wallet (ovo,dana,gopay,shopeepay,dll) untuk bisa menarik uang dari Paypal, kenyataan nya hal ini juga tidak selalu berhasil karena Paypal hanya mengenali akun bank lokal yang resmi.

4.  Rekening bank tidak bisa menerima transfer luar negeri dari Paypal

Untuk poin ini, tentu sebelum mendaftarkan akun bank, ada baiknya cek terlebih dahulu ke pihak bank apakah tipe rekening kita bisa melakukan atau menerima transfer dana dari luar negeri.

Untuk setiap transaksi yang dilakukan, Paypal akan mengirimkan notifikasi ke alamat email kita sehingga kita bisa memantau setiap proses nya. Perlu diketahui minimal penarikan dana dari paypal ke bank lokal bila di kurs kan ke rupiah kurang lebih sebesar IDR1,500,000, bila kurang dari itu tetap bisa dilakukan dengan biaya potongan sebesar IDR16,000, itupun bila berhasil, namun bila proses transaki gagal, dana sebesar IDR16,000 akan dikembalikan ke akun Paypal kita namun biaya pengembalian ini dikenakan tarif IDR50,000, jadi kalau dihitung -  hitung uang kita akan terpotong IDR32,000 , sudahlah dananya tidak bisa ditarik, saldo Paypal pun terpotong. Hal ini akan berlaku terus saat kita mencoba dan gagal lagi, mencoba dan gagal lagi, begitu seterusnya saldo kita akan tergerus karena gagal tarik dana.

Syarat bank lokal yang bisa dihubungkan ke akun Paypal

Karena lebih dari dua kali saya gagal menarik dana, akhirnya saya tanya lah ke pihak Paypal sebenarnya apa saja syarat bank lokal yang bisa menerima pembayaran dari Paypal supaya ke depan tidak terulang lagi gagal tarik dana yang berimbas pada terpotongnya saldo  dan berikut kriterianya :

1. Punya fasilitas menerima pembayaran dari luar negeri

Kalau ini sudah fix ya, pastikan terlebih dahulu bank dan rekening kita bisa menerima pembayaran dari Paypal, bila tidak maka akan percuma, yang ada gagal lagi, gagal lagi.

2. Kesamaan identitas

Pastikan nama di rekening bank danrekening Paypal sama persis, mulai huruf besar kecil, spasi, pokoknya harus identik. Untuk beberapa bank yang menambahkan awalan “Sdr/Sdri/Bpk/Ibu” pada nama akun di rekening, maka hal ini perlu dikonfirmasi ke pihak Paypal supaya bisa disesuaikan dengan nama rekening  Paypal kita, biasanya kita akan diminta foto buku tabungan sebagai bukti nya.

3. Rekening dalam mata uang rupiah

Pastikan rekening bank kita hanya dalam mata uang rupiah saja, bukan rekening ganda yang bisa menerima kurs mata uang asing karena Paypal hanya akan mentransfer konversi mata uang sesuai currency negara kita.

4. Tidak menggunakan rekening bank digital atau e-wallet

Dihimbau untuk tidak menggunakan rekening bank digital maupun e-wallet, karena biasanya proses transaksi menggunakan kedua jenis rekening tersebut banyak mengalami kendala, entah dana yang dikembalikan meskipun data sudah sesuai atau memang bank maupun e-wallet nya tidak memfasilitasi pengiriman atau penerimaan uang dari dan ke luar negeri.

Saya kurang paham juga mengapa bank digital maupun e-wallet  juga tidak disarankan, namun berdasarkan info dari pihak Paypal, bank digital maupun e-wallet sering bermasalah sehingga bisa saya simpulkan lebih aman menggunakan bank lokal konvensional yang sudah mapan saja dengan memastikan bahwa bank dan rekening yang kita gunakan memfasilitasi proses transaksi pembayaran dari dan ke luar negeri.

Demikian sedikit sharing mengenai alasan kenapa kita selalu gagal menarik uang dari Paypal, semoga membantu.



Disclaimer : informasi di atas saya dapatkan dengan bertanya langsung dari layanan pelanggan Paypal, silahkan pembaca menanyakan langsung ke pihak Paypal apabila ada informasi yang kurang sesuai atau memiliki problem yang berbeda.

1.   

Related Posts
Terbaru Lebih lama
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular