SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Sering Terlewatkan, Ini 8 List Budget Tahunan yang Harus Kita Siapkan

Ilustrasi by Freepik

Tentu kita semua sudah sangat paham dan bahkan hafal di luar kepala betapa penting nya membuat budgeting atau anggaran rumah tangga bulanan, karena selain agar cashflow kita bisa lebih terawasi, hal yang tidak kalah penting nya adalah menjaga agar pengeluaran kita terkontrol dan tidak lebih besar daripada pemasukan sehingga kita tidak harus pusing dengan drama – drama belum juga akhir bulan namun prsediaan uang sudah menipis.

Mungkin banyak juga dari kita yang sudah menerapkan atau mencoba membenahi keuangan keluarga dengan rutin membuat budgeting bulanan, namun ternyata ada yang tidak kalah penting dari budgeting bulanan loh dan seringkali hal ini membuat kita mengeluarkan uang yang terkesan mendadak dan tidak direncanakan, apakah itu ? dia adalah biaya tahunan atau yang baisa dikenal dengan istilah annual fee.

Apakah semua orang harus mempunyai anggaran untuk biaya tahunan ini? jawaban nya tergantung tingkat kebutuhan dan gaya hidup setiap pribadi atau keluarga, namun bisa dipastikan hampir mayoritas orang pasti mengeluarkan anggaran tahunan ini. Apa saja sih anggaran tahunan yang biasa kita keluarkan dan sering luput direncanakan? yuk simak berikut ini 

1.   Biaya sewa rumah tahunan

Bagi yang masih menyewa rumah atau kontrak, pasti tahu bahwa setiap tuan rumah mempunyai aturan pembayaran nya masing – masing, ada yang dibayar tahunan maupun bulanan, namun untuk tipe sewa berupa rumah utuh atau rumah keluarga (bukan petakan atau kamar – kamar) biasanya pemilik akan meminta penyewa untuk membayar uang sewa full selama setahun ke depan  sehingga otomatis kita sebagai penyewa harus mempersiapkan uang besar di awal. Nah, kita bisa menyiasati pembayaran di tahun beirkutnya dengan mulai mencicil setiap bulan nya di tahun yang sedang berjalan sehingga saat tiba waktunya membayar kita sudah menyiapkan nya jauh - jauh hari.

2.   Biaya PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Bagi kita yang sudah mempunyai rumah pribadi tidak lantas kita bebas dari biaya – biaya, bahkan setelah KPR lunas pun masih ada loh biaya tahunan atas rumah kepemilikan kita, yakni biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). PBB ini dibayarkans setahun sekali dan besaran biaya ini tentu berbeda – beda ya tergantung lokasi dan tipe rumah nya. Namun, tidak ada salahnya loh bila kita bisa mencicil setiap bulan nya agar tidak terlalu berat atau bahkan lupa saat waktu pembayaran nya tiba.

3.  Biaya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Bisa dipastikan di zaman sekarang ini hampir semua orang baik pribadi maupun rumah tangga memiliki yang namanya kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor. Kepemilikan kendaraan ini juga mengharuskan kita untuk membayar biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang juga dibayarkan setiap tahun. Besar nominal pajak nya biasanya mengikuti tipe dan tahun keluaran nya, semakin terkini keluaran kendaraan kita, nominal pajak juga semakin besar bila dibandingkan tipe atau keluaran lama.

4.   Annual fee sekolah anak

Biaya pendidikan juga tidak hanya sebatas uang pangkal, uang seragam, uang buku maupun spp saja, setelah semua itu dipenuhi jangan lupa juga masih ada biaya tahunan sekolah anak yang harus dikeluarkan saat musim kenaikan kelas, biasanya juga tidak jauh dari biaya – biaya buku, uang kegiatan tahunan dll. Jadi, memeprsiapkan jauh – jauh hari tentu sangat membantu supaya kita sebagai orang tua juga tenang karena sudah ada dana cadangan nya.

5.   Kegaamaan

Tidak bisa dipungkiri kegiatan dan perayaan kegamaan juga sedikit banyak membutuhkan biaya, seperti misalnya qurban, zakat fitrah saat ramadhan, belum lagi acara mudik, membagi angpao dll. Alangkah baiknya bila kita sudah prepare berapa budget yang kita anggarkan untuk hari besar kegamaan dan menyiapkan dana nya dengan cara menabung setiap bulan seusai jumlah target, atau opsi lain bisa menggunakan uang THR (Tunjangan Hari Raya) untuk dialokasikan sebagai penopang biaya saat merayakan hari raya kegamaan, mengenai berapa prosentase jumlahnya dan detail yang lain semua bisa kita seusaikan dengan kebutuhan dan peferensi kita masing – masing ya.

6.  Kesehatan

Beberapa orang rutin melakukan kunjungan ke dokter gigi 1 – 2 kali setahun dan juga melakukan medical chekckup berkala setahun sekali. Bila kita termasuk golongan ini, tidak ada salahnya menyiapkan budget nya supaya bisa terlaksana setiap tahun nya.

7.   Perayaan tahunan (ulang tahun, anniversary)

Ada juga tipe orang yang tidak bisa bila tidak merayakan hari ulang tahun dirinya atau orang – orang terdekatnya karena sudah menjadi tradisi, begitupun dengan anniversary bersama pasangan, sah – sah saja karena ini opsional ya dan memang sangat tergantung dari masing – amsing individu. Bila kita termasuk tipe yang ini, maka supaya budget kita tidak boncos karena setiap tahun merayakan, alangkah baiknya kita juga sudah mempersiapkannya jauh – jauh hari sehingga saat hari H nya tiba kita sudah well prepared.

8.  Subscription dan lain – lain yang sifatnya harus dibayar tahunan.

Pembayaran untuk berlangganan seperti TV kabel, layanan streaming berbayar, Gym, domain web atau mungkin biaya tahunan kartu kredit juga bisa kita mulai siapkan dengan cara menabung sedikit demi sedikit setiap bulan nya agar tidak kelabakan saat tagihan sudah sampai di depan mata.

Nah, dari kedelapan poin di atas, tentu bila kita cermati lagi tidak sedikit ya ternyata biaya tahunan yang harus kita keluarkan, walaupun beberapa poin bagi sebagian orang masih belum berada di taraf yang harus atau urgent, namun untuk biaya – biaya seperti tempat tinggal, kendaraan dan sekolah anak adalah beberapa contoh biaya tahunan yang tidak bisa untuk tidak dibayar karena sifatnya wajib dan  hampir semua orang yang sudah berkeluarga juga dipastikan mengeluarkan annual fee ini setiap tahun nya.

Tidak ada salahnya kita mulai mencatat dan mengumpulkan apa saja biaya tahunan keluarga kita dan ketika sudah mendapat nominal angka nya, barulah kita bisa lebih realistis dalam  melakukan budgeting dan perencanaan untuk pemenuhan nya sehingga tidak ada lagi acara bongkar membongkar tabungan dan investasi karena kita lupa bahwa ada biaya – biaya tahunan yang harus dibayar.

 

Terima kasih sudah berkunjung.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular