SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Bersabar dalam Mencapai Tujuan Keuangan


Ilustrasi investasi (Freepik)

Sebagai manusia sangatlah normal memiliki impian - impian dan harapan untuk masa depan. Sejak kita mulai bekerja pertama kali, tentu sudah banyak mimpi – mimpi yang ingin kita kejar, mulai dari menikah, membeli rumah pertama, menyiapkan dana pendidikan anak, dana pensiun, liburan dna masih bnayk wishlist lain yang ingin kita capai. Apakah salah menginginkan itu semua ? tentu tidak, karena hal itu sangatlah manusiawi dan lumrah, sebagai manusia sudah menjadi naluri untuk bisa meningkatkan taraf hidup kita ke arah yang lebih baik setiap hari nya, tentu saja denganc cara – cara yang benar ya.

Setelah kita membekali diri dengan ilmu personal finance yang cukup, langkah selanjutnya untuk mencapai semua mimpi kita di atas tentunya dengan mulai mempraktekkan nya. Teori hanya akan menajdi teori tanpa langkah konkret untuk mewujudkan. Kita bisa mulai berbenah dengan keuangan pribadi kita, memisahkan rekening kebutuhan sehari – hari dengan rekening untuk tabungan dan investasi dan juga disiplin menjalankan budgeting yang sudah kita buat di awal bulan.

Setelah semua sudah kita lakukan, mulai dari saving, investing dan juga spending sesui budget, lalu apa lagi yang harus dilakukan ? hmm jawaban nya adalah sabar dan lakukan evaluasi berkala. Apa yang dimaksud sabar di sini ? yang dimaksud sabar di sini adalah bagaimana kita menjaga mental kita untuk tetap steady dan stabil di saat perjalanan investasi kita sedang on track mencapai tujuan nya di masa yang akan datang, karena terkadang setelah kita mengalokasikan dana untuk investasi dnegan tujuan jangka panjang, ada tendensi dalam diri kita yang selalu menggoda kita untuk terus melihat perkembangan dana investasi kita, apakah tidak boleh mengecek bagaimana performan investais kita ? oh tentu saja boleh dan sangat dianjurkan, namun juga tidak setiap saat kita melakukan nya bukan ?. Kita bisa melakukan cek berkala tiap periode waktu tertentu yang memang sudah kita tentukan.

Mengecek perkembangan Investasi setiap hari tidak membuat kita tenang

Mengecek nilai investasi setiap saat tidak membuat kita merasa lebih baik, namun justru akan membuat kita semakin overthinking dan cemas, mengapa ? karena pada dasarnya kita tahu bahwa tujuan investasi kita untuk jangka waktu yang lama, katakanlah di atas lima tahun, dengan melihat pergerakan nilainya setiap hari, maka secara alam bawah sadar akan membuat kita merasa seolah dikejar target untuk bisa cepat mencapai angka yang menjadi goal, sedangkan di sisi lain kita tahu bahwa angka itu untuk di capai lima atau bahkan sepuluh tahun dari sekarang. Maka dari itu, mengapa setiap kali melihat portofolio, selalu ada perasaan tidak sabar menunggu angka nya berubah, sehingga tidak jarang pula kita tergoda untuk mengutak – atik atau mengganti – ganti instrument investasi karena tergiur perbandingan return produk yang lain sehingga membuat perjalanan investasi kita tidak konsisten.

Perlunya menentukan periode cek berkala

Lalu bagaimana caranya supaya tidak tergoda untuk melihat setiap saat perkembangan investasi  kita ? mengecek perkembangan investasi secara berkala juga penting untuk memastikan bahwa perjalanan investasi kita masih on track, namun untuk mengecek nya tidak perlu setiap hari juga, kita bisa melakukan pengecekan berkala misalnya tiap sebulan sekali, tiga bulan sekali atau per semester bahkan tahunan, bebas tergantung metode mana yang sekiranya cocok untuk kita. Dengan melakukan pengecekan berkala maka akan mengurangi stress dan overthinking akan investasi yang sedang kita bangun. Melakukan pengecekan berkala juga memungkinkan kita untuk mengevaluasi portofolio kita dan juga mennetukans strategi selanjutnya apabila dirasa hasil performa inevstasi kita melenceng dari track yang seharusnya atau kalau dalam dunia investasi biasa disebut dengan portofolio rebalancing.

Tetap semangat berinvestasi dan jangan lupa sabar dan konsisten serta evaluasi berkala adalah pedoman yang bisa di lakukan untuk bersama – sama mencapai tujuan – tujuan jangka panjang kita.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Bener banget mbaa..mesti sabar, kalau keburu2 biasanya hasil ga maksimal.

    BalasHapus
  2. betulll... memang terkadang godaan sosmed dan fomo membuat kita sering tidak sabar yaa.. semangat !

    BalasHapus

Popular