SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tips Atasi Kulit Wajah yang Bermasalah


Ilustrasi by Freepik

Kulit adalah organ paling luar dari tubuh manusia yang berfungsi untuk perlindungan paling depan terhadap berbagai ancaman seperti misalnya debu, kotoan, virus maupun bakteri sehingga tidak mengherankan bila kesehatan kulit terutama kulit wajah adalah salah satu aspek penting yang sangat diperhatkan terutama bagi kaum wanita.

Kulit wajah yang sehat, lembab dan bebas noda adalah dambaan setiap orang, siapa sih yang tidak mau mempunyai penampilan yang oke ditunjang kulit wajah yang cantik ? karena tidak dipungkiri wajah adalah representatif diri kita, perwakilan diri kita, salah satu yang pertama kali di notice saat kita berkomunikasi atau bahkan bertemu pertama kali dengan orang lain.

Namun, sayangnya tidak semua orang dikaruniai kulit wajah yang bebas masalah, hampir bisa dipastikan setelah menginjak masa pubertas dan pengaruh hormon yang mulai aktif, di situlah kulit wajah kita banyak mengalami masalah diantaranya yang paling umum adalah jerawat, selain itu juga masalah produksi minyak yang berlebih yang membuat wajah terlihat kusam, semua itu membuat tampilan kulit wajah kita yang tadinya mulus – mulus saja tanpa perawatan yang macam – macam menjadi sangat rewel dan seperinya susah sekali diajak kompromi. Jerawat setelah sembuh tentu akan meninggalkan bekas, kulit yang berminyak juga menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat bila kurang tepat menangani nya, smeua itu seperti siklus yang tidak ada ending nya begitu saja terus sampai – sampai mungkin bisa dihitung jari ya berapa hari kulit kita bisa bertahan dalam kondisi normal dan terbaiknya sebelum permasalah di atas kembali muncul.

Well, tiap orang tentu memunyai jenis kulit yang berbeda – beda, namun apapun jenis kulitnya tentu tidak bisa seratus persen lepas dari permasalahan kulit wajah , setiap tipe kulit mempunyai tantangan dan permasalahn nya sendiri – sendiri, namun tentu ada solusi bersama yang bersifat general untuk semua jenis kulit yang bisa membantu kulit wajah kita kembali balance atau seimbang. Berikut adalah tips yang bisa kita terapkan untuk bisa mendapatkan kembali kulit wajah yang sehat dan bersih apapun jenis kulit nya :

Perhatikan asupan makanan dan minuman

Skincare memang sangat penting dan mendukung kita dalam maintenance kulit wajah, namun bagaimanapun juga skincare hanya  salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit wajah, salah satu nya adalah daily intake atau asupan harian kita yang masuk ke dalam tubuh. Kita harus bisa memilah – milah dan mengaur frekuensi makanan atau minuman tertentu yang kita konsumsi agar kulit wajah kita tidak semakin meradang dan parah, makanan seperti gorengan, gula atau makanan manis, makanan pedas adalah salah satu contoh yang harus kita perhatikan asupan nya, jangan sampai berlebihan karena hanya akan memperburuk kondisi kulit, produk susu dan turunan nya (dairy) juga memegang peranan penting untuk kesehatan kulit, penelitian menyimpulkan bahwa memang ada hubungan nya antara konsumsi dairy dengan jerawat, orang yang cenderung sering mengkonsumsi dairy  juga cenderung sering mengalami masalah jerawat. Saya pribadi merasakan setelah stop konsumsi dairy selama hampir dua minggu kondisi kulit wajah saya semakin membaik dan jerawat jarang muncul kecuali pada saat menjelang menstruasi. Alih – alih mengkonsumsi makanan dan minuman yang rentan membuat kulit wajah breakout, lebih baik kita memperbanyak konsumsi air putih , sayur dan buah – buahan untuk menyeimbangkan nutrisi dan tentunya hal ini juga akan berdampak pada tampilan kulit wajah kita.

Perhatikan faktor kebersihan

Ya, menjaga kebersihan kult wajah adalah hal yang mutlak, selain rajin mencuci muka dua kali sehari dan menggunakan skincare sebagai perawatan,salah satu yang perlu diperhatikan juga adalah kebersihan rambut kita, rambut yang kotor dan mengenai wajah, terutama bagi yang memiliki poni bisa menjadi sarang kuman dan saat menempel di wajah dapat memicu timbulnya jerawat, selain itu kebersihan sarung bantal saat tidur juga perlu dijaga, dengan rutin mengganti sarung bantal maka kita juga meminimalisir kontak kuman dari sarung bantal ke wajah kita yang menempel saat tidur, terlihat sepele memang namun bisa jadi itu salah satu faktor yang membuat kulit wajah kita bermasalah.

Jaga hidrasi kulit wajah

Salah satu key faktor kulit wajah yang sehat adalah hidrasi yang terjaga. Hidrasi yang dimaksud di sini adalah tingkat kelembaban wajah, apapun jenis kulit nya wajah memerlukan hidrasi, bila wajah kita dehidrasi maka akan memudahkan munculnya beragam permasalahan kulit . saat kulit wajah kita bermasalah , salah satu poin yang harus disasar adalah menjaga hidrasi atau kelembaban kulit wajah, jangan dulu lompat ingin mencerahkan atau bahkan memutihkan wajah, atau langsung ke produk anti aging, namun kembalilalh ke step dasar basic skincare yang benar yaitu menjaga kelembaban wajah, setelah wajah terjaga kelembaban nya barulah kita bisa mulai lanjut ke step perawatan yang berikut nya.

Sunscreen is a must

Terakhir setelah kita berhasil menjaga hidrasi wajah adalah dengan melakukan preventif terhadap efek negatif paparan sinar matahari dengan tidak lupa memakai sunscreen setiap hari. Percuma saja  rasanya kita sudah merawat kulit wajah kita dari dalam dan luar kalau ternyata justru kta lupa melindungi dari ancaman sinar UV, sehingga semua akan jadi sia –sia dan kulit akan kembali bermasalah.

Jadi, apapun permasalahan kult wajah kita, solusi yang paling nyata adalah kembali ke basic skincare dengan tujuan menghidrasi kulit. Saat kulit terhidrasi dengan baik maka dia akan melakukan regenerasi dan penyembuhan dengan sendirinya karena kulit kita juga adalah organ yang bisa menyembuhkan diri nya sendiri saat mengalami damage, jadi peran kita adalah mendukung kulit dengan menjaga kelembaban nya. Setelah kulit kita normal baru deh silahkan melakukan perawatan yang lebih spesifik sesuai yang kita inginkan.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular