SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Budaya Easy Money Generasi Milenial

Setelah ramai dengan fenomena NFT Ghozali everyday beberapa minggu lalu, akhir – akhir publik dan media sosial kita sedang hangat – hangat nya membahasa mengenai kasus binary option. Binary option sendiri, dikutip dari berbagai sumber merupakan aplikasi yang di klaim sebagai aplikasi trading, dimana user diharuskan menebak candle stick graphic apakah nilainya akan turun atau naik, bila tebakan nya benar user akan mendapatkan untung dan bila salah maka dana yang sudah di depositkan sebagai modal awal akan hangus semua hingga 0%.

Kalau dilihat dari penjelasan di atas dan dari banyak sumber informasi di berbagai  media, sepertinya aplikasi binary option ini lebih tepat bila disebut dengan tebak – tebakan ya, inilah mengapa banyak masyarakat yang aware dengan kasus ini menyebut bahwa binary option tidak lain adalah judi, karena kita hanya menebak, yang mana itu adalah spekulasi, berbeda dengan saham , binary option tidak memiliki underlying asset yang bisa diperdagangkan, sehingga kurang tepat bila disebut dengan trading.

Ilustrasi by Freepik

Mengapa kasus ini mencuat ke publik

Kasus binary option ini mencuat ke publik setelah salah satu pengguna speak up bahwa dia mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah dan merasa ditipu, sejak saat itu mulailah banyak korban lain yang bermunculan dan tampil di banyak media untuk membongkar sisi gelap aplikasi ini dan juga bagaimana cara kerja nya sehingga bisa memakan begitu banyak korban.

Terlepas dari teknis dan sistem kerja binary option, yang menarik di sini justru adalah why ? mengapa ? mengapa banyak orang bisa tertipu, tidak hanya satu dua orang melainkan mungkin puluhan bahkan ratusan orang dengan klaim kerugian hingga ratusan juta bahkan bila ditotal dengan semua user atau pengguna angka nya bisa lebih tinggi lagi.

Psikologi ingin cepat kaya

Di zaman serba digital seperti sekarang kita sangat dimudahkan dengan aktifitas yang berbau transaksi keuangan, banyak nya fintech yang bermunculan juga memudahkan kita untuk  melakukan kegiatan investasi, baik trading saham,forex, reksadana dan juga yang paling hits sekarang adalah cryptocurrency.

Minimnya pengetahuan tentang investasi, trading dan juga keinginan untuk bisa cuan dan kaya dengan cepat inilah yang membuat masyarakat kita menajdi sasaran empuk aplikasi – aplikasi investasi bodong, sesuai hokum ekonomi, ada demand ada supply, ada potensi pasar yang besar disitulah akan ramai digarap dengan berbagai macam proyek, baik secara legal maupun illegal.

Kurang bersabar dengan proses

Semua orang ingin taraf hidupnya semakin membaik seiring berjalan nya waktu, namun yang seringkali kita lupa adalah, untuk mencapai puncak kita juga harus siap untuk berjalan dan mendaki, untuk meraih sukses kita perlu bersabar dengan yang namanya proses. Tidak ada cerita dalam sejarah orang sukses dan kaya raya membangun kekayaan nya dalam seharu dua hari, mereka membangun nya bertahun – tahun dengan disiplin, dedikasi yang tinggi dan juga kesabaran. Yang paling sult dilakukan mungkin adalah poin terakhir, yakni kesabaran, karena sabar ini kaitan nya erat dengan waktu, dan tidak semua orang bisa bersabar dengan waktu.

Budaya instan

Masih berkaitan dengan kesabaran dan waktu, mengapa banyak orang tertipu investasi bodong dengan iming – iming cepat mendapat cuan besar adalah karena kita sudah nyaman dan terbiasa dengan segala kemudahan sekarang ini. Generasi milenial dan z , mereka lahir dan besar dalam kondisi kemajuan teknologi yang pesat , hal ini sedikit banyak mempengaruhi pola pikir mereka bahwasanya segala sesuatu bisa didapatkan dengan mudah dan cepat seperti yang sudah dirasakan selama ini. Namun, terkadang mereka lupa bahwa dalam hidup tidak semua bisa diukur dengan kecepatan waktu, terutama dalam membangun integritas dan pengalaman hidup, semuanya membutuhkan proses dan waktu.

Kemudahan yang didapat oleh teknologi selalu harus di imbangi dengan kematangan pola pikir dan juga kematangan psikologi, untuk para generasi muda, kita harus membuka wawasan terhadap pengalaman, sabar dalam setiap fase dan proses hidup, begitu juga dalam menyikapi uang dan kekayaan, janganlah kita bersikap greedy dan tidak sabaran, karena pemenang adalah mereka yang senantiasa bersabar pada proses.


Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular