SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Kenali Penyebab Mood Swing pada Ibu Rumah Tangga


Menjadi fulltime mom mungkin adalah salah satu impian dari banyak wanita, memiliki pasangan, menikah, punya anak dan membangun keluarga kecil sendiri. Salah satu yang membuat wanita bahagia adalah kemampuan untuk punya kendali atas zona kekuasaan nya yang tidak lain adalah rumah nya sendiri, menuangkan segala bentuk kreativitas di rumah mulai dari  tata desain di dalam rumah, membuat petaturan di rumah untuk seluruh anggota keluarga dan semua hal yang berkaitan dengan rumah, anak dan suami.

Mungkin saat masih berdua saja sepertinya semua berjalan lancar, semua hal  bisa dikomunikasikan dengan pasangan dan manajemen waktu juga masih bisa diatur dengan baik bersama pasangan. Namun, saat anak pertama lahir, dimulailah fase “next level” untuk para ibu.

Kelahiran anak pertama adalah momen yang paling ditunggu – tunggu hampir setiap pasangan yang sudah menikah, seiring berjalan nya waktu para ibu sangat menikmati peran barunya ini, mereka sanggup mengerjakan semua nya mulai dari pekerjaan rumah tangga, mengurus anak dan segala detail yang menyertainya. Namun, seiring berjalan nya waktu  anak memasuki masa toddler, tantangan sebagai ibu pun bertambah, tidak heran bila di tengah perjalanan ini banyak para ibu yang mengalami mood swing, yakni kondisi emosional yang naik turun.

Dari pengalaman pribadi sharing dengan sesama teman wanita, berikut ini hal – hal yang menyebabkan mood swing pada ibu rumah tangga :

Kecapean

Pekerjaan rumah sehari – hari seperti memasak, membersihkan rumah, mengasuh anak mungkin terlihat biasa saja dan mudah dilakukan, namun jangan salah moms, bila dilakukan setiap hari tanpa jeda ini juga bisa menjadi pemicu mood swing, lelah fisik yang berlebihan juga memicu stress loh. Manajemen waktu adalah salah satu kunci, dengan membuat jadwal rutinitas kita bisa lebih leluasa dalam menendalikan situasi dan tahu batas kemampuan diri kita sendiri.

Merasa Sendiri

Sebagai ibu rumah tangga, kita banyak menghabiskan waktu di rumah dengan anak, jadi terkadang hanya berkutat dengan urusan rumah dan anak, bila kita mengerjakan itu semua sendiri, cek lagi moms, pernah kah kita merasa berjuang sendiri ? seolah olah semua beban tanggung jawab dalam rumah ada di pundak kita ? sedih ya kalau sampai merasa seperti itu, tapi tenang, kita tidak sendiri kok, coba komunikasikan dengan pasangan agar pasangan juga bisa ikut andil dalam pekerjaan rumah tangga juga moms.

Kurangnya support system

Ini juga menjadi salah satu pemicu mood swing perasaan mom naik turun dan berujung stres, yaitu kurang nya support system. Support system ini bisa berasal dari pasangan, asisten rumah tangga, keluarga atau teman dekat. Support system bukan berarti mereka menggantikan tugas kita sepenuhnya ya moms, sekedar dukungan dan menjaga untuk tetap in touch dengan keluarga dan sahabat bisa menghilangkan perasan kesepian kita .

Jadi,dari 3 penyebab mood swing para ibu rumah tanngga, kira – kira kita pernah mengalami yang mana ya ? tetap semangat untuk para ibu di luar sana, semua pekerjaan rumah yang kita kerjakan dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran akan membawa hasil yang indah kelak, just believe it.


Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular