SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Resep Clear Soup Simple ala Hokben, Patut Dicoba Nih!


Siapa yang suka makanan berkuah? atau bila sedang menyantap makanan harus ada tambahan kuah – kuahan segar supaya tidak terlalu kering? nah mungkin resep kali ini bisa dicoba sebagai tambahan menu kuah untuk pendamping makanan sehari – hari.

Makanan  berkuah memang nikmat disantap saat masih panas, selain segar makanan berkuah juga biasanya disukai oleh mereka yang sedang tidak enak badan dan nafsu makan  menurun. Tidak hanya orang dewasa, anak – anak pun juga suka dengan tipikal masakan yang satu ini. Kuliner Indonesia mempunyai ragam aneka masakan berkuah yang komplit, mulai dari yang paling simple sampai yang rumit juga ada. Biasanya, masakan berkuah Indonesia mempunyai ciri khas rempah dan bumbu yang komplit sehingga citarasanya juga sebanding dengan usaha yang harus dikeluarkan.

Untuk masakana sehari – hari, terutama bagi para ibu – ibu yang menganut prinsip anti ribet, cepat dan praktis, mungkin resep clear soup atau sup ala hokben ini bisa dicoba loh. Mungkin dari sekian pembaca sudah pernah ya memakan sup tahu buatan resto franchaise ala Jepang ini, selain rasanya yang memang enak dan gurihnya pas, sup ini juga cocok disajikan sebagai teman hidangan apapun. Di sini kita akan lebih mengulik resep kuah bening nya ya karena untuk isian nya tidak harus selalu tahu kok, isian sup bisa disesuaikan dengan selera kita karena tipikal  clear soup ini cocok – cocok saja dipadu padankan dengan berbagai macam isian. Oke, tanpa perlu lama – lama lagi silahkan disimak bahan dan cara membuat nya berikut ini: 

Bahan :

1 – 2 potong tahu yang sudah direbus atau bisa juga diganti isian lain seperti baso ikan, fishcake, potongan ayam, dll.

200 – 300 ml air

1 – 2 siung bawang putih

Bawang bombay cincang secukupnya

Garam

Merica bubuk

Kaldu jamur atau penyedap rasa

Kecap asin

Minyak wijen

Daun bawang untuk taburan

Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat :

1. Cincang bawang putih dan tumis bersama bawang bombay sampai harum.

2. Setelah harum, masukkan air, tunggu sampai mendidih.

3. Setelah mendidih, masukkan tahu atau isian lainnya, lalu tambahkan bumbu – bumbu seperti garam, merica, kaldu jamur atau penyedap, kecap asin dan sedikit minyak wijen.

4. Aduk semuanya dan cek rasa.

5. Bila dirasa sudah pas, matikan api dan angkat.

6. Sajikan clear soup ke dalam mangkuk dan taburi dengan potongan daun bawang.

Selesai, bagaimana?sangat mudah bukan? cukup dengan bumbu yang ada di dapur kita sudah bisa membuat clear soup ala hokben yang lezat itu. Sebenarnya untuk takarna air dna bumbu semuanya fleksibel ya, tergantung seberapa banyak kuah yang ingin kita buat sehingga banyak sedikitnya bumbu pun menyesuaikan. Begitu juga dengan isian nya, bila di resep aslinya isian nya tahu bakso, di sini kita bisa membuat variasai isian sendiri, bisa dengan tahu putih rebus ataupun isian lainnya yang kita suka. Bila menggunakan tahu putih rebus sebagai isian, sebaiknya tahu nya direbus terpisah ya untuk menghilangkan rasa asam tahu nya karena kalau tahu putih nya masih mentah langsung kita rebus bersama dengan bumbu, kuah rebusan nya akan berasa sedikit asam dari si tahu nya sehingga tidak menghasilkan gurih yang murni.

Bila penasaran mengapa memakai minyak wijen dan kecap asin? kecap asin tentu sebagai pelengkap rasa asin gurih nya supaya lebih berbumbu sedangkan minyak wijen fungsinya supaya sup nya lebih wangi dan beraroma. Minyak wijen tidak perlu terlalu banyak karena kita hanya butuh sebagai aromatik saja, kalau kebanyakan nanti supnya terlalu oily.

Oke sekian sharing resep clear soup ala hokben, pilihan menu sup bening yang selain mudah dan cepat, tentu juga enak.

Silahkan mencoba!

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular