SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Piilih Cuci Baju Sendiri atau Laundry ?


Ilutrasi by Freepik

Pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi selain pangan (makanan) dan papan (rumah tinggal). Pakaian bahkan disebutkan yang pertama sebelum penyebutan pangan dan papan, karena urgensi nya, kita bisa saja tidak makan beberapa hari atau tidak mempunyai tempat tinggal, namun kita tidak akan bisa dan tidak mungkin untuk tidak berpakaian dan menutup bagian tubuh kita kan ? karena itu sudah menjadi naluri alami dan fitrah manusia.

Berbicara tentang pakaian, pasti kita semua sudah familiar dengan yang namanya mencuci, setelah dipakai seharian untuk beraktifitas, pakaian tentu perlu untuk di cuci, tidak hanya pakaian saja, tapi juga produk – produk linen lain nya yang digunakan sehari – hari seperti sprei, gorden, sarung bantal guling, selimut dan masih banyak lagi. Pakaian yang kotor tentu tidak nyaman dipakai karena selain bau, tampilan nya juga sudah kusut sehingga nilai estetika dan kelayakan nya juga kurang.

Hadirnya mesin cuci rumah tangga

Untuk perihal cuci mencuci, bila dahulu kita terbiasa mencuci pakaian secara manual dengan tangan, sejak ditemukan nya mesin cuci elektrik otomatis pertama pada tahun 1937 aktifitas mencuci pakaian ini menjadi semakin mudah, sejak saat itu perkembangan teknologi mesin cuci semakin berkembang hingga seperti sekarang. Mesin cuci hadir beraneka ragam mulai dari yang masih manual hingga otomatis, mulai dari yang murah hingga yang mahal pun juga ada.

Hampir sebagian besar rumah tangga di zaman sekarang ini mempunyai mesin cuci di rumah masing – masing, walaupn tidak dipungkiri masih ada yang setia mencuci pakaian dengan tangan. Kehadiran mesin cuci ini sanat membantu para ibu rumah tangga untuk menghemat tenaga dan waktu dalam mencuci pakaian. Seperti yang kita tahu,mencuci pakaian adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang bsia dibilang cukup menyita waktu dan tenaga, karena bayangkan saja semakin banyak anggota keluarga semakin banyak pula pakaian yang harus dicuci, apalagi bila masih mencuci menggunakan tangan, bisa dibayangkan betapa repot nya. Dengan ada nya mesin cuci, kita tinggal menaruh pakaian kotor ke dalam mesin dan biarkan mesin bekerja secara otomatis untuk mencuci pakaian sehingga di saat yang bersamaan kita bisa melakukan aktifitas yang lain.

Mencuci dengan tangan. Salah satu kelebihan mencuci sendiri dengan tangan yang paling banyak dirasakan adalah menghemat biaya air dan listrik, karena penggunaan air dengan mencuci manual lebih bisa kita kontrol, selain itu juga menghemat biaya listrik karena mencuci dengan tangan tidak membutuhkan daya listrik sama sekali. Kekurangan mencuci dengan tangan adalah banyaknya waktu dan tenaga yang terkuras karena semua harus dilakukan satu per satu mulai dari mencuci, membilas, dan tentu saja menjemur hingga benar – benar kering, dimana saat musim hujan tentu akan memakan waktu yang kebih lama lagi karena pengeringan nya hanya mengandalkan sinar matahari.

Mencuci dengan mesin. Penggunaan mesin cuci dalam rumah tangga memiliki sederet kelebihan, diantaranya lebih menghemat tenaga  dan waktu, menjemur pakaian pun lebih cepat kering karena adanya fitur pengering pakaian yang sudah built in pada mesin cuci. Kekurangan mencuci dengan mesin tentu saja kita perlu mengeluarkan biaya – biaya tambahan lain seperti biaya air dan juga listrik.

Laundry sebagai alternatif pilihan

Dunia bergerak semakin cepat dan begitu pula dengan aktifitas manusia, hal – hal yang dahulu bisa kita lakukan semua sendiri sekarang mulai perlu dibantu dengan alat dan jasa, salah satu perubahan massive yang bisa kita lihat dalam dunia rumah tangga adalah dengan mulai dibukanya usaha laundry. Pertanyaan nya, bila rumah tangga sudah mempunyai meisn cuci sendiri dan melakukan kegiatan mencuci pakaian sendiri, mengapa masih dibutuhkan laundry ? dan mengapa usaha laundry juga tidak sepi peminat ?

Mencuci pakaian dalam skala rumah tangga tentu tidak lepas dari mencuci saja, setelah mencuci pakaian biasanya ibu – ibu juga harus menyetrika pakaian supaya pakaian tidak kusut dan tetap rapi. Usaha laundry menawarkan whole package, dimana usaha ini menawarkan jasa mencuci hingga setrika pakaian, istilah nya kita datang membawa pakaian kotor dan 2 sampai 3 hari kemudian kita sudah bisa mendapatkan pakaian kita sudah bersih, rapi dan juga wangi karena sudah bukan rahasia umum lagi kualias pencucian dan keharuman laundry masih lebih unggul daripada mencuci sendiri dengan mesin cuci di rumah.

Kelebihan – kelebihan itulah yang membuat usaha laundry semakin menjamur dan tidak kehilangan peminat. Target pasar nya pun beragam mulai dari rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan hampir semua segmen msyarakat bisa di sasar karena semua orang butuh untuk mencuci pakaian.

Kekurangan laundry sendiri tentu dari segi biaya, semkain banyak kita mengandalkan pencucian pakaian dnegan laundry tentu makin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan, selain itu kita juga harus berangkat menuju tempat laundry sendiri, walaupun beberapa usaha laundry mempunyai jasa antar jemput dengan minimal pencucian tertentu. Selain itu durasi waktu pencucian yang cukup lama, dengan kisaran harga regular kita baru bisa mendapatkan pakaian bersih selama 2 sampai 3 hari, kecuali kita ingin mencuci dengan cepat, beberapa layanan usaha laundry juga menyediakan jasa pencucian express dengan biaya hampir dua kali lipat dari biaya cuci regular.

Dari semua kelebihan dan kekurangan mencuci pakaian sendiri maupun laundry kita bisa menentukan mana kiranya yang cocok untuk kita, apakah mencuci sendiri di rumah atau menggunakan jasa laundry, bahkan tidak menutup kemungkinan menggunakan keduanya sebagai salah satu langkah atau strategi untuk kebih mengoptimalkan pekerjaan harian kita baik dari sisi biaya, kualitas, waktu maupun tenaga.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular