SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tips Belanja Bulanan Hemat

Sudah hampir pertengahan bulan nih, bagaimana kabar budget rumah tangga kita ?

Tidak dipungkiri, salah satu pos pengeluaran yang paling banyak menguras anggaran setelah tagihan dan cicilan adalah pos belanja, karena setiap rumah tangga pasti berbeda – beda metode dan alokasi pengeluaran nya, selain itu di sinilah terkadang kita banyak bocor halus dan kalap saat belanja ya moms.

Dengan semakin terbukanya akses informasi yang berkaitan dengan budgeting dan pengelolaan keuangan pribadi, seharusnya kita semakin aware tentang pengaturan finansial keluarga, terutama saat shopping time, kita harus benar – benar memastikan nih moms kita tetap menikmati belanja dan kondisi keuangan kita tetap stabil sampai akhir bulan.

Bagi yang sering kebablasan belanja ini itu dan akhirnya harus tekor terus tiap bulan, berikut tips yang bisa kita lakukan supaya aktifitas belanja tetap on track :

Ilustrasi by Freepik


  • Buat shopping list

Mendaftar barang apa saja yang akan kita beli adalah suatu keharusan bila kita ingin disiplin dalam berbelanja. Kita bisa mencatat apa –apa saja yang mau dibeli sebelum keluar rumah, kita bisa mencatat manual di atas kertas maupun via aplikasi di smartphone kita , bebas , yang penting ada record nya  sehingga kita tidak bingung saat berjalan melewati  lorong – lorong supermarket. Bila kita tidak mempunyai catatan belanja, kita akan cenderung random dan keluar dari track sehingga dampaknya banyak barang – barang yang dibeli sebetulnya bukan barang yang kita butuhkan tapi justru karena keinginan atau impulsive buying.

  • Alokasi sesuai budget

Nah, salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengerem belanja yang tidak perlu adalah dengan membawa uang sesuai budget belanja yang sudah kita anggarkan di awal bulan. Dengan cara ini,semisal kita kalap mengambil barang apa saja, toh nantinya kita tetap akan membeli dan membayar barang sesuai jumlah uang yang kita bawa kan, jadi di sini kita “dipaksa” belanja sesuai budget.

  • Bayar dengan uang cash

Melanjutkan poin kdua di atas, kita bisa membawa uang cash saat belanja, hal ini secara psikologis akan membuat kita berpikir ulang saat berbelanja hal – hal yang dirasa kurang perlu, berbeda dengan cashless, apalagi bila di rekening kita masih ada saldo yang melebihi budget belanja kita, hal ini membuat kita merasa secure bila ada bocor halus saat belanja karena kita yakin dan merasa aman bila ada kelebihan budget masih bsia ter cover karena uang di rekening masih lebih.

  • Manfaat kan diskon

Siapa sih yang tidak suka diskon ? semua ibu rumah tangga pasti suka karena walaupun kecil namun lumayan juga loh untuk mengehemat belanja. Biasanya supermarket atau swalayan tertentu mengadakan diskon di periode tanggal – tanggal tertentu setiap bulan, kita bisa mendapatkan katalaog promo di media sosial maupun di website. Dari informasi ini kita bisa mulai membuat list belanja dan membeli di tanggal – tanggal promo nya, lumayan kan, bila ada sisa budget bisa kita gunakan untuk keperluan lain atau ditabung.

  • Cari di harga terendah

Bila tidak ada diskon sama sekali lalu bagaimana ya supaya bisa hemat dan cukup ? tips terakhir adalah kita bisa mencari barang di harga yang lebih murah. Tentunya setiap barang mempunyai beragam merek dan pabrikan, di sini kta bisa membandingkan harga dari sebuah barang yang sama, tidak perlu harus membeli dari merek terkeal, bila dirasa bahan dan ingredients nya sama dan fungsi nya sama, kita bisa memilih barnag yang lebih murah walaupun itu produk lokal. Mungkin ada tipe barang tertentu yang kita sudah yakin dan loyal dengen merek tertentu, dan it’s okay, kita bisa cari substitute barang  lain yang lebih low cost bila kita ingin mempertahankan merek untuk barang tersebut, jadi dikombinasi saja ya.

Jadi bagaimana ? tertarik mencoba tips di atas ? semoga bisa menjadi inspirasi untuk para mommy yang sedang mencari informasi bagaimana cara supaya bsia hemat dalam berbelanja. Jangan lupa pantau terus ya keamanan budget sampai akhir bulan moms.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular