SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Lakukan 5 Hal Ini Saat Produk Skincare yang Dicoba Tidak Kunjung Berhasil

Ilustrasi by Pexels

Merawat kesehatan kulit wajah adalah hal yang harus kita perhatikan dan menjadikan nya rutinitas dalam keseharian kita, mengapa ? karena dengan merawat wajah secara konsisten dan ditunjang dengan produk yang bekerja dengan baik di kulit kita tentu akan membuat wajah kita semakin sehat, bersih dan tentu saja glowing.

Namun, tidak semua orang mempunyai pengalaman yang manis dengan kulit wajahnya, di luaran sana banyak kita temukan terutama para wanita yang mengeluhkan kondisi kulit wajah nya yang dinilai kurang cerah, banyak bekas jerawat, sering merah – merah, minyak yang berlebihan dan tentu masih banyak lagi problem – problem kulit wajah yang seolah – olah datang lagi dan datang lagi.

Sebenarnya apa yang salah ya dengan produk yang kita pakai ? kalau dilihat dari review nya, hampir mayoritas pengguna produk tersebut merasa cocok dan menunjukkan hasil yang signifikan di kulit, rating di ecommerce tempat kita membeli juga bagus, harganya pun mahal yang berarti harusnya worth it dong, tapi mengapa di kulit kita kok kesna nya biasa saja ya ?

Hey, yang namanya produk skincare itu sangat unik, mereka dibuat memang berdasarkan jenis kulit dan bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan kulit kita, namun bukan berarti jaminan PASTI berhasilnya, bayangkan para dermatologi itu harus bisa membuat racikan formula untuk tipe kulit jutaan manusia di muka bumi ini yang sidik jari nya saja berbeda satu dengan yang lain, otomatis produk yang dihasilkan pun tidak bisa di klaim berhasil 100% di semua kulit manusia, itu hal paling utama yang harus kita tanamkan pada diri kita agar kita tidak mudah kecewa dengan produk skincare nya.

Lalu bagaimana cara mencari produk yang benar – benar bekerja untuk kulit kita ? rasanya lelah harus gonta – ganti produk skincare terus, bukan nya membaik yang ada kulit makin iritasi karena tidak cocok terus. Well kalu sudah begini apa yang harus kita lakukan ya ?

1. Beri jeda untuk bebas dari skincare

Apakah kita pernah mengalami sakit yang mengharuskan kita tidur rebahan sepanjang hari dan jarang tersentuh air ? jangankan merawat wajah atau sekedar cuci muka, mandi saja tidak. Namun, coba perhatikan, saat kita sakit dan jarang mengutak atik wajah ternyata justru wajah kita tidak bermasalah maupun rewel, kita baru menyadari saat kita suduaah mulai sembuh dan mulai “ingat” untuk mencuci muka bahwasanya wajah kita ternyata fine – fine saja. Belajar dari pengalaman ini tidak ada salahnya saat wajah kita sedang di puncak masalahnya yang harus kita lakukan hanyalah memberinya jeda, membiarkan nya untuk healing sendiri dengan tidak memakai skincare dan cukup mencuci wajah saja dengan air selama beberapa hari dengan tujuan untuk menetralkan dan menormalkan kembali kondisi asli kulit wajah kita dan teknik ini juga yang selalu saya lakukan saat wajah saya sudah mulai bermasalah karena salah treatment atau produk.

2.  Beralih ke skincare yang paling plain

Apa maksudnya? maksudnya adalah saat kita sudah hampir menyerah mengapa produk skincare yang kita coba tidak kunjung berhasil, mungkin kita bisa mempertimbangkan untuk beralih ke produk skincare yang murni atau plain, yang biasanya komposisinya banyak mengandung klaim “NO” di deskripsinya, contoh nya skincare yang mengandung no oil, no perfume or fragrance, no SLS, no paraben, no alcohol, no colorant dan mungkin masih banyak “NO” yang lain nya. Semakin sedikit campuran atau bahan tambahan di dalam skincare otomatis semakin kecil juga peluang nya untuk membuat kulit kita iritasi dan rusak.

3.  Skip dulu pemakaian produk di luar basic skincare

Tidak bisa dipungkiri terkadang hasrat ingin kulit cerah dan glowing secepatnya membuat kita kalap mencoba dan memakai produk – produk seperti serum, essence dan kawan – kawan nya yang sifatnya untuk enhance, produk tersebut memang bagus namun terkadang kita terlalu fokus dan menanggap produk itu adalah one stop solution nya sehingga kita kurang seimbang dalam pemakaian nya bersama rangkaian basic skincare yang lain. Saat wajah mengalami kondisi yang sedang tidak baik – baik saja, hal yang pertama harus kta lakukan adalah stop dulu pemakaian semua produk tambahan itu dan konsisten dalam beberapa waktu hanya menggunakan basic skincare saja

4.  Menyederhanakan rangkaian skincare

Masih berlanjut dari poin nomor 3 di atas, adakalanya kulit kita tidak suka bila mereka dihajar terlalu banyak produk dan kimia sehingga rusaklah benteng pertahanan atau skin barrier nya. Mengikuti trend layering berbagai jenis skincare memang terlihat seru dan menyenangkan namun tidak semua kulit bisa menerima nya. Saat kita sudah sadar bahwa sebenarnya kulit kita tidak mampu, maka jangan memaksakan diri mengikuti trend yang ada, tetaplah setia kepada standar step skincare dasar yang tidak pernah gagal yakni 3 rangkaian face wash, toner dan moisturizer.

5.  Jadi diri sendiri

Dunia skincare memang banyak sekali godaan nya, mulai dari produknya, influencer nya, iklan  di media – media dan juga berita kekinian yang tidak ada habisnya. Menjadi diri sendiri dalam ramainya infomasi sangat penting supaya kita tetap waspada dan tidak mudah goyah dengan hadirnya produk atau influencer baru. Kenali kulit kita sendiri, cobalah untuk jangan terlalu mengikuti apa kata orang lain, mencari saran dan masukan boleh – boleh saja asal disesuaikan kembali dengan kondisi kulit kita.

Bagi yang sedang berjuang merawat kulit supaya kembali ke kondisi  normal, mana dari 5 poin di atas yang sduah dilakukan ? 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular