SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Apakah Wanita Benar - benar Perlu Menggunakan Make Up ?

Photo by Sean Patrick on Pexels


Perlu gak sih ikut trend make up kekinian?

Make up dan wanita adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Meksipun banyak juga ya kaum laki – laki yang menggeluti dunia per makeup an ini, hehe. Lihat saja mulai dari MUA terkenal di kalangan public figure rata – rata justru mereka para kaum lelaki. Jadi memang seiring berkembangnya zaman semakin bergeser juga paradigma tentang makeup karena baik dari sisi pelaku dan peminatnya juga  tidak hanya datang dari kaum wanita meksipun target pasar utamanya adalah wanita.

Mungkin kita sudah banyak mengikuti berita – ebrita tentang bagaimana wanita menjadi sasaran utama dan pasar yang sangat empuk bagi industri kosmetik mulai dari kancah nasional maupun internasional. Tidak heran, karena mereka semua paham bagaimana cara mendrive kebutuhan wanita untuk selalu tampil cantik dan menawan sehingga lahirlah produk-produk makeup yang banyak kita jumpai sekarang ini.

Peran sosial media juga tidak kalah penting dalam mempromosikan dan mengiklankan produk – produk makeup, dengan kekuatan pengaruh yang luar biasa dari para beauty influencer serta pilihan harga yang komplit mulai dari yang murah meriah sampai yang sangat mahal, hal itulah yang mendorong bisnis kosmetik ini seperti tidak akan pernah ada matinya, sama halnya dengan keinginan para wanita untuk selalu tampil cantik yang juga tidak akan pernah ada akhirnya.

Sebagai seorang wanita dan juga konsumen, pertanyaan yang sangat mendasar adalah, apakah sebenarnya kita membutuhkan makeup? kalau iya, seberapa urgent? apakah wanita yang tidak memakai makeup itu tertinggal dan kuno? atau tidak bisa beradaptasi dengan kemjaun zaman? dan banyak lagi pertanyaan – pertanyaan yang melawan arus dan kontras dengan apa yang di anut masyarakat pada umumnya yang terkadang sering berekcamuk di kepala.

Menjadi genuine itu tidak salah

Beberapa wanita memang tidak bisa hidup tanpa makeup, baik sebagai penunjang penampilan ataupun menjadi kebutuhan dalam menjalankan pekerjaan atau hanya sekedar untuk booster rasa percaya diri di hadapan orang lain. Tidak bisa dipungkiri memang makeup menjadi salah satu penyelamat wanita saat rasa percaya diri terhadap penampilan sedang menurun karena dengan usapan dan touch up yang maksimal, voila, dengan sekejap penampilan kita menjadi nyaris sempurna dan itu membuat kita secara pribadi dan secara psikis juga lebih pede dalam melihat dunia. 

Beberapa wanita beranggapan bahwa makeup adalah solusi untuk membantunya keluar dari perasaan insecurity yang mungkin lebih bisa dikatakan sebagai solusi instan atas ketidak puasan dengan tampilan diri yang asli. Beberapa wanita justru melakukan yang sebaliknya, mereka lebih senang tampil minimalis, bukan berarti tanpa makeup sama sekali, yah sekali dua kali pulasan lipstick masih okelah, namun mereka lebih mengedepankan untuk menajdi genuine atau merepresentasikan dirinya yang asli dengan makeup minimalis, tujuan nya bukan untuk menyembunyikan siapa dirinya yang asli, namun hanya untuk faktor kepantasan saja dan bisa membawa diri dalam lingkungan sosial. Jadi, makeup diposisikan sebagai sentuhan akhir saja, yang berperan utama tetap diri kita sendiri sehingga tidak ada  ketergantungan dengan makeup dan  pede – pede saja menampilkan diri kita apa adanya meskipun tanpa makeup.

Makeup sejatinya hanya tools saja, tidak lebih

Sama halnya dengan semua yang ada di luar diri kita, makeup sejatinya hanya tools atau sarana saja untuk membuat penampilan lebih fresh, bukan sebagai alat untuk merubah kita menjadi orang lain atau menutupi ketidak puasan bahkan ketidak mampuan kita menerima diri kita sendiri. Penting untuk disadari semua wanita bahwa memang betul menjadi cantik itu menyenangkan, mendapatkan pujian karena kecantikan kita itu perasaan bahagia luar biasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata – kata, namun, di atas langit masih ada langit, dari sekian banyak wanita cantik, akan selalu ada yang lebih cantik sehingga bila tujuan kita salah dalam memperlakukan makeup, maka kecantikan alami kita justru tidak akan terpancar karena sudah tertutup oleh makeup. Makeup seharusnya digunakan untuk menambah nilai plus untuk enhance kecantikan yang sudah kita miliki, bukan sebagai alat untuk merubah total penampilan dan siapa kita sebenarnya. 

Membahas makeup dan kecantikan memang tak akan ada habisnya karena kita juga tidak pernah tahu tingkat kepuasan dan cantik yang seperti apa yang ingin dicapai para wanita. Masih ingat dalam ingatan saat booming trend alis ala korea, hampir semua wanita mempunyai tampilan alis yang sama bagaimanapun bentuk wajahnya, ada yang berhasil dan cocok namun ada pula yang terkesan memaksa hanya karena fomo dengan trend sehingga justru terlihat  tidak proporsional.

Sekali lagi bukan bermaksud skeptis atau menghakimi karena sebagai sesama wanita, kita hanya ingin agar kita tidak mudah terbawa arus trend kecantikan dan menjadi konsumen yang tidak bijak. Semua wanita sudah diangerahi kecantikan nya masing – masing, kita sendiri yang tahu bagaimana menunjukkan sisi cantik kita tanpa harus selalu meng iya kan dan memaksakan trend yang sedang booming. Begitu juga dengan makeup, use it wisely dan yang lebih penting pakai bila memang perlu , bila tidak, berilah kesempatan kulit kita untuk bernapas dan bebas dari gempuran bahan – bahan kimia yang kita poleskan setiap hari.

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular