SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

#Sharing : Skincare Lokal Organik yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ilustrasi by Freepik

Halo, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita dan pengalaman saya saat mencari rangkaian skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Pengalaman ini saya dapatkan saat dua tahun lalu saya dinyatakan hamil, saat itu juga saya langsung searching searching tentang dampak pemakaian skincare untuk ibu hamil dan segala hal yang berkaitan dengan skincare dan kehamilan. Beberapa yang saya baca berpendapat bahwa saat hamil kita benar – benar harus no skincare at all, yah paling tidak masih oke lah untuk mencuci muka dengan sabun cuci muka, namun tidak dianjurkan untuk mengoleskan atau memakai rentetan krim dan kawan – kawan nya demi keamanan janin, hmm pada saat membaca itu sontak saya langsung cemas dong, ah masa iya sampe segitunya ? benar – benar se berbahaya itukah ? dan di sisi lain saya tipikal orang yang tidak bisa kalau tidak memakai skincare, skincare sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari – hari saya, hehe.

Akhirnya saya menemukan pendapat lain yang lebih moderat, yang ini masih memperbolehkan ibu hamil dan menyusui untk tetap memakai rangkaian skincare, namun ada beberapa zat atau bahan dalam skincare yang memang harus dihindari seperti salicylic acid, retinol, AHA, BHA dan zat – zat yang sifatnya aktif untuk mengurangi dampak yang bisa ditimbulkan terhadap janin dalam kandungan, wah saat membaca pendapat kedua ini tentu saya seperti mendapat angin segar dong dan otomatis saya langsung berpihak kepada pendapat ini, hehe karena pada saat itu saya berpikir ah bisa diatur lah nanti, tinggal kita beli produk yang tidak mengandung bahan yang disebutkan di atas, beres deh, kita masih bisa ber skincare ria.

Pengalaman mencari produk yang cocok

Setelah saya tahu apa – apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam memakai skincare saat kondisi hamil dan menyusui, saya langsung mengecek skincare  saya, mana yang sekiranya lolos fit and proper test dan mana yang harus dicari substitute nya. Saat melakukan nya saya juga mencermati bahan – bahan kandungan apa yang ada di dalam nya dan mencari tahu dampak bahan ini dalam jangka panjang dan apakah ada pengaruhnya untuk kehamilan. Jujur walaupun saya tidak bisa lepas seratus persen dari skincare, namun agak seram juga kalau kandungan bahan skincare yang saya gunakan berbahaya untuk calon bayi, tetap kepentingan dan keselamatan anak lah yang menang.

Ahirnya saya sudah mulai yakin dengan produk yang akan saya gunakan, namun saat melihat review produknya untuk kehamilan, lagi – lagi saya dibingungkan dengan banyaknya pendapat yang simpang siur meng klaim aman atau tidak nya untuk ibu hamil dan menyusui, sampai – sampai saya chat layanan pelanggan nya untuk memastikan bahwa produk yang akan saya gunakan ini benar – benar aman, tidak hanya klaim semata untuk tujuan marketing.

Apakah akhirnya saya mantab dan berlanjut menggunakan nya ? sayangs sekali tidak, saya masih ragu dan masih mencari – cari alternatif atau skincare yang benar - benar aman karena saat saya telusuri di website nya, mereka tidak secara lugas dan gamblang berani menyatakan bahwa produk mereka aman untuk ibu hamil dan menyusui, maka dari itulah saya masih ragu – ragu.

Menemukan skincare organik dan aman untuk ibu hamil dan menyusui

Saya terus googling dan searching tentang skincare yang aman digunakan untuk ibu hamil dan akhirnya saya sampai pada pembahasan tentang skincare organik. Awalnya saya kurang familiar dengan apa itu skincare organik ? dan ternyata skincare organik adalah produk perawatan kulit yang dibuat dari bahan – bahan alami dan biasanya terbuat dari tumbuh – tumbuhan, tidak ada unsur hewani sama sekali bahkan tidak dilakukan uji coba terhadap hewan, selain itu skincare organik ini juga cocok untuk mereka yang vegan karena memang semua unsurnya pure hayati, less chemical dan yang paling membuat saya suka adalah tidak menggunakan paraben karena seperti kita tahu, paraben ini sampai  sekarnag masih menjadi pro dan cons penggunaan nya sebagai bahan pengawet dalam skincare, jadi saat ada klaim produk skincare organik yang no paraben tentu saya semakin antusias karena akhirnya kecemasan saya terjawab.

Setelah tahu mengenai konsep skincare organik dan kandungan nya yang sangat aman, langkah selanjutnya tentu saja mencari produknya. Satu lagi fakta yang baru saya tahu setelah hamil adalah bahwa ternyata skincare ini juga ada bahkan banyak yang dikeluarkan oleh brand – brand lokal loh, awlanya saya mengira kalau skincare organik ini pasti kleluaran brand luar negeri tapi ternyata saya salah, banyak juga brand dalam negeri yang ternyata sudah mulai concern dengan konsep green beauty sehingga kita tidak perlu khawatir dan susah – susah mencari referensi.

Lalu produk apa yang akhirnya saya pilih ? nah ini dia part yang ditunggu – tunggu, setelah me review dan menelusuri satu per satu official website nya, dan dari pertimbangan kualitas, background company, harga dan varian produknya akhirnya pilihan saya jatuh kepada produk keluaran merk Sensatia Botanicals, produk organik dari brand lokal yang berasal dari Bali.

sumber : sensatia.com

Keunggulan produk Sensatia Botanicals

Entah mengapa saat saya landing pada website nya Sensatia ini saya langsung jatuh hati, selain tampilan yang beda, produk Sensatia ini mempunyai banyak ragam dan varian produk skincare yang bisa dibilang sangat komplit karena dari beberapa brand yang saya cek, terkadang mereka tidak mempunyai salah satu jenis produk atau hanya mengeluarkan jenis produk tertentu saja, sedangkan Sensatia, mereka mempunyai varian produk yang lengkap mulai dari rangkaian basic skincare (baik untuk semua jenis kulut maupun jenis kulit tertentu seperti kombinasi, sensitive, acne prone, normal dan kering) sampai dengan essence, serum, masker dan printilan lain nya mereka punya. Bahkan selain produk skincare mereka juga mempunyai produk hair and body care bahkan fragrance, pokoknya komplit.

Salah satu yang membuat saya yakin mencoba produk ini adalah tidak lain tidak bukan karena produk ini menajwab semua kegelisahan saya tentang skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui karena di setiap deskripsi produknya, mereka akan me labeling produknya dengan klaim pregnancy safe, breastfeed safe, no paraben, no mineral oil, cruelty free dan klaim – klaim lain yang membuat kita semua para ibu hamil dan menyusui serta penggiat vegan dan pecinta lingkungan akan merasa aman saat memakai produk ini.

sumber : sensatia.com

Oh iya,klaim dan labeling ini juga bukan hanya sekedar gimmick belaka atau strategi marketing ya karena brand ini juga sudah mempunyai ijin BPOM, sertifikasi halal dan sertifikasi GMP (Good Manufacturing Product). Jadi, secara kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pengalaman selama memakai produk Sensatia Botanicals

Bagaiman kesan saya selama memakai produk ini ? well, selama hamil dan menyusui memakai produk ini saya merasa cocok – cocok saja, tidak ada keluhan ataupun purging, sama sekali tidak ada. Saya memilih rangkaian basic skincare untuk tipe kulit kombinasi karena tipe kulit saya yang cenderung berminyak. Untuk facial wash nya adalah tipikal sabun cuci muka yang tidak banyak busa karena produk ini tidak mengandung SLS, sedangkan untuk toner dan pelembabnya semua bekerja dengan baik di kulit saya. Salah satu yang saya notice adalah si pelembabnya yang dengan pemakaian teratur membuat kulit kita menjadi lebih bersih dan memudarkan noda bekas jerawat. Untuk tekstur nya sendiri sangat light dan cepat meresap sehingga tidak ada kesan berat dan lengket. Yang membuat khas produk dari Sensatia ini adalah wangi nya, karena jujur wanginya sepeti wangi rempah jamu dan cukup kuat ya di awal pemakaian, namun lama – lama akan memudar, tapi ini bukan tipe wangi yang membuat enek atau keleyengan jadi tidak perlu khawatir. Bila dilihat di rating online shop hampir semua produk mendapat rating yang bagus bahkan mendekati sempurna karena memang sebagus itu. Tapi entah kenapa ya produk yang bagus seperti ini jarang terekspose dan tidak se viral atau se hype produk skincare yang lain, padahal produk ini worth to try banget.

Apakah saya masih memakainya ? jujur saya memakai rangkaian lengkap produk ini hanya saat hamil dan menyusui saja, untuk produk face wash nya  masih saya pakai sampai sekarang karena saya tipe yang susah cocok dengan face wash sehingga saat menemukan produk ini dan cocok ya saya teruskan saja. Produk skincare yang lain saya mix and match sesuai kebutuhan kulit.

Untuk rentang harga bisa di cek di official store nya ya, baik di website maupun di ecommerce. Kisaran harga untuk skincarenya sendiri berada di rentang harga 100 - 200 ribuan, memang agak lumayan ya untuk harga satu produk, namun dilihat dari kandungan dan track record nya ya wajar juga kalau dibanderol dengan harga segitu.

Sekian sharing kali ini, jadi bagaimana ? adakah yang membaca tulisan ini yang sedang hamil atau menyusui yang ingin mencoba ? paling tidak semoga bisa menjadi referensi ya saat nanti berada pada momen harus mencari skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.


Terima kasih sudah berkunjung :)

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular