SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Yuk Simak Kebutuhan Lebaran yang Tidak Boleh Terlewatkan



Ilustrasi  ©Pexels

Menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri tentu banyak sekali kebutuhan – kebutuhan yang menyertainya. Tidak bisa dipungkiri bahwa sudah menjadi budaya masyarakat kita bahwa menjelang lebaran pasti orang akan baramai – ramai memadati toko – took maupun pusat perbelanjaan untuk berbelanja kebutuhan menjelang hari raya, sah – sah saja karena memang setiap ada momen perayaan besar – besaran disitulah hukum ekonomi bergerak, yakni meningkatnya demand dan supply.

Kalau diingat – ingat, saat masih kanak – kanak kita pasti pernah mengalami yang namanya menunggu – nunggu saat dimana orang tua kita mengajak kita berbelanja untuk membeli baju baru ya, entah kenapa lebaran selalu identik dengan baju baru, sampai – sampai ada juga lagu anak –anak zaman dahulu yang dibuat dengan tema ini, padahal kebutuhan lebaran tidak hanya sebatas baju baru saja loh, masih ada kebutuhan – kebutuhan lain yang sifatnya lebih wajib dan mendesak untuk dipenuhi alih – alih hanya sekedar membeli baju baru.

Hampir semua rumah tangga pasti sibuk menyiapkan semua printilan lebaran mulai dari A sampai Z saat tunjangan hari raya (THR) sudah mulai cair dan banyak pula dari kita yang akhirnya berujung pada impulsive buying atau kalap mata saat berbelanja sehingga melupakan kebutuhan yang benar – benar esensial saat lebaran. Untuk menghindari hal ini terjadi, yuk kita simak bersama – sama apa saja sih kebutuhan – kebutuhan lebaran yang tidak boleh kita lewatkan :

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang sifatnya wajib dikeluarkan saat bulan ramadhan hingga sebelum shalat Ied, jadi jangan lupa untuk menyisihakn sebagian uang THR kita untuk membayar zakat fitrah dan  usahakan jangan terlalu mepet ya supaya kita lebih leluasa dan masih punya banyak spare wkatu untuk menyiapakn kebutuhan yang lain.

Angpao lebaran

Seperti halnya imlek, momen lebaran juga menjadi momen untuk saling berbagi angpao atau istilahnya salam tempel lebaran. Pasti diantara kita juga pernah mengalami masa – masa dimana saat kita masih anak – anak momen mendapatkan angpao ini adalah momen yang paling ditunggu – tunggu, sehingga sebelum anggaran kita habis untuk berbelanja ini itu, sisihkan terlebih dahulu untuk budget membagi – bagikan angpao lebaran, tidak ada nominal jumlah yang pasti, sesuaikan saja dengan kondisi dan kemampuan kita masing – masing ya.

Kue kering dan cemilan

Momen lebaran adalah momen di mana kita menjalin kembali silaturahim yang mungkin sempat renggang dengan sanak keluarga dan kerabat dikarenakan kesibukan kita sehari - hari, maka dari itu ada istilah open house atau saling berkunjung ke rumah keluarga dan kerabat, tentu sebagai tuan rumah yang baik kita harus menjamu tamu dengan baik juga kan, salah satunya dengan menyediakan kue kering khas lebaran maupun camilan – camilan sebagai teman kita bercengkrama. Jangan lupa untuk menyediakan minum nya juga ya  karena tentu kegiatan makan minum ini sudah merupakan hal yang umum dalam budaya bertamu di negara kita.

Masakan khas lebaran

Ketupat sayur, opor ayam, adalah salah satu makanan khas yang disajikan setiap rumah tangga saat momen lebaran. Menghabiskan waktu dengan makan makanan favorit bersama keluarga adalah salah satu momen yang ditunggu juga setelah sebulan berpuasa. Jadi, jangan lupa juga untuk menyediakan atau memasak makanan kesukaan keluarga,  tidak harus makanan sejuta ummat seperti ketupat sayur atau opor ayam, bila kita ingin mencoba menu baru sah – sah saja, yang penting jangan sampai tidak ada makanan berat ya saat momen lebaran.

Itulah list kebutuhan lebaran yang jangan sampai kita lupakan agar lebaran kita berjalan dengan lancar. Loh kenapa tidak ada baju baru ya padahal di awal tulisan sudah di mention, untuk masalah baju baru itu sebenarnya adalah opsional, bukan merupakan kebutuhan, bila memang ingin membeli baju baru ya silahkan, kalaupun memutuskan tidak membeli juga sah – sah saja,urusan baju lebaran adalah prioritas kedua setelah prioritas kebutuhan yang disebutkan di atas sudah dipenuhi, karena tidak masalah juga kok tidak memakai baju baru, toh membei baju juga bisa dilakukan kapan saja tidak harus pada saat lebaran kan, jadi jangan salah kaprah ya dalam memahami keinginan dan kebutuhan, terutama menjelang lebaran ataupun hari raya yang lain.

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular