SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Pilih Skincare All Skin Type atau Sesuai Jenis Kulit nih Bestie ?

Ilustrasi by Freepik

Beragam jenis skincare yang beredar di pasaran terkadang membuat kita bingung mau pilih yang mana, jangankan memilih basic skincare yang cocok di kulit, mempertimbangkan kira – kira skincare ini cocok atau tidak di kulit saja sudah bikin pusing ya, apalagi teori tentang jenis – jenis kulit yang harus dikenali, karena tidak jarang juga kita sendiri terkadang masih ragu kira – kira tipe kulit kita ini apa sih ? kok ya rasanya semua ciri – ciri permasalahan kulit pernah kita alami semua, ya jerawat, ya berminyak, ya terkadang kering dan kusam, jadi sebenarnya tipe kulit kita yang mana dan skincare jenis apa yang cocok untuk kita ?

Tenang, hal pertama yang harus kita pahami adalah bahwasanya kulit manusia itu adalah salah satu bagian dari organ tubuh kita yang memang tempat nya ada di tubuh paling luar, ya karena sesuai dengan fungsinya sebagai organ pelindung yang berada di garda terdepan. Karena kulit badan dan tubuh memang mempunyai karakteristik yang berbeda, jadi di sini kita hanya akan fokus pada kulit wajah saja ya.

Identifikasi jenis kulit wajah kita

Seperti yang sudah disinggung di atas, menentukan jenis kulit wajah kita apa itu memang gampang – gampang susah ya karena yang namanya organ berarti dia adalah sesuatu yang hidup, yang berkembang, mengalami proses dalam setiap perubahan dan menunjukkan respon terhadap rangsangan, maka bisa ditarik kesimpulan kalau tentu kulit kita juga akan sedikit banyak mengalami perubahan seiring berjalan nya waktu, baik itu karena faktor cuaca, iklim, hormon ataupun faktor usia. Sebagai contoh pernah kah kita merasa saat cuaca sedang terik dan sangat panas kulit kita bereaksi dengan banyak mengeluarkan minyak , kulit kita yang tadinya normal mendadak menjadi sangat berminyak atau saat kita berada di negara empat musim dan sedang berlangsung musim dingin, kulit kita pun juga akan menyesuaikan menjadi sedikit bahkan sangat kering karena cuaca dingin, nah itulah yang disebut kulit beradaptasi terhadap rangsangan dari faktor luar dari tubuh kita.

Lalu mengapa ada teori jenis – jenis kulit yang bermacam – maca itu kalau ternyata kulit kita berubah – ubah ? eits jangan salah, perubahan itu kan sifatnya temporary ya, tidak permanen, dan kulit berubah bila memang ada kondisi yang memicu dia untuk berubah dalam rangka menjaga kesimbangan kulit wajah kita. Bila tidak ada pengaruh massif dari luar dan bisa dikatakan kita berada di kondisi normal, ya kulit akan menunjukkan karakter aslinya, dan biasanya jenis kulit ini diidentifikasi berdasarkan ciri – ciri atau karakter yang paling dominan yang ditunjukkan di hampir sebagian besar hidup kita. Misalnya jenis kulit berminyak, dikatakan bahwa kita mempunyai jenis kulit berminyak karena kulit kita cenderung sensitif terhadap rangsangan sebum sehingga keliru treatment sedikit saja atau terlalu lama terkena sinar matahari maka akan bereaksi mengeluarkan minyak yang cenderung berlebih atau untuk jenis kulit yang sensitif, dikatakan kulit sensitif karena jenis kulit ini memberikan reaksi yang cepat, instan dan cenderung ke arah iritasi dan kemerahan saat tidak cocok terhadap kandungan atau bahan tertentu yang terdapat dalam skincare yang dipakai.

Pilih skincare sesuai jenis kulit atau semua jenis kulit ?

Nah, setelah mengetahui karakteristik kulit dan mungkin kita juga sudah bisa menetukan apa jenis kulit kita, langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan kira – kira mana yang lebih efektif ya ? menggunakan skincare sesuai jenis kulit kita atau untuk semua jenis kulit ?

Racikan skincare tentu sudah mengalami proses penelitian secara imliah dan menyasar masalah – masalah atau memang dirancang untuk mempertahankan kondisi kulit kita. Skincare yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu sangat efektif dalam mengatasi problem utama dan yang biasa menjadi keluhan si pemilik kulit, misalnya untuk kulit berminyak maka skincare yang khusus untuk kulit berminyak akan memfokuskan produknya pada kandungan untuk mengontrol sebum, untuk kulit berjerawat akan fokus pada antibacteri atau untuk kulit kering maka akan fokus pada bagaimana menjaga kadar kelembaban kulit sgar tidak kering. Tentu saat kita menemukan skincare yang pas dengan problem kulit kita penangana nya juga akan lebih maksimal. Jadi, bila kita memang sudah tahu benar jenis kulit kita apa maka sangat bagus bila kita menggunakan produk skincare yang sesuai jenis kulit.

Lalu bagaimana dengan kita – kita yang masih bingung dan sedang mencari jati diri kulit kita ? nah, mungkin ini juga salah satu tujuan dibuatnya skincare untuk semua jenis kulit, yakni memudahkan kita yang masih bingung dan galau dengan jenis kulit sendiri agar dapat menentukan dan memilih produk skincare yang tepat untuk kulit kita. Namanya juga skincare untul all skin type, sesuai dengan klaim nya maka produk ini memang dibuat dan ditujukan bagi semua jenis kulit. Kok bisa ? apakah nantinya tidak crash antara jenis kulit yang satu dengan yang lain ? nah di sini lah kelebihan skincare ini, karena ditujukan untuk semua jenis kulit maka dia hanya akan mengambil bahan – bahan yang gentle, yang less irritant dan juga basic ingredients yang aman untuk semua jenis kulit. Skincare ini tidak akan menambahkan ingredients yang macam – macam seperti yang biasa kita temukan untuk jenis kulit tertentu.

Skincare untuk semua jenis kulit ini juga menjadi solusi dan jawaban saat kita dilanda perubahan kulit yang membuat skincare andalan kita seolah tidak lagi bekerja dengan baik di kulit kita, selain itu bagi yang sedang mencari basic skincare, skincare jenis ini sangat bisa dijadikan referensi sehingga bisa lebih terseleksi lagi jangkauan skincare yang akan kita cari dan tidak dipusingkan lagi dengan beragam merk dan jenis yang beredar bebas di luaran sana karena jujur kalau kita tidak mempunyai pakem atau border saat mencari skincare, bisa – bisa kita tersesat dalam pencarian itu dan tidak membawa hasil apa – apa sehingga penting sekali untuk memberikan batasan – batasan.

Jadi pilih yang mana nih bestie ? lebih suka skincare yang sesuai jenis kulit atau untuk semua jenis kulit ? silahkan share di kolom komen ya.

Terima kasih sudah berkunjung

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Hallo Mak salam kenal.... Kalo saya sih milih sesuai kulit karena memang berminyak parah dan kalo salah milih produk malah bisa jadi timbul masalah kulit baru, biasanya jadi jerawatan. Saya memutuskan investasi sedikit ke SPKK buat menemukan produk yang sesuai dan nggak mubazir ke depannya.

    BalasHapus
  2. betul mak, kalau sudah tahu betul kulit kita gimana emang better sesuai kulit biar maksimal ya Mak kerja nya, salam kenal juga :)

    BalasHapus

Popular