SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Menabung Dana Pensiun


Ilustrasi by Freepik

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang notabene banyak menghabiskan waktu di rumah untuk mengurus keluarga bukan berarti kita tidak bisa update knowledge tentang apa – apa yang terjadi di luar sana dari berbagai aspek, baik finansial, gaya hidup, pendidikan dan masih banyak yang lain nya. Menjadi ibu rumah tangga juga tidak melulu harus saklek dengan pekerjaan rumah yang itu – itu saja, di sisi lain kita juga bisa belajar dan menambah wawasan agar tidak tertinggal perkembangan jaman.

Salah satu aspek yang lekat dengan seorang ibu rumah tangga adalah masalah finansial keluarga. Meskipun tidak semua keluarga menerapkan cara yang sama, namun dalam kehidupan rumah tangga di masyarakat kita mayoritas masih menyerahkan masalah pengelolaan keuangan rumah tangga kepada pihak wanita karena dirasa kita lah yang lebih paham kebutuhan rumah tangga dan juga yang meng handle hampir semua urusan yang berbau bayar membayar bills rumah tangga, jadi sudah seharusnya sebagai ibu rumah tangga kita juga pandai dan bijak dalam mengelola keuangan dengan cara terus belajar dan update informasi seputar pengetahuan keuangan keluarga.

Pentingnya menambahkan alokasi dana pensiun

Mungkin dalam pengelolaan finansial keluarga, sebagai ibu rumah tangga kita sudah tidak asing lagi dengan bills payment,dana pendidikan anak, anggaran belanja minggan atau bulanan dan juga bermacam – macam finansial target lain yang  ingin kita wujudkan untuk keluarga tercinta melalui berbagai instrumen , baik tabungan maupun investasi. Namun, terkadang salah satu pos keuangan yang mungkin sering kita lupakan dan nyaris tidak tersentuh adalah porsi untuk menysihkan dana pensiun. Ya,mungkin dana pensiun ini kalah pamor ya dengan dana pendidikan anak karena kalau dana pendidikan memang sudah ada anak nya atau sudah ada dalam perencanaan yang bisa di eksekusi mungkin beberapa tahun ke depan, namun dana pensiun tidak demikian, dana pensiun terlihat masih sangatlah jauh mungkin belasan atau puluhan tahun ke depan baru kita bisa menikmatinya sehingga karena time frame yang jauh inilah yang membuat kita terkadang lupa untuk menyiapkan nya jauh – jauh hari.

Tips menabung dan pensiun untuk ibu rumah tangga

Walaupun sebagai ibu rumah tangga, dana pensiun juga penting untuk kita pikirkan dan masukkan dalam rencana keuangan keluarga kita. Beberapa keluarga ada yang pengelolaan dana pensiun nya dipegang oleh pihak suami karena sudah mendapat program dari tempat nya bekerja, atau memang secara mandiri mengeloladana pensiun nya, namun tidak ada salah nya loh kita sebagai ibu rumah tangga juga belajar berinvestasi untuk membangun dana pensiun dari alokasi budget keuangan rumah tangga kita . Berikut tips yang bisa kita coba untuk mulai membangun dana pensiun :

Tentukan budget. Tentu yang pertama kali kita lakukan adalah menentukan berapa persen atau berapa nominal dari total budget yang akan kita sisihkan untuk dana pensiun, tidak perlu susah payah langsung dengan nominal besar, namanya juga baru mulai dan setiap orang bisa berbeda – beda nominal nya tergantung kemampuan kita menyisihkan dan jangan lupa untuk memastikan pos pengeluaran yang lain tetap aman ya.

Pilih instrumen. Untuk membangun dana pensiun sangat disarankan kita melakukan investasi daripada hanya menabung konvensional di bank, mengapa ? karena dengan ber investasi return atau imbal hasil yang didapat lebih besar daripada hanya mengendap di rekening bank biasa, sehingga diharapkan pertumbuhan dana pensiun kita juga semakin besar. Instrumen investasi yang bisa kita pilih bila kita maish pemula adalah reksadana, karena reksadana ini dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman sehingga kita tidak perlu terlalu pusing dan khawatir tentang keberlangsungan investasi kita. Sekarang ini sudah banyak platform fintech yang bisa kita unduh dari smartphone untuk melakukan pembelian reksadana , oh iya pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ya mom.

Rutin berinvestasi. Setelah kita menentukan jenis reksadana nya dan bila kita hanya mampu menyisihkan jumlah kecil dari uang belanja bulanan untuk di investasikan , maka kita perlu rutin melakukan investasi berkala atau istilah nya menabung reksadana, kita bisa rutin menabung atau top up setiap bulan. Banyak produk reksadana yang menawarkan nominal pembelian yang terjangkau mulai dari 10,000 saja loh.

Konsisten. Dalam melakukan investasi selalu kata kunci nya adalah konsisten, dengan kita mulai investasi setiap bulan dan dilakukan terus menerus maka tidak mustahil nilai investasi kita akan bertumbuh, dengan catatan jangan diambil – ambil ya , biarkan saja investasi kita berproses, toh memang jangka waktu yang kita tuju juga bukan setahun dua tahun tapi jangka yang sangat panjang.

Cek berkala. Selanjutnya kita bisa melakukan cek berkala perkembangan ivestasi kita, tidak harus setiap hari kita melihat nya, tentukan saja senyaman mommy misalkan sebulan sekali,atau tiga bulan sekali, untuk memastikan bahwa investasi kita aman dan tetap on track.

Itulah beberapa tips untuk mulai menabung dana pensiun melalui instrumen investasi. Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga tidak melek finansial ? justru dengan semakin pesat nya perkembangan jaman dan teknologi, kita juga bisa mengikuti dan mengimbangi ya dengan bijak sehingga kita bisa terus melakukan yang terbaik untuk keuangan dan keberlangsungan keluarga kita tercinta di masa yang akan datang.

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular