SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Menabung perlu tujuan gak sih ?

Photo by Karolina Grabowska from Pexels


Dari kecil kita sering diajari oleh orang tua dan guru untuk rajin menabung, kita dihimbau untuk menyisihkan uang saku setiap hari untuk ditabung, kalau kita tanya buat apa uang nya ditabung ? rata – rata  akan menjawab untuk membeli mainan, untuk membeli buku atau membeli apapun yang kita mau. Well, tidak ada yang salah dengan itu semua.

Menabung memang sebuah kebiasaan yang bagus dan hampir semua orang setuju menabung adalah kebiasaan yang harus di pupuk dan dilakukan dalam kehidupan sehari – hari, dan salah satu booster agar kita rajin menabung ya salah satunya dengan mempunyai goals atau tujuan yang spesifik,  bener g sih ?

Tapi, kalau misal semua tujuan kita sudah tercapai atau katakanlah kita tipe yang tidak neko – neko, jadi ngga banyak juga keinginan yang kita punya alias lempeng-lempeng aja, apa masih perlu dan relevan ya menabung ? jawaban nya adalah Ya, menabung tetap perlu dan relevan untuk kondisi atau tipe orang macam apapun, bahkan walau kita gak punya tujuan apa-apa pun menabung tetap menjadi saran yang sangat penting, why ? karena kita hidup di dunia yang serba tidak pasti, apalagi sudah hampir 2 tahunan ini kita dilanda pandemi yang entah sampai kapan akan berakhir, nah di kondisi yang serba tidak pasti ini pentingnya menbaung akan kita rasakan, yap, walaupun kita ngga punya tujuan spesifik, menabung ya menabung saja untuk berjaga-jaga menghadapi situasi di luar kendali kita, jadi saat unpredictable moment itu datang, kita tidak bingung dan goyah secara finansial, kalaupun misal momen itu tidak datang juga, ya ngga ada masalah karena secara mental kita sudah siap menghadapi kemungkinan terburuk.

Jadi , di luar ada atau tidaknya tujuan dan kepentingan, kegiatan menabung itu adalah sebagai latihan mental dan sangat erat hubungan nya dengan psikologi kita dalam memperlakukan uang. Uang memang benda nyata, bisa kita pegang, namun dalam mengaturnya tidak cukup kemampuan analitik dan logika dalam mengutak atik angka saja, namun yang lebih besar peranan nya adalah psikologi dan habit mental kita. Jadi, semangat menabung ya guys, jangan lupa sisihkan minimal banget 10% dari pendapatan kita untuk ditabung agar kita tetap berada di safety zone dalam keuangan kita.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular