SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Pentingnya Literasi Keuangan untuk Generasi x dan Boomer



Ilustrasi © Freepik

Wah, judul tulisan di atas mungkin langsung membuat sebagian yang membaca merasa penasaran dan tercerahkan, namun sebagian mungkin sedikit skeptis dan memandang topik ini adalah hal yang tidak perlu – perlu amat untuk dibahas karena membahas orang tua itu tabu dan tidak perlu lah.

Berbicara mengenai kajian fiannsial mungkin sudah sangat banyak sekali kita dapatkan dari berbagai platform terutama media sosial ,karena memang platform ini yang dinilai paling tepat sasaran dalam menyampaikan informasi. Mungikin untuk para generasi  milenial dan gen z sudah banyak yang familiar dengan topik – topik personal  finance karena topik ini memang sangat diminati semenjak pandemi, which is good karena semakin banyak orang yang terbuka dan tercerahkan mengenai literasi keuangan , semakin bagus pula untuk preventif mencegah munculnya the next sandwich generation.

Namun, apakah topik mengani literasi keuangan ini hanya penting untuk kaum milenial dan gen z saja ? bagaiman dengan generasi x atau boomer atau bisa dikatakan generasi orang tua kita ? apakah mereka sudah telat untuk belajar literasi keuangan ? well jawabn nya tergantung, tergantung mereka mau atau tidak menjalankan nya, mengingat para orang tua biasanya sudah terbentuk karakter dan pola hidup nya karena mereka sudah hidup lebih lama dari kita, dan pengalaman menghadapi masalah pun juga berbeda begitu juga dengan cara mengatasinya. Sebenarnya ilmu literasi keuangan ini bisa saja diterapkan semua generasi selama kita mau membuka pikiran dan memiliki mindset tumbuh untuk terus belajar dan mengasah diri, tidak terbatas pada umur berapa.

Manfaat  literasi keuangan untuk generasi para orang tua

Oke, terlebh dahulu kita fokuskan pada pembahasan orang tua yang dimaksud di sini adalah orang tua kalangan gen x yang lahir pada  1965 – 1980) dan boomer  yang lahir pada 1946 – 1964, dimana dari segi pola pikir dan kebudayaan sudah jauh berbeda dengan yang lahir di akhir 80an sampai awal 200an.

Kembali ke topik literasi keuangan, so, apa pentingnya para orang tua belajar tengtang literasi ? toh dari segi umur saja yang paling muda sudah menyentuh kepala 4, apa masih ada peluang ? jawaban nya tentu ada, karena mereka bisa mengambil manfaat sebagai berikut :

Mempersiapkan dana pensiun

Untuk generasi boomer mungkin sedikit terkesan telat ya, karena sekarang ini banyak dari mereka yang sudah memasuki masa pensiun, namun bagi yang sudah berumur 40-an dan  masih bekerja, tentu ini sangat bermanfaat sekali sebagai bekal untuk menyiapkan masa tua. Katakanlah usia pensiun di Indonesia 55 tahun, berarti untuk para gen x yang berusia awal 40an tahun masih punya waktu kurang lebih 10 – 13 tahun-an untuk menyiapkan tabungan pensiun, dengan disiplin menabung dan tentu saja porsi menabung yang lebih banyak dari sebelumnya, impian pensiun dengan happy pun bisa terwujud. Begitu pula dengan yang sudah memasuki masa pensiun, ilmu literasi keuangan ini bisa diterapkan untuk lebih bijak dalam mengelola uang pensiun yang didapat selama bekerja dari program pensiun di tempat kerja dulu, sehingga meminimalisir kemungkinan masuk ke investasi bodong, karena para pensiunan yang mempunyai uang banyak biasanya rawan terjebak investasi bodong bila kurang hati – hati dalam mengelola uang.

Mandiri finansial

Berbekal ilmu keuangan yang cukup, para orang tua baik yang masih aktif bekerja maupun yang sudah pensiun dan menerima manfaat dana pensiun, diharapkan mereka bisa mandiri secara finansial, sehingga sudah tidak repot lagi dan pusing dengan urusan uang, karena di usia ini anak – anak sudah mulai mandiri dan berkeluarga, mereka sudah punya kehidupan dan tanggung jawab sendiri dengan keluarga baru nya sehingga diperlukan kemandirian finansial yang cukup bagus untuk bisa hidup di masa pensiun.

Bebas melakukan apapun

Sata pensiun, banyak orang bercita - cita ingin keliling dunia, ingin mengunjungi tempat – tempat yang sudah lama diincar dan belum sempat dikunjungi saat dulu masih sibuk bekerja, dengan keterampilan mengelola keuangan yang baik, tidak mustahil hal ini bisa diwujudkan karena idealnya sudah tidak ada lagi anggota keluarga yang harus dibiayai , jadi mereka bisa fokus pada kehidupan pribadi dan mwujudkan mimpi – mimpi yang belum kesampaian.

Jadi, pengetahuan tentang literasi keuangan juga sama penting dan bermanfaat nya untuk semua generasi, mungkin di sini yang perlu digaris bawahi adalah urgensi nya, untuk para milenial dan gen z, semakin awal kita memulai membekali diri dengan skill keuangan pribadi yang baik, maka di masa depan diharapkan kita bisa hidup dengan nyaman di masa tua nanti berkat tabungan dan investasi yang sudah dimulai sejak muda dan bagi para gen x dan boomer, hal ini memberikan semangat baru untuk lebih banyak menyisihkan porsi menabung dan investasi supaya impian di masa tua nya bisa lebih dekat tercapai.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular