SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Review Buku " The Psychology of Money " by Morgan Houssel




Ilusttrasi by https://www.goodreads.com/id/book/show/41881472-the-psychology-of-money

Buku ini adalah salah satu buku finansial yang menjadi wishlist saya untuk dibaca, dan syukurlah seminggu yang lalu saya sudah selesai membaca nya. Saya termasuk penggemar buku - buku finansial , terutama personal finance, karena saya pribadi memang concern sekali dengan masalah per duit an 😃, bailkah tanpa banyak basa basi mari kita review isi buku ini.

Buku yang berjudul The Psychology of Money ini ditulis oleh Morgan Houssel, seorang mantan jurnalis Wall Street Journal, diterbitkan pada tahun 2020 di oleh penerbit Harriman House Ltd, UK. Buku ini mempunyai 20 bab yang semuanya terangkum dalam 233 halaman. Buku ini telah banyak mendapat review dari para pecinta buku dan penggiat di dunia finansial, saya pribadi tertarik untuk me review buku ini karena memang sangat bagus dan mind blowing sekali.

Bila selama ini kita beranggapan bahwa dunia keuangan itu rumit dan hanya dipahami oleh orang - orang yang bergelar akuntan atau yang berkarir di dunia keuangan, mungkin kita harus mulai merubah persepsi kita, karena selama membaca buku ini saya dibuat terdecak kagum dengan isinya. 

Buku ini dimulai dengan menecritakan kisah seorang Janitor bernama Ronal Read yang hidup sederhana seperti orang-orang pada umumnya, namun publik Amerika dibuat geger karena seelah dia wafat, baru diketahui bahwa dia mewariskan harta peninggala sebesar kurang lebih $8,000,000, sangat mind blowing bukan ? bagaimana seorang tukang bersih - bersih bisa punya harta sebanyak itu bila hanya mengandalkan dari gaji bulanan saja ? nah, disinilah penulis membuka cakrawala pandang kita mengenai uang dan kekayaan,, bab - bab selanjutnya diikuti dnegan kisah - kisah cerita lain yang diambil dari kisah nyata, baik cerita sukses seperti Janitor tadi maupun kisah kebangkrutan pengusaha bahkan seorang manajer investasi sekalipun. 

Dengan metode narasi cerita dari berbagai tokoh dan kejadian di Walls Street, Morgan Houssel ingin memberi pencerahan kepada pembacanya bahwa ternyata memandang uang tidak hanya sebatas tingkat intelegensi dan akademis,melainkan yang lebih penting dari itu semua adalah masalah mental atau psikologi kita sebagai manusia dalam memperlakukan uang. Habit atau kebiasaan, kesabaran dan pengendalian memberikan peran yang paling utama daripada ilmu pengetahuan dalam memeperlakukan uang, orang yang pintar dan berpendidikan tinggi belum tentu bisa menyikapi uang dengan bijak, orang dengan pendidikan pas-pas an bahkan cenderung minim informasi tentang dunia keuangan bisa sukses bila ia menerapkan disiplin dalam berinvestasi dan mampu menahan diri dalam waktu yang lama.

Kelebihan buku ini adalah penulis memberikan narasi berupa kisah - kisah sukses dan bangkrut dari kisah nyata pelakunya, sehingga kita akan merasa real dengan apa yang disampaikan, tidak hanya melulu soal teori - teori kesuksesan saja, kekurangan buku ini menurut saya mungkin penulis kurang detail dalam membebeberkan studi kasus perjalanan finansial nya secara pribadi, sehingga saya merasa kurang puaa saja di sini. Namun, overall buku ini sangat inspiratif dan mendorong kita untuk lebih melihat ke dalam diri sendiri dalam mengelola dan memperlakukan uang, dimana tingkat pendidikan bukan menjadi kendala, karena justru psikis kita lah yang berperan, emosi kita lah yang diuji dalam perjalanan menuju kesejahteraan secara finansial.

So, selamat membaca buku ini...😊

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular