SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

7 Ide Menu Sarapan Praktis dan Anti Ribet, Dijamin Suka !

Ilustrasi by Pexels


Pagi adalah waktu yang sangat krusial bagi kita untuk memulai aktifitas sehari – hari, tidak jarang bagaimana mood di pagi hari biasanya sangat berdampak pada bagaimana kita menjalani kegiatan selama seharian penuh nantinya.

Salah satu hal yang sangat penting yang tidak boleh terlewatkan dan bisa dikatakan sangat bisa mempengaruhi mood adalah sarapan. Sarapan memang sepertinya dianggap remeh karena nyatanya tidak semua orang mempunyai rutinitas sarapan yang disiplin, entah karena alasan tidak ada waktu, merasa terlalu kenyang setelah sarapan dan akhirnya mual atau karena malas saja dan menganggap tidak terlalu penting. Padahal sarapan itu sangat penting loh untuk memberikan energi dan tenaga di pagi hari, bayangkan bila kita berangkat kerja atau anak – anak kita berangkat ke sekolah tanpa sarapan, maka yang ada tidak lama setelah sampai di kantor atau di sekolah kita akan merasakan lemas dan lapar sehingga akan sangat mengganggu konsentrasi dan aktifitas pada jam – jam itu.

Biasanya orang yang melewatkan sarapan dan alasan yang sering diutarakan adalah karena setelah sarapan justru merasa mengantuk atau mual. Well, kalau seperti itu sebenarnya bukan salah sarapan nya namun makanan atau menu apa yang dimakan berapa banyak porsi yang dikonsumsi untuk sarapan, itulah yang menyebabkan kita merasa kekenyangan dan akhirnya berakhir mengantuk alih – alih yang seharusnya segar dan semangat.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut dan sekaligus memulai mendisiplinkan diri untuk sarapan, mungkin 7 ide menu sarapan ini bisa dicoba, karena selain pas dan tidak terlalu mengenyangkan juga sangat mudah dan tidak butuh waktu lama untuk menyiapkan nya :

1. Oatmeal dengan toping buah

Semangkuk oatmeal (Pexels.com/Keegan Evans)

Mau sarapan yang cepat namun juga sehat? kita bisa loh mencoba membuat oatmeal dengan toping buah – buahan di atas nya. Oatmeal sendiri terbuat dari gandum utuh yang sangat bagus untuk tubuh karena kandungan serat nya. Asupan serat yang cukup ini juga bisa memberikan rasa kenyang yang tidak berlebihan loh. Kita bisa membuat Oatmeal yang banyak dijual di pasaran hanya dengan menyeduhnya dengan air panas atau susu hangat (untuk varian instan) atau bisa juga memasaknya di dalam air mendidih untuk yang varian raw oatmeal. Sedangkan untuk toping bisa kita tambahkan buah – buahan seperti pisang, apel, strawberry atau buah – buahan lain yang kita suka dan jangan lupa supaya lebih mantap bisa juga ditambahkan madu di atasnya.

2. Pancake

pancakes (Pexels.com/Ksenia Chernaya)


Kalau yang satu ini pasti sudah snagat umum ya, pancake atau panekuk memang menjadi menu sarapan yang tidak pernah gagal karena selain praktis dan mudah membuatnya, pancake ini juga enak dan digemari oleh segala usia. Kita bisa membuat pancake dengan racikan bahan sendiri yang ada di dapur kita mulai dari tepung terigu, susu, telur dan gula (bila ingin adonan yang manis) atau bila tidak mau repot meracik adonan kita juga bisa membeli tepung pancake yang sudah jadi dan siap pakai di swalayan atau minimarket, dijamin sangat mudah karena hanya menambah air saja dan jaminan berhasil, tidak perlu lagi telur atau bahan pendukung lainnya dan untuk urusan rasa, jangan khawatir, tepung pancake ini rasanya mirip sekali dengan pancake – pancake yang dijual di resto – resto loh, apalagi bila dimakan dengan toping es krim atau sirup maple, dijamin nagih.

3. Olahan roti tawar

sandwich (Pexles.com/Vitaly)

Siapa yang tidak pernah memakan roti tawar? rasanya hampir semua orang pernah memakan nya ya. Roti tawar juga menjadi salah satu ide menu sarapan yang cepat dan bisa dikreasikan dengan berbagai macam ide, sebut saja roti panggang atau toast, sandwich, roti gulung dan banyak lagi ragam olahan roti tawar yang bisa kita manfaatkan untuk menu sarapan harian kita. kalau mau yang lebih classic dan no effort ya hanya tinggal dioles mentega dan ditaburi meses atau selai saja sudah jadi deh sarapan praktis kita.

4. Mashed potato dan telur rebus

mashed potato (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Kentang sudah tidak asing lagi dan mungkin sudah menjadi stok harian di dapur. Kentang juga bisa kita olah untuk menu sarapan praktis dengan membuatnya menjadi mashed potato atau kentang tumbuk. Caranya muda sekali, hanya dengan merebus kentang sampai lunak lalu kita hancurkan sampai lembut dan diberi bumbu untuk menambah cita rasa dan terakhir jangan lupa tambahkan toping telur rebus untuk melengkapi gizi kita di pagi hari. Mungkin untuk resep mashed potato rumahan bisa kita share di lain kesempatan ya.

5. Omelet

omelete (Pexels.com/Nussarus Thuantongkhum)

Omelet juga tidak kalah mudah dan cepat dalam pembuatan nya, kita hanya butuh telur dan isian nya saja dan voila, tinggal dimasak di penggorengan dan jadi deh omelet telur sebagai menu sarapan kita. Bila telur saja dirasa kurang kenyang dan ingin cita rasa lokal, kita juga bisa membuat omelet mie seperti di warung – warung mie untuk menu sarapan kita.

6. Sereal

sereal (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau ini sih jangan ditanya ya, mulai dari anak – anak sampai orang dewasa suka dengan sereal karena selain praktis tinggal menambahkan susu saja, rasanya juga beraneka ragam mulai dari coklat, buah – buahan dan madu, selain itu bahan nya juga beragam mulai dari gandum maupun berbahan dasar jagung (corn flakes), tinggal disesuaikan saja dengan selera kita.

7. Buah – buahan (mix fruit)

fruit bowl (Pexels.com/Marti Pardo)

Bagi beberapa orang terutama para vegan, sarapan dengan mix fruit juga sudah cukup memberi energi. Kita hanya perlu menyiapkan beragam potongan buah – buahan dalam satu mangkuk dan tinggal menyantapnya saja. Kita bisa memilih buah – buahan yang cukup mengenyangkan seperti pisang, alpukat dan mengkombinasikan nya dengan buah – buahan lain seperti apel, melon dll. Hindari buah – rasanya terlalu masam karena bisa menyebabkan mulas bila dkonsumsi di pagi hari saat perut masih kosong.

Jadi, dari ketujuh ide menu sarapan di atas mana yang pernah atau menajdi favorit bahkan menu sarapan harian kita? kalau di budaya masyarakat Indonesia memang sarapan biasanya makan makanan berat ya seperti nasi dan lauk pauk lengkap, bila perut kita oke dan tidak ada keluhan begah atau kekenyangan sih tidak masalah, namun bila kita merasa terlalu kenyang namun ingin sarapan dengan nasi dan lauk ya bisa – bisa saja namun porsinya yang harus dikurangi. Terlepas dari itu semua, sarapan apa saja boleh asal tidak berlebihan dan usahakan jangan dilewatkan karena sarapan penting untuk menunjang aktifitas di pagi hari kita.



Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular