SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Minimalis Skincare: Basic Skincare yang Diperlukan Kulitmu




Ilustrasi by Freepik


Wanita dan skincare, dua hal ini memang tidak  bisa dipisahkan ya, karena skincare sudah menjadi salah satu rutinitas harian para wanita. Skincare menjadi ritual wajib untuk mempertahankan kondisi kulit wajah kita agar tetap segar dan sehat, berapapun usia kita. Skincare sendiri memang ditujukan untuk merawat kulit, membantu dan menutrisi kulit agar performa kulit kita mencapai versi terbaik nya.

Skincare yang beredar di pasaran pun sangat beragam jenisnya, mulai dari untuk kulit normal, kering, berminyak, acne prone dan kulit sensitive. Selain dari jenis kulit kulit, banyak juga skincare yang diklasifikasikan berdasarkan bahan utama nya, mulai dari aloe vera, tea tree, centella asiatica, niacinamide dan masih banyak lagi.

Dari beragam serbuan iklan skincare yang tiap hari terasa tidak ada habisnya dan selalu muncul merek – merek baru maupun jenis produk skincare yang baru, rasanya kita seperti  kurang puas dengan produk yang sekarang sudah kita pakai. Setiap ada jenis serum baru atau essence baru yang keluar, rasanya kita memiliki urgensitas bahwa kita sangat perlu produk itu, bahkan tidak jarang kita temui banyak wanita yang mengoleksi skincare dari berbagai macam jenis dan merek, yang kalau dipikir – pikir bagaimana juga cara menghabiskan semua nya ya.

Kondisi kulit setiap orang berbeda

Dunia wanita memang tidak ada habisnya untuk dibahas, apalagi kalau berkaitan dengan kecantikan. Namun, sebagai konsumen yang cerdas, kita juga harus mempunyai prinsip agar kita tidak terombang – ambing oleh derasnya arus konsumsi terutama untuk beauty product. Kulit kita di design dengan mekanisme atau cara kerja nya sendiri yang mungkin bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain nya, hal ini banyak dipengaruhi beragam hal, mulai dari genetika, makanan yang dimakan, banyaknya air yang diminum, faktor allergen, iklim tempat tinggal, kualitas air bersih dan masih banyak yang lain, sehingga terkadang tidak semua produk bisa cocok dan selalu memberikan hasil yang memuaskan saat dipakai. Itulah mengapa terkadang banyak dari kita yang antusias mencoba suatu produk yang diklaim sangat ampuh dan teruji di banyak pengguna, namun saat kita pakai ternyata tidak sesuai dengan harapan. Kondisi kulit setiap orang unik dan berbeda, sehingga tidak bisa disama rata kan, klaim suatu produk belm tentu cocok untuk semua orang, jadi, kita harus pandai mengamati dan mempelajari kondisi kulit kita sendiri, alih – alih mudah termakan iklan beauty product.

Skincare dasar untuk kulit

Meskipun kulit setiap wanita berbeda, namun ada beberapa produk skincare dasar yang wajib kita punya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita, tidak perlu sepuluh atau bahkan lebih skincare step, cukup aplikasikan produk – produk ini maka kulit kita akan senantiasa terjaga kondisinya :

Makeup remover atau pre cleansing. Makeup remover penting digunakan untuk menghapus makeup yang seharian kita pakai, atau bila kita tidak menggunakan makeup,fungsi make up remover ini adalah untuk membersihkan debu yang menempel maupun sisa sunscreen yang kita pakai selama seharian penuh. Make up remover atau pre cleansing ini banyak ragam jenisnya mulai dari cleansing oil, cleansing balm, micellar water maupun milk cleanser. Yang mana yang cocok untuk kita ? silahkan research dulu ya sebelum membeli.

Face wash. Face wash atau sabun cuci muka ini adalah item wajib, karena ini adalah senjata utama untuk membersihkan wajah dan sisa – sisa kotoran yang belum terangkat sempurna saat pembersihan pertama. Face wash idealnya digunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Mencuci muka dengan sabun terlalu sering juga kurang bagus karena akan membuat kulit kita kering dan iritasi. Face wash juga hadir dalam beragam jenis, mulai dari yang berbentuk gel, foam, sabun cair maupun sabun batangan.

Toner. Setelah mencuci muka dengan face wash, disarankan untuk langsung mengaplikasikan toner atau penyegar agar wajah kita tidak kering dan tetap lembab. Toner yang banyak ditemui berbentuk cair seperti air, cara mengaplikasikan nya juga mudah, bisa di tepuk - tepuk langsung dengan telapak tangan ke wajah atau menggunakan kapas.

Pelembab. Setelah menggunakan toner, langkah selanjutnya adlaah pelembab, seperti namanya, pelembab fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban wajah sehingga wajah tetap sehat dan kenyal. Pelembab ini biasanya ber tekstur creamy , namun untuk jenis kulit berminyak biasanya lebih watery dan mudah meresap. Penggunaan pelembab harus sesuai dengan jenis kulit supaya tidak timbul breakout. Pelembab sendiri ada yang bisa digunakan pagi dan malam, ada juga yang penggunaan nya khusus untuk pagi atau malam hari saja.

Sunscreen. Skincare terakhir yang wajib dipunya adalah sunscreen. Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk mengahalau paparan sinar UVA dan UVB di siang hari, perlu diketahui, dari banyak sumber dikatakan bahwa  paparan yang intens akan UVA dan UVB berpotensi membuat  kulit kita menjadi kusam dan mempercepat proses aging, tentunya kita tidak mau kan kulit kita mulai muncul keriput dini, jadi penggunaan sunscreen ini sangatlah penting. Beberapa uji coba dan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rajin memakai sunscreen sejak muda, di usai yang sudah tua kulit mereka masih terlihat kencang dan segar. Jadi,  jangan di skip ya untuk pemakaian sunscreen.

Itulah lima skincare dasar yang wajib dipunya dan diaplikasikan untuk mendapatka kulit sehat dan terawat. Sebelum mencoba ragam skincare yang lain nya, seperti hal nya essence, serum, face oil dan lain – lain, pastikan kita sudah melakukan perawatan kulit yang intensif dengan basic skincare di atas, dan bila dirasa kita sudah cocok dengan suatu produk, maka cobalah untuk konsisten dan jangan mudah berganti – ganti skincare karena akan membuat kulit wajah kita stress dan akhirnya akan berujung breakout. Penggunaan alternatif skincare lain seperti serum dan kawan – kawan nya juga menyesuaikan usai dan kebutuhan kulit ya, jangan dipaksakan bila sekiranya kulit kita tidak cocok, it’s oke bila kulit kita hanya mampu menerima basic skincare, yang terpenting tujuan utama mendapat kan kulit yang  sehat dan cantik sudah terpenuhi. Make it simple.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. yuk siapa yang masih suka lalai dengan absic skincare ? simak tips nya

    BalasHapus

Popular