SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tips Menjaga Rumah Tetap Rapi Saat Kita Mempunyai Balita

Ilustrasi beres - beres rumah (Pexels.com)

Setiap orang menginginkan kondisi rumah yang rapi, bersih dan nyaman untuk ditinggali, terlepas dari karakter dan kebiasaan setiap orang yang memang brbeda – beda ya untuk bisa menciptakan hunian yang nyaman. Tak terkecuali dengan para ibu rumah tangga yang setiap hari selalu memastikan selain anggota keluarga terurus dengan baik, juga bagaimana menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah sebagai tempat tinggal dan juga tempat kita banyak menghabiskan waktu di dalam nya.

Namun akan beda cerita bila kita mempunyai anak yang masih todlers atau balita yang sedang aktif – aktif nya, jangankan merapikan rumah, untuk bisa rutin membersihkan saja rasanya sudah pencapaian yang luar biasa memuaskan ya. Kita semua tahu bahwa memang tidak mudah mengatur dan merawat rumah di saat yang bersamaan dengan adanya balita  karena masa – masa balita adalah masa di mana anak sednag aktif –aktif nya bermain dan mengeksplor hal baru dalam hidupnya sehingga pemandangan mainan yang berceceran di mana – mana, tembok yang dicoret – coret, makanan atau remahan biskuit yang  berceceran maupun buku – buku yang entah tiba- tiba ada di kolong kursi atau di dapur adalah pemandangan yang mungkin lazim didapati di dalam rumah – rumah keluarga yang mempunyai balita. 

Tak heran terkadang saat ada orang yang bertamu ke rumah kita, sedikit banyak kita juga akan merasa tidak enak dan malu dengan pemandangan sekeliling rumah yang berantakan, meskipun beberapa orang juga bisa memaklumi bila kita mempunyai balita .

Namun jangan khawatir mom, setiap ibu juga pasti tidak ingin rumahnya kotor dan berantakan apalagi membiarkan keadaan tersebut dengan alasan anak sebagai excuse bukan? kita juga ingin agar anak – anak kita tetap bisa bermain dengan leluasa namun rumah juga masih bisa dikondisikan, yah minimal tidak terlalu berantakan sangat lah atau ada waktu – waktu di mana kita masih bisa menikmati suasana rumah yang tenang dan nyaman.

Berikut ini kiat yang bisa kita coba saat kita mempunyai balita namun juga ingin rumah tetap terawat, bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut :

Buat playground khusus untuk anak

Bila kita mempunyai kanar atau sudut ruangan yang tidak terpakai, kita bisa menyulapnya menjadi arena playground atau tempat bermain anak – anak kita, tujuan nya supaya mereka tahu bahwa area bermain mereka di tempat itu. Jadi, kita bisa menaruh semua mainan, buku, alat tulis dan boneka di area tersebut sehingga saat mereka ingin bermain atau sekedar menggambar mereka tahu harus kemana.

Fasilitasi anak dengan buku gambar

Tentu akan sangat tidak nyaman ya saat anak sudah mulai suka mencoret – coret kan krayon mereka ke dinding ruang tamu atau kamar. Nah, di sini kita bisa memberikan mereka buku gambar polos ataupun buku mewarnai untuk menyalurkan minat dan bakat anak dalam urusan menggambar dan bereskplorasi dengan warna. Jadi, kita tidak melarang anak corat coret, hanya saja kita mengarahkan mereka untuk menggunakn media buku, bukan nya tembok rumah yang sudah kita cat sedemikian rupa, hehe.

Ajari anak membereskan mainan setelah bermain

Mungkin step ini agak susah bila anak kita masih di kisaaran usia 2 – 3 tahuann, karena anak – anak usia ini cenderung masih suka semaunya, jangankan kita ajari membereskan mainan, justru mereka sangat senang dan merasa secure saat mainannya berserakan di mana – mana, tidak jarang kan kita mengalami anak yang menangis atau rewel saat mainan nya dibereskan? Jadi, saran ini lebih mudah kita lakukan saat anak – anak kita sudah agak lebih besar ya.

Bereskan mainan anak saat mereka sudah tidur

Bila anak – anak marah ketika mainannya dibereskan di jam – jam mereka belum tidur, maka kita bisa membereskan mainan mereka saat mereka sudah tidur, baik di malam hari maupun keesokan pagi nya sebelum mereka bangun bila kita sendiri juga sudah sangat lelah untuk beres – beres di malam hari.

Buat jadwal membersihkan rumah

Terkadang ada baiknya juga loh kita membuat jadwal untuk memebrsihkan rumah secara rutin, dengan begini kita tidak akan kerepotan dan menunggu rumah sangat kotor atau berantakan baru kita bersihkan. Membuat jadwal rutin membersihkan rumah akan tetap menjaga rumah kita bersih dan nyaman, serta meringankan kita dalam membersihkan dan merapikan nya karena sudah dilakukan secara rutin.

Nah itu dia kurang lebih trik dan cara supaya kita tetap bisa maintain rumah dan balita kita. Mempunyai balita bukan berarti kita sama sekali tidak punya waktu untuk beberes rumah loh, kalau kita jeli dan bisa mengakali tetap bisa kok kita mempunyai rumah yang nyaman dan rapi. Justru saat kita punya balita dan membiarkan rumah tidak terurus, maka anak kita nanti akan terbiasa berada di tempat yang berantakan, tentu kita tidak mau kan hal itu terjadi. Yuk semangat beres – beres rumah.

  

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular