SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tips Memilih Kapas untuk Aplikasi Skincare Sehari – hari

Ilustrasi by Pexels

Membahas skincare memang tidak ada habisnya ya, rasanya ada saja yang bisa dikulik dari salah satu rutinitas yang tidak pernah membuat bosan ini. Skincare memang tidak hanya sekedar tren atau ikut – ikutan saja, namun sudah menjadi kebutuhan karena sudah banyaknya orang yang sadar pentingnya merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Berbicara skincare tentu tidak bisa lepas dari yang namanya tool kit atau alat penunjang dalam pengaplikasian nya. Meskipun overall kita hanya perlu mengunakan jari jemari untuk mengaplikasikan nya ke kulit wajah, namun beberapa produk skincare tetap memerlukan alat bantu dan memang akan bekeja lebih baik bila digunakan bersamaan dengan tools tersebut.

Salah satu tools yang sudah sangat akrab kita gunakan adalah kapas. Biasanya kita memerlukan bantuan kapas untuk mengaplikasikan toner yang tekstur nya cair, meskipun beberapa produk toner juga bisa diapliaksikan langsung dengan telapak tangan, namun pengguanan kapas ini masih banyak dilakukan karena selain untuk menyegarkan, penggunaan kapas untuk toner ini juga bertujuan untuk mengangkat residu kotoran yang mungkin masih  tersisa sedikit setelah mencuci muka dengan sabun, sehingga tak ayal refleks pertama yang kita lakukan sesaat setelah mengoleskan kapas yang sudah dibubuhi toner adalah langsung melihat si permukaan kapas untuk memastikan apakah kapas nya kotor atau bersih, bila bersih berarti proses cleansing kita sudah sempurna namun bila masih kotor, biasanya kita akan mengusap – usap wajah kita lagi dengan toner sampai permukaan kapas nya bersih, hehe betul atau betul nih?

Melihat fungsi kapas yang ternyata juga tidak bisa di sepelekan, maka kita perlu mencari kapas dengan kualitas yang bagus untuk menunjang rutinitas skincare kita sehari hari. Banyaknya merk dan jenis kapas yang beredar di pasaran terkadang membuat kita bingung harus pilih yang mana. Nah, berikut adlaah tips memilih kapas yang bagus untuk aplikasi skincare kita :

1. Pilih kapas khusus kecantikan

Kapas memang banyak jenis dan bentuknya, namun tidak semua kapas bisa digunakan untuk aplikasi produk skincare dan kecantikan loh karena ada juga kapas yang memang khusus digunakan untuk tujuan medis. Maka dari itu penting untuk memastikan kapas yang akan kita gunakan adalah kapas yang memang ditujukan untuk kapas kecantikan.

2. Perhatikan komposisi bahan

Meksipun terlihat putih dan bersih, kapas juga bisa mengandung bahan kimia loh. Memperhatikan kandungan bahan juga sangat penting terutama bila kita memiliki jenis kulit yang sensitif. Pilihlah kapas dengan kandungan utama cotton murni, usahakan untuk menghindari produk yang mengandung banyak campuran bahan – bahan kimia.

3. Pilih tekstur yang kuat dan tidak mudah robek

Beberapa jenis kapas, ada yang mempunyai tekstur mudah robek dan ada juga yang kuat dan solid. Tentu kita pernah mengalami saat mengoleskan toner, di tengah jalan kapas sudah berhamburan kesana kemari karena mudah robek. Untuk itu pilihlah jenis kapas yang teksturnya padat dan solid sehingga saat kita usapkan ke wajah, bentuk kapas tidak berubah dan tidak mudah hancur saat terkena cairan.

4. Pilih tingkat ketebalan yang sesuai

Selain tekstur, kapas juga mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda – beda. Untuk pemakaian skincare harian, lebih baik kita gunakan kapas yang tidak terlalu tebal, mengapa? Selain kurang efektif, pemakaian kapas yang terlampau tebal juga akan menyerap sebagian besar cairan produk dan menguncinya di dalam sehingga porsi yang dioleskan ke wajah menjadi kurang maksimal. Jadi, gunakanlah kapas yang tidak terlalu tebal namun solid dan kuat, sehingag meskipun tipis namun saat dioleskan tidak mudah robek dan \yang terserap oleh kulit pun bisa maksimal.

5. Pertimbangkan merk yang terpercaya

Memang harga yang mahal terkadang juga bukan jaminan kualitas, namun mempertimbangkan untuk memilih produk yang sudah teruji dan punya jam terbang tinggi di pasaran juga tidak ada salahnya untuk menjaga keamanan dan kepastian mutu produk. Kita pasti sudah tahu mana merk – mrrk kapas yang sudah SNI dan juga aman. Bila sudah cocok maka tidak ada salahnya kita loyal dengan produk tersebut atau bila memang ingin mencoba produk baru, usahakan membeli dalam ukuran kecil nya ya untuk melihat cocok tidak nya produk saat diaplikasikan ke kulit kita.

Nah dari lima tips di atas, yang mana nih yang membuat kita terkadang suka lalai dalam memilih kapas? Mungkin kapas terlihat sepele ya, namun bila tidak ada kapas maka rutinitas skincare kita juga terasa kurang sreg dan maksimal. So, jangan salah pilih.

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular