SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Alasan Mengapa Ibu Rumah Tangga Harus Melek Finansial

Ilustrasi by Pexels

Menjadi seorang ibu, terlepas dari apakah kita ibu bekerja atau full time ibu rumah tangga memang bukanlah tugas yang bsia dibilang ringan karena keduanya sama – sama mempunyai tantangan nya masing – masing. Saat kita berada di dalam rumah, maka semua atribut yang kita kenakan di luar sana akan langsung hilang dan kita kembali menjadi sornag ibu, istri dan wanita yang menginginkan kondisi rumah dan keluarga kita aman dan nyaman. Itulah mengapa sesibuk – sibuknya kita, pasti tidak akan pernah lepas sedetik pun memikirkan bagaimana rumah, bagaimana anak – anak, bagaimana suami dan lain sebagainya karena memang itu sudah menjadi insting ya bagi kita kaum wanita.

Pun demikian dalam hal keuangan rumah tangga, sebagian besar wanita akan berubah fokus dan persepsinya mengenai uang setelah menikah, mengapa? Karena setelah menikah para wanita otomatis akan lebih memprioritaskan kebutuhan dan kepentingan keluarga dibandingkan dengan kebutuhan pribadinya seperti saat masih lajang. Hal ini sudah menjadi nature nya karena sifat wanita yang mengayomi dan selalu menginginkan yang terbaik untuk keluarga terutama anak – anak nya.

Berawal dari hal tersebut, maka peran wanita di dalam keluarga tentu sangat krusial, terutama dalam hal finansial, mengapa? Karena dalam kehidupan berkeluarga bisa dikatakan semua hal berkaitan dengan finansial karena untuk mejalankan roda kehiduan keluarga tentu butuh support dan bahan bakar dari sisi finansial sehingga di era sekarang ini, kita sebagai ibu rumah tangga juga dituntut untuk bisa mengimbangi kecepatan informasi dan dinamika hidup agar kita senantiasa selaras dengan perubahan zaman dan pentingnya melek finansial sangat menunjang untuk keberlangsungan hidup keluarga kita.

Bila kita masih ragu mengapa ibu rumah tangga harus dan wajib melek finansial, berikut alasan nya :

1. Mengamankan urusan domestik

Seorang  ibu rumah tangga yang sudah paham denagn literasi keuangan, maka dalam mengatur keuangan domestik dan operasional rumah tangga akan lebih terencana dan juga terprinci. Tidak akan ada lagi pertanyaan kok uangnya sudah habis? kemana uang nya dihabiskan? Karena kita sudah mempunyai catatan perencanaan jauh sebelum kita membelanjakan uang.

2. Memastkan dana pendidikan anak terpenuhi

Sebagai seorang ibu yang sudah mempunyai anak tentu yang paling kita inginkan adalah anak – anak kita bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang baik terlepas dari kemampuan finansial kita masing – masing ya. Dengan kita melek finansial, maka kita akan bisa mengatur dan merencanakan dana pendidikan anak kita jauh – jauh hari bahkan saat mereka masih bayi, sehingga saat anak memasuki usai sekolah, kita sebagai orang tua sudah tenang karena tahu sudah ada dana yang disiapkan, jadi fokus nya hanya pada pemilihan sekolah yang sesuai dengan kriteria dan budget nya.

3. Menyiapkan mimipi masa depan keluarga

Selain urusna domestik dna dana pendidikan anak, tentu  sebagai keluarga kita juga mempunyai mimpi – mimpi bersama seperti ingin mempunyai rumah tinggal sendiri, ingin pergi liburan atau mimpi – mimpi lain di luar kebutuhan primer kita.Hal itu sah – sah saja dan sangat manusiawi, maka untuk bisa mewujudkan nya dibutuhkan skill pengaturan keuangan yang mumpuni agar kita bisa menyiapkan strategi untuk mewujudkan mimpi – mimpi itu asalkan kebutuhan utama nya sudah aman ya.

4. Akomodir kebutuhan anggota keluarga

Selain kebutuhan keluarga secara umum, setiap anggta keluarga juga mempunyai kebutuhan pribadinya juga loh, bagaimanapun juga ayah, ibu dan anak masing – masing juga mempunyai biaya personal sendiri dan ini yang terkadang sering terlewat. Saat kita sebagai ibu sudah melek finansial, maka kebutuhan – kebutuhan yang seperti ini tentu bisa kita antisipasi dan kelola dengan baik supaya tidak berbenturan dengan pos atau anggaran yang lain.

5. Preventif segala kemungkinan

Yang terakhir pentingnya sebagai ibu rumah tangga untuk melek finansial adalah bahwa kita tidak prnah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, good things bad thing might happen. Maka dari itu,  kita perlu menyisihkan alokasi anggaran untuk menghadapi saat – saat yang mungkin tidak diharapkan kehadiran nya sehingga dengan mempunyai bekal finansial yang cukup kita bisa melewatinya dengan mudah.

Itulah kurang lebih alasan mengapa ibu rumah tangga harus melek finansial  karena ternyata selain kebutuhan pokok sandang, pangan dan papan,  banyak juga ya kebutuhan – kebutuhan lain yang harus dipenuhi, meskipun tidak sekarang namun pasti kita akan mengeluarkan uang untuk kebutuhan tersebut saat waktunya tiba. Dengan menjadi aware akan pentingnya mengasah skill finansial, maka kita bisa lebih jernih dan terarah dalam mengatur keuangan demi tujuan – tujuan besar keluarga kita. Jangan pesimis dulu dengan banyak sedikitnya pendapatan keluarga, karena bila dlandasi dengan ilmu finansial yang bagus, kita sebagai ibu rumah tangga tidak akan kehabisan cara kok untuk mengakalinya, hehe.

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular