SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Ternyata, Ini Salah Satu Penyebab Kulit Wajah Kemerahan




Ilustrasi Kulit Kemerahan (Freepik)

Terkadang kita  sering bertanya – tanya, mengapa sudah rajin memakain skincare pagi dan malam hari namun kondisi kulit terkesan biasa –biasa saja ya ? kulit tetap kemerah – merahan begitu juga dengan bekas jerawat yang tiada kunjung pudar. Permasalahan kulit kemerahan baik itu dari bekas jerawat maupun jenis kulit yang sensitif memang sangat mengganggu penampilan ya ? semua orang, terutama wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih, kita tidak berbicara skin tone kulit yang harus putih, minimal tidak ada bekas jerawat membandel dan tidak kemerahan saja sudah sangat bersyukur rasanya.

Penyebab kulit kemerahan

Kulit kemerahan adalah permasalahan umum yang banyak dialami semua orang, beberapa penyebab kulit kemerahan diantaranya adalah :

Bekas Jerawat. Untuk masalah jerawat mungkin agak susah ya kalau kita benar – benar ingin seratus persen menghilangkan nya karena pada wanita terutama ,terdapat jerawat yang muncul sebelum siklus menstruasi tiba yang biasa disebut hormonal acne, sehingga yang bisa dilakukan adalah mencegah bagaimana bekas jerawat tidak sampai menghitam atau memerah berlarut – larut untuk jangka waktu yang lama.

Kulit sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif mungkin kemerahan pada wajah adalah hal yang biasa terjadi, saehingga tidak sedikit juga yang pasrah dengan kondisi kulitnya. Untuk kulit sensitif, kemerahan biasanya disebabkan karena tidak cocok deegan kandugan suatu produk skincare tertentu sehingga dampak yang ditimbulkan langsung nyata, yakni kulit yang langsung bereaksi kemerahan dan biasanya disertai rasa gatal.

Paparan sinar matahari. Disadari atau tidak, sehari – hari kita pasti bersentuhan dengan yang namanya sinar matahari, baik saat kita di dalam rumah maupun saat beraktifitas di luar rumah. Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, baik dari sunscreen maupun sunblock bisa menyebabkan kulit terbakar karena radiasi sinar UV-B, hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan. Kondisi ini berlaku untuk semua jenis kulit loh, tidak hanya pemilik kulit sensitif saja.

Setelah mengetahui penyebab kulit menjadi kemerahan, lalu bagaimana cara ,mengatasinya ? untuk mengatasi kulit kemerahan tentu saja kita harus mengetahui penyebab nya,dari tiga penyebab di atas kira - kira kita termasuk yang mana ya ?

Untuk permasalah bekas jerawat tentu saja bisa dirawat dengan pemakaian skincare sehari – hari dengan kandungan yang membantu menyamarkan dan perlahan menghilangkan bekas jerawat, sedangkan untuk kulit sensitif tentunya kita harus lebih teliti dan berhati – hati dalam memilih ingredients skincare. Saat kita mencoba skincare baru, tidak ada salahnya kita mengamati komposisi bahan yang digunakan dan sebaiknya kita menghindari kandungan bahan aktif atau ingredients yang bisa memicu kulit sensitif kita meradang, penggunaan jenis skincare yang tepat dan khusus untuk kulit sensitif juga akan sangat membantu kulit kita tetap sehat.

Langkah sederhana mencegah dan meminimalisir kulit kemerahan

Dari ketiga penyebab kulit kemerahan di atas, yang paling fatal dan sering terjadi  adalah karena paparan sinar matahari. Kita tidak bisa mengelak dari paparan sinar matahari, rajin memakai skincare atau tidak kita tetap akan terpapar sinar matahari, bahkan di dalam rumah. Mungkin kita pernah berpikir padahal kita tidak pergi kemana – mana dan di salam rumah terus tapi mengapa wajah kita semakin siang hari semakin kemerahan ya ? yap, tentu jawaban nya adalah apakah kita memakai sunscreen atau tidak sebagai step terkahir skincare kita ?

Pemakain sunscreen di step terakhir skincare bisa dikatakan adalah part terpenting dari rangkaian skincare pagi kita. seberapa rajin kita merawat kulit dan seberapa bagus kandungan yang ada di dalam skincare kita, bila kita lupa memaakai sunscreen, maka hasilnya akan sama saja, kulit  tetap akan kemerahan dan terbakar akibat radiasi sinar UV.  Kulit yang tidak memakai sunscreen ibarat tidak memakai pelindung, sehingga akan lebih mempercepat terjadinya iritasi berupa kulit kemerahan dan sunburnt serta aging dalam waktu lama.

So, bila selama ini kita merasa kulit kita tidak menunjukkan perubahan yang signifikan padahal kita rajin menggunakan rangkaian skincare regime, yuk kita coba benahi kebiasaan kita untuk selalu memakai sunscreen setiap hari, baik di dalam maupun di luar rumah dan jangan lupa  aplikasikan sunscreen sebanyak dua ruas jari tangan dan re apply ssecara berkala supaya kulit kita tetap terlindung dan sehat. 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular