SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Mengapa Kita Patut Mencoba Gaya Hidup Minimalis

Ilustrasi by Freepik

Gaya hidup minimalis rasanya tidak begitu terdengar asing lagi ya di kehidupan kita sehari – hari, seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin terbukanya informasi, kita jadi tahu apa saja yang terjadi di dunia ini, tidak hanya di lingkup kawasan negara kita saja namun juga di belahan dunia lain.

Minimalisme ini adalah gaya hidup yang hanya berfokus pada hal – hal yang penting dan efisien dalam hidup dan sebisa mungkin menghilangkan sifat keberlekatan berlebihan kita pada suatu barang. Minimalisme  sedang banyak diperbincangkan akhir – akhir ini, banyak di sosial media para pelaku hidup minimalis ini menceritakan pengalaman mereka selama menjalani gaya hidup ini, ada yang merasa cocok dan berlanjut namun tidak sedikit juga yang merasa berat dan akhirnya berhenti di tengah jalan.

Meksipun suatu gaya hidup bukan merupakan pakem atau kewajiban yang harus diikuti oleh setiap orang, namun hal – hal berikut memberikan kita gambaran bahwa gaya hidup minimalis patut kita pertimbangan loh, apa saja kelebihan nya, yuk simak ulasan berikut :

Less is more

Kunci utama dalam gaya hidup minimalis ini adalah semakin sedikit barang atau benda yang kita punya, maka semakin baik dan semakin bahagia kita. Well, mungkin prinsip seperti ini tidak bisa berlaku untuk semua oang ya, namun para minimalist meyakini bahwa dengan mengurangi ketergantungan dan kesenangan berlebihan kita pada suatu barang , maka hidup kita akan lebih ringan dan bahagia, karena hidup kita tidak dikontrol oleh barang yang kita miliki.

Hemat waktu dan energi

Dengan mempunyai sedikit barang, tentunya kita tidak memerlukan banyak waktu untuk merawat dan membersihkan, sebagai ganti nya, kita mempunyai banyak waktu  untuk melakukan hobi ,pekerjaan maupun passion yang selama ini mungkin hanya ada di rencana – rnecana kita ya, waktu adalah sumber daya yang sangat berharga dan inilah yang dipahami oleh para minimalist.

Bisa lebih banyak menabung

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, tentunya kita mulai belajar untuk mengendalikan diri dari sifat konsumtif, karena setiap pembelian yang akan kita lakukan pasti akan kita pikirkan matang – matang, apakah ini kebutuhan atau hanya keinginan saja? apakah kita benar – benar memerlukan barang ini ? apakah ini mempunyai nilai dan membuat kita bahagia ? dengan begitu, secara otomatis kita lebih bijak dalam membelanjakan uang sehingga lebih banyak porsi uang yang bisa ditabung.

Hidup lebih tenang dan bahagia

Minimalisme memang identik dengan memunyai sedikit barang, dnegan sedikitnya barang itu secara tidak langsung membuat pikiran kita juga menajdi lebih tenang dan rileks karena tidak ada keterikatan yang berarti dengan banyak barang sehingga kita menjadi less worry. Hidup minimalis berarti kita dengan sadar memilih untuk memiliki lebih sedikit sehingga kita mempunyai banyak hal dalam hidup, salah satunya adalah merasa bebas dan bahagia, karena kita berhasil lepas dari ego dan keinginan yang terkadang sangan mendominasi kita. Seorang minimalis merasa bebas tanpa tekanan karena apalagi yang membuat mereka perlu cemas dan khawatir ?

Hidup lebih Mindfull

Pada akhirnya dengan menerapkan gaya hidup minimalis, hidup kita akan terasa lebih mindull, kita akan merasa hidup sepenuhnya di dalamnya, kita bisa berpikir lebih jernih dan tidak tergesa- gesa dalam menjalani hidup. Di jaman yang serba instan dan cepat ini, tentu sangat menguras banyak pikiran dan emosi bila kita juga ikut terus  - terusan berlari di dalamnya, dengan mindfull living, kita seakan bisa mengambil jarak dan mulai mempunyai ritme atau pola hidup kita sendiri, jadi tidak ada tuh yang namanya cemas berlebihan.

So, tertarik untuk mencoba gaya hidup minimalis ? pelan – pelan saja, kita bisa kok memulai dengan declutter atau memilah – milah mana barang yang patut untuk di keep atau di simpan dan mana sekiranya barang yang sudah tidak perlu lagi dan harus dibuang atau di donasikan.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular