SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Simak 7 Alasan Mengapa Saat nya Kita Berpindah ke Bank Digital

Ilustrasi by Pexels

Bank sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita ya, sejak pertama kali didirikan pada tahun 1624, bank terutama bank komersial menjadi solusi kala itu bagi para pemilik usaha atau yang ingin memulai menjalankan usaha dalam hal peminjaman modal. Tentu saja, selain masalah hutang piutang modal, bank juga digunakan banyak masayarakat awam untuk menyimpan uang maupun harta benda berharga mereka.

Perkembangan teknologi rupanya juga merambah ke segala bidang, tidak hanya merubah bagaimana perilaku dan interaksi sosial dalam msayarakat, namun juga dari segi layanan perbankan. Bila sebelumnya kita hanya mengenal bank secara konvensional, di mana bank mempunyai bentuk fisik berupa sebuah bangunan yang di dalam nya beroperasi kegiatan perbankan dengan segala jajaran staf nya. Sekarang ini konsep bank sudah mulai berubah dan bergeser, tidak lagi terikat dengan bentuk fisik. Bila pada zaman dulu saat kita ingin melakukan aktifitas yang berhubungan dengan perbankan maka kita harus pergi ke bank, sekarang ini semua sudah berubah sejak munculnya bank digital.

Bank digital memberikan banyak kemudahan yang tidak terpikirkan sebelumnya, terobosan ini tentu sangatlah bermanfaat bagi masyarakat karena di era yang serba cepat ini perbankan juga dituntut untuk bisa beradaptasi menyesuaikan dengan lifestyle para nasabah nya.

Bila kita masih ragu atau takut untuk berpindah ke bank digital, berikut ini alasan mengapa kita patut untuk mempertimbangkan nya  :

1. Proses pembukaan rekening yang mudah

Bila pada bank konvensional kita harus datang ke kantor cabang untuk bertatap muka dengan customer service dan mengisi formulir secara manual untuk membuka tabungan atau rekening, pada bank digital hal ini sudah tidak berlaku lagi. Kita hanya tinggal mengunduh aplikasi nya dan bisa langsung mendaftar untuk pembukaan rekening, sayaratnya juga mudah, kita hanya perlu mempersiapkan kartu idnetitas dan swafoto yang step by step nya nanti akan dipandu via aplikasi. Setelah semua data terisi dan di kirim, selanjutnya kita akan melakukan sesi video call dengan petugas bank untuk verifikasi data personal kita dan dalam 1x24 jam maka rekening kita langsung aktif dan bisa digunakan untuk transaksi.

2. Tidak ada biaya admin

Salah satu yang membuat kita bocor halus saat mengendapkan uang kita di rekening tabungan biasa adalah berkurangnya nilai saldo karena setiap bulan akan dipotong biaya administrasi. Namun, tidak demikian dengan bank digital, sekarang ini hampir semua bank memberlakukan free biaya admin, baik untuk bank digital regular maupun syariah. Dengan ditiadakan nya biaya admin ini tentu sangat menguntungkan kita sebagai nasabah ya dan tidak membuat kita kuatir nilai tabungan akan berkurang meskipun jarang topup saldo.

3. Banyak cashback dan promo

Selain menabung dan melakukan transaksi perbankan seperti bank pada umumnya, pengguna aplikasi bank digital juga akan mendapatkan banyak cashback dna promo loh, tentu ini snagat menggiurkan ya apalagi bila bank digital yang kita gunakan bekerja sama dengan merchant atau gerai – gerai favorit kita, lumayan sekali bila ada diskon.

4. Banyak fitur

Bila pada bank konvensional kita hanya akan mendapatkan buku tabungan dan kartu atm serta aplikasi mobile banking untuk memudahkan transaksi, namun aplikasi mobile banking ini pun sifatnya sudah bawaan sistem dan kita tidak bisa mengutak atik nya, kita hanya bisa menggunakan nya saja. Berbeda dengan bank digital yang mempunyai banyak fitur dan kita bisa mengatur dan personalisasi fitur – fitur nya sesuai keinginan kita.

5. Bisa membuat lebih dari satu tabungan

Pada bank digital biasanya akan terdapat fitur yang disebut kantong (mungkin penamanan nya beda – beda ya untuk setiap bank), namun secara garis besar cara kerja nya sama, yakni kita bisa memecah rekening utama kita menajdi beberapa sub rekening. Misalnya di rekening utama kita mempunyai saldo sebesar satu juta, nah kita bisa memecah nominal satu juta ini dan membagi nya pada kantong – kantong yang sudah kita beri nama dan tujuan menabung, misalnya untuk biaya sekolah anak, uang belanja bulanan, atau untuk tujuan – tujuan keuangan lainnya Jadi, kita tidak perlu membuka rekening lagi seperti pada bank konvensional.

6. Bebas biaya transfer antar bank dan e-wallet

Nah ini juga yang menjadi salah satu daya tarik bank digital, yakni bebas biaya transfer antar bank dan top up saldo e-wallet. Namun, bebas biaya transfer ini tidak berarti unlimited ya, karena pihak bank mempunyai limit maksimal jumlah transaksi dalam sebulan dan ini tentu saja juga bisa berbeda – beda untuk setiap bank. Daripada tidak ada sama sekali masih bisa dibilang layanan ini cukup oke lah.

7. Mendukung otomatisasi

Tidak dipungkiri terkadang kita mempunyai banyak bills atau tagihan yang harus dibayar setiap bulan nya sampai – sampai kita kewalahan dan sering lupa. Nah dengan fitur yang dimiliki bank digital, kita bisa juga loh setting waktu pembayaran tagihan kita sehingga saat hari H nya tiba, semua tagihan bisa dibayar otomatis oleh sistem dengan catatan kita harus memastikan sebelum jatuh tempo pembayaran saldo di rekening utama kita mencukupi.

Nah itulah beberapa poin alasan mengapa kita patut mempertimbangkan untuk mencoba layanan bank digital. Mungkin saat ini bank digital masih belum sebesar bank konvensional ya, namun melihat tren di masa depan sepertinya bank digital akan banyak digunakan dan diminati. Jadi, tidak ada ruginya selain mempunyai rekening bank konvensional, kita juga mempunyai satu rekening bank digital untuk diversifikasi.

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Dari segala kemudahan ini, ada satu yang masih kuragukan: keamanannya. Jadi sampai sekarang kumasih memercayakan sebagian besar tabungan di bank konvensional. Terus sedikit sisanya baru deh taruh di bank digital untuk bayar-bayar tagihan listrik dan pulsa, atau kadang buat belanja e-book di google play books hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, buat jaga2 jangan semua disimpan di satu tempat ya :)

      Hapus

Popular