SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Tips untuk Mengatasi Kulit Kusam


Ilustrasi by Freepik

Berbicara masalah skincare dna kulit wajah memang tidak akan pernah ada habis nya ya, walaupun sebenarnya sudah sering dibahas di sana – sini, namun entah kenapa rasanya kita tetap saja selalu excited dan senang mengikuti informasi yang disuguhkan. Maklum, terutama kaum wanita, wajah memang menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan setelah tubuh, karena yah namanya juga wanita, pasti ingin terlihat sempurna di semua lini 😀

Untuk wajah sendiri, tentu treatment nya jauh berbeda dengan tubuh. Menurut dermatologi, kulit wajah jauh lebih sensitif dibandingkan kulit tubuh. Kulit wajah harus mendapatkan perawatan kulit yang lebih spesifik dibandingkan kuit tubuh. Seperti yang kita ketahui kulit wajah manusia berbeda – beda jenis nya, ada yang mempunyai tipe kulit normal, berminyak, acne prone (kombinasi berminyak dan berjerawat) dan juga kulit sensitif. Perbedaan jenis kulit ini tentu membutuhkan perawatan yang berbeda – beda pula sehingga produk yang digunakan juga pasti berbeda – beda sehingga tidak heran untuk urusan skincare banyak sekali jenis produk yang setiap tahun di rilis oleh brand – brand ternama maupun brand – brand baru melihat demand pasar akan kebutuhan skincare yang juga sangat besar dan tidak akan ada habisnya.

Jenis kulit wajah

Di antara semua jenis kulit yang disebutkan di atas, mungkin yang paling mudah atau low maintenance adalah jenis kulit normal, karena jenis kulit ini biasanya tidak gampang rewel dan terkesan “badak” alias tangguh di segala medan 😁. Jenis kult normal ini cukup diberikan perawatan rutin dan basic skincare yang oke juga sudah bagus sebenarnya, tidak perlu yang muluk – muluk asalkan kita rajin membersihkan dan merawat nya setiap hari. Berbeda dengan jenis kulit lain nya yang cenderung agak “rewel” untuk urusan perawatan sehingga salah treatemnet sedikit saja atau salah makan jenis makanan tertentu saja pasti akan langsung berdampak dan mulai deh muncul yang namanya jerawat dan minyak berlebih untuk jenis kulit acne prone dan juga gatal atau kemerah –merahan untuk jenis kulit yang sensitif, kalau sudah begini rasanya sudah hopeless banget ya, belum lagi masalah klasik yang tak kunjung usai yakni problem kulit kusam yang juga cukup membuat frustasi.

Kulit kusam dan cara mengatasinya

Sebenarnya apa sih kulit kusam itu dan mengapa kulit kok bisa kusam ? well, kulit kusam adalah kondisi kulit yang tampilan warna nya kurang merata dan tidak menampilkan warna asli kulit nya dikarenakan tumpukan sel kulit mati di permukaan kulit yang kurang terangkat sempurna saat proses pembersihan dan juga bisa disebabkan efek dari paparan sinar matahari. Jadi, bila penyebab kondisi ini tidak juga diatasai,maka yang ada tampilan kulit kita juga akan menjadi semakin kusam dari waktu ke waktu.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita terbebas dari masalah kulit kusam ini ? tentu kita ingin kulit kita makin cerah dan bersih dari hari ke hari bukan ? baiklah tanpa panjang lebar lagi mari kita simak 5 tips berikut ini :

1. Rajin membersihkan wajah

Kalau untuk yang satu ini sih sudah tidak ada nego lagi ya alias wajib hukumnya. Membersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang gentle bisa membantu mengangkat kotoran dan minyak di wajah yang berlebih. Mencuuci muka kurang disarankan dilakukan secara berlebihan  karena justru akan merangsang produksi sebum atau minyak alami kulit yang berlebihan sebagai mekanisme untuk melembabkan kulit kita. Oh iya jangan lupakan metdoe double cleansing ya, ini juga sangat penting, dimana sebelum mencuci muka dengan sabun, kita bersihkan dahulu wajah kita dengan dengan produk pembersih ringan seperti micellar water, cleansing milk, cleansing oil atauupun cleansing balm untuk mengangkat kotoran, make up dan sisa - sisa sunscreen yang dipakai seharian. Jadi metode double cleansing ini dilakukan saat rutinitas skincare malam hari ya setelah kita selesai beraktifitas.

2. Jangan lupakan eksfoliasi

Rajin mencuci muka dua kali sehari saja tidak cukup untuk membuat kulit kita bebas kusam karena sel – sel kulit mati kita tidak cukup hanya dibershkan hanya dengan sabun cuci muka saja. Diperlukan skincare dnegan kandungan bahan aktif tertentu yang memang ditujukan untuk mengangkats sel –sel kulit mati tidak hanya di permukaan kulit saja, namun juga samai ke dalam pori – pori kulit. Yap, eksfoliasi atau pengelepuasan kulit adalah jawaban nya. Mungkin selama ini kita masih menganggap remeh step skincare ini, padahal step ini justru yang paling memaksimalkan hasil nya loh. Eksfoliasi yang disarankan di sini adalah chemical exfoliation karena kandungan asam AH dan BHA pada produk chemical exfoliation lebih ampuh untuk mengangkat sel kulit mati hingga ke lapisan kulit terdalam daripada hanya menggunakan scrub wajah biasa. Memang dari segi harga produk chemical exfoliation ini tidak bisa dibilang murah ya, namun masih terbilang wajar sih dengan hasil yang diberikan. Hasil dari pemakaian chemical exfoliation akan terlihat dalam kurun waktu kurang lebih sebulanan. Coba deh perhatikan, saat rutin melakukan eksfoliasi ini, sedikit demi sedikit kulit wajah kita akan mulai terlihat berish dan cerah loh, saya sendiri sudah membuktikan nya.

3. Sunscreen is a must

Sebanyak dan semahal apapun skincare yang kita aplikasikan tidak akan maksimal kalau kita melupakan salah satu step penutup skinacre yang juga penting ini, yap memakai sunscreen. Sunscreen ibaratnya seperti payung yang melindungi kulit wajah kita dari paparan dan efek buruk sinar matahari. Bayangkan setelah kita mencuci muka dan memakai pelembab,serum dan kawan – kawan nya ternyata semua itu harus dirusak oleh yang namanya sinar UV, tentu akan sia – sia bukan perawatan kita? dan hanya akan berakhir kulit terbakar dan kemerahan, begitu saja terus berulang – ulang sehingga kandungan skincare yang dipakai sebelumnya tidak bekerja maksimal. Oleh karena itu please jangan lupakan pemakaian sunscreen sebagai penutup rangkaian skincare pagi kita ya.

4. Perbanyak asupan buah dan sayur

Selain skincare, asupan makanan juga berpengaruh terhadap tampilan kulit wajah kita loh. Ibaratnya kalau skincare untuk memoles dari luar, buah dan sayur sebagai trigger dari dalam tubuh. Pernha kah kita melakukan riset kecil – kecilan saat kita makan sembarangan dan mengandung banyak gula dengan saat kita banyak makan buah san sayur ? tentu saat kita lebih banyak makan buah dan sayur kulit wajah kita juga menyesuaikan, kita akan lebih jarang berjewat dan kulit kita akan terlihat sehat dan bersih dan juga sebaliknya saat pola makan kita berantakan maka wajah juga akan terlihat kusam,lusuh bahkan berjerawat.

5. Konsumsi cukup air putih

Hampir 70% dari tubuh kita terdiri dari air, sehingga keberadaan air di sini sangat penting untuk keberlangsungan kinerja organ tubuh, begitu juga dengan kulit kita yang termasuk organ paling luar tubuh, tentu juga membutuhkan asupan air yang cukup. Air akan membantu menjaga dan menyeimbangkan kelembaban kulit wajah kita supaya terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit kita kering dan kusam loh. Jadi, jangan lupakan konsumsi air putih yang cukup setiap hari nya ya.

Merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah memang butuh tindakan yang holistik, dalam artian dilakuaan baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Bila keduanya kita lakukan secara rutin dan konsisten, tidak mustahil kulit wajah yang sehat dan cerah (bukan putih ya) akan kita dapatkan.

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular