SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Wajib Coba, Resep Olahan Bayam ala Korea Ini Sukses Bikin Nagih !

Korean spinach side dishes (sumber : maangchi.com)

Bayam adalah jenis sayuran berdaun hijau yang dalam masyarakat kita di Indonesia memang sudah sangat akrab dengan menu hidangan sehari – hari ya, rasa – rasanya setiap rumah tangga pasti pernah memasak sayur bayam ini dalam menu masakan rumahan nya. Biasanya yang paling umum adalah bayam diolah menjadi sayur bening dengan tambahan isian jagung dan disajikan dengan lauk pauk seperti tempe tahu goreng, ayam goreng dan jangan lupa pelengkap yang tidak boleh ketinggalan yaitu sambal. Disantap sesaat setelah dihidangkan dan masih hangat hmm rasanya pasti segar dan menggugah selera.

Walaupun kebanyakan orang mengolah bayam dengan menjadikan nya sayur kuah bening, namun banyak juga jenis olahan bayam yang lainnya seperti dibuat campuran salad sayur, campuran gado – gado, pecel, dibuat keripik bahkan dibuat green smoothie kalau untuk tren kekinian nya. Itu semua adalah contoh berbagai olahan bayam yang biasa kita temui dalam lokal keseharian kita.

Namun, di era globalisasi ini, di mana informasi bisa kita akses dari segala penjuru dunia, ternyata dalam hal masak – memasak pun kita juga bisa saling bertukar ide resep dan menu dengan orang – orang yang ada di belahan bumi yang lain, salah satunya ya olahan bayam yang sudah sangat akrab dalam hidup kita ini dan  negara yang mempunyai resep olahan bayam yang simple, enak dan bikin nagih ini salah satunya adalah Korea.

Yes, beriringan dengan makin booming nya budaya Kpop yang juga sudah melanda negeri ini, salah satu atribut budaya yang juga ikut masuk adalah tren makanan nya. Bisa kita lihat banyak sekali masyarakat kita sekarang yang sudah familiar dengan menu – menu masakan korea dan banyak juga loh yang menggemari, mungkin karena root atau akar ras nya masih sama – sama Asia ya, jadi selera makanan nya pun juga masih terbilang cukup mirip.

Nah, salah satu resep msakan simple olahan bayam ala Korea kali ini sepertinya juga wajib kita coba, karena selain sangat simple rasanya juga sangat enak dan bisa disajikan kapan saja, namanya Korean spinach side dishes atau  Sigeumchi-namul . Tanpa panjag lebar lagi berikut resep nya :

Bahan :

1 – 2 ikat bayam (banyaknya bayam disesuaikan saja dengan selera saja ya)

1 sdt kecap asin

1 siung bawang putih

1 sdt minyak wijen

Biji wijen secukupnya (opsional)

Note : banyaknya kecap asin, minyak wijen maupn bawnag putih bisa disesuaikan dengan selera ya


Cara membuat :

  1. Rebus bayam kurang lebih 2 - 3 menit setelah itu angkat dan masukkan bayam ke dalam wadah yang sudah diisi air dingin atau air es. Tujuan nya supaya bayam tetap terlihat hijau segar dan tekstur nya renyah.
  2. Setelah bayam dirasa sudah tidak terlalu panas, selanjutnya kita angkat dan peras air nya sampai tiris lalu kita iris menjadi beberapa bagian kecil.
  3. Selanjutnya masukkan bayam yang sudah di iris tadi ke dalam mangkok atau mixing bowl.
  4. Lalu kita siapkan bawang putih, kupas dan cincang kasar lalu masukkan ke dalam mangkok yang berisi bayam disusul dengan kecap asin dan minyak wijen.
  5. Selanjutnya kita aduk semua bumbu tadi dan juga bayam menggunakan tangan agar semua menyatu.
  6. Setelah dirasa sudah menyatu, kita tes rasa, bila masih kurang sesuai boleh ditambahkan kecap asin atau minyak wijen lagi.
  7. Selesai, hidangan side dish bayam ala Korea bisa langsung disajikan di atas piring saji dan taburi dengan biji wijen di atas nya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Tidak butuh waktu alma untuk menyiapkan bahan dan mengolahnya karnea bahan – bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan. Selain itu olahan bayam ini juga sangat sehat karena kita merebus bayam tidak terlalu matang sehingga terjaga kandungan nutrisi nya.

Olahan bayam ini bisa kita makan sebagai side dish atau makanan pelengkap maupun sebagai sayuran utama ditemani lauk – pauk dan sambal, dijamin pasti akan memebrikan pengalaman dan rasa yang baru dalam mengolah bayam kali ini.


Sumber : https://www.maangchi.com/recipe/sigumchi-namul

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Mbaaa langsung aku screen shot resep nya, kasih ke asisten. Selama ini biseen banget kalo bayam mentok2 cuma di rebus, atau bobor. Ini jadi kebayang pasti seger sih, apalagi Diksh minyak wijen. Ciri khas Korea banget, bikin menu2 jadi wangi aromanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. asli mba, pas tau ini dan nyoba emang suka banget... jadi andalah sekarang malah, makan sayur jadi antusias dan happy :)

      Hapus

Popular