SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Tips Berdamai dengan Hidup yang Sedang Dijalani

Ilustrasi by Pexels

Hidup di zaman yang serba modern, cepat dan connected antara satu orang dengan yang lain nya memang susah – susah gampang ya, saat kita ingin menjadi diri sendiri, rasanya ada saja hal – hal yang mengganggu pkiran kita dan membuat kita ujung – ujung nya takut dibilang tertinggal, takut dibilang tidak kekinian atau takut bahwa hidup kita di usia dan kondisi yang saat ini sedang kita jalani dicap gagal karena berdasarkan standar dan opini masyarakat sosial media, harusnya kita sudah mencapai ini itu dan lain – lain.

Well, belum apa – apa sudah langsung di gas ya dengan statement – statement di atas, hehe. Namun, memang bila kita cermati hal seperti ini sangatlah umum kuta temui, kebebasan berpendapat di sosial media menjadi sarana bagi banyak orang untuk mengeluarkan uneg - uneg nya dan karena kebebasan berpendapat ini juga diatur dalam undang – undang, namun di sisi lain kita tentu tidak bisa mengontrol pendapat yang bagaimana yang dibebaskan karena potensi hitam dan putih, baik dan buruk, salah dan benar itu pasti ada dan mereka saling beriringan.

Saat kita merasa feeling low dengan semua yang kita konsumsi dari sosial media dan kita merasa jauh tertinggal dari apa yang orang – orang katakan sebagai “ideal” di dunia maya, mari kita lihat hal – hal berikut ini yang mungkin bisa membuat kita merasa lebih baik dan sejenak melupakan dan stop overthinking kita :

1. Kelahiran kita

Kita lahir ke dunia ini saja sudah merupakan suatu mukjizat dan keajaiban. Untuk menjadi janin, sel telur harus diprebutkan oleh berjuta – juta sel sperma, jadi sebelum lahir saja kita harus berkompetisi untuk bisa hidup dan setelah kita hidup masa iya kita merasa sia – sia dan gagal? Hey, hidup masih panjang dan kita tidak tahu pasti ending nya akan seperti apa. Selalu ada harapan dan jangan pernah putus asa.

2. Tidak ada yang pasti dan kekal

Selama kita masih hidup di dunia, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Coba ingat,  pasti ada suatu masa dalam hidup kita di mana kita akhirnya bisa menengok ke masa itu dan berkata akirnya terlewati juga. Yap, dalam hidup ini semua kondisi dan peristiwa akan selalu berubah, tidak akan stuck dan diam di tempat karena hidup itu bergerak terus. Pun demikian saat kita sedang berada di fase yang tidak mengenakkan, sabar dan jalani sebaik mungkin yang kita bisa, percayalah bahwa suatu saat momen ini toh juga akan berakhir seperti yang sudah – sudah, hanya masalah waktu dan bagaimana cara kita menghadapinya yang membuat durasi lama atau tidak nya momen ini singgah.

3. Masa depan itu misteri

Sehebat – hebat nya seorang peramal, tetap mereka hanya bisa meramal, bukan memastikan seperti apa kejadian di masa yang akan datang pasti terjadi. Saat kita merasa jatuh dan masa depan terlihat suram, ingat kembali bahwa masa depan itu misteri dan banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Kita memang tidak akan tahu masa depan seperti apa tapi kita bisa meniatkan hal – hal yang baik dan berusaha semampu kita dengan tujuan membawa proyeksi masa depan kita ke arah yang juga baik. Itu semua adalah harapan dan usaha kita sebagai manusia, namun di saat semuanya tak berjalan sesuai rencana dan terkadang memang demikian, jangan berkecil hati, semesat dan Tuhan Maha Tahu apa yang terbaik untuk diri kita, tugas selanjutnya adalah sabar dan legowo menerima.

4. Live at the moment

Mungkin ini salah satu nasehat yang sering kita dengar namun juga sering kita lupakan, yakni hidup pada masa ini.  Kebanyakan dari kita menghabiskan energi dan pikiran kita untuk berandai – andai dan hidup dalam gambaran masa depan yang notabene belum terjadi dan melupakan hidup di detik ini, saat ini juga yang justru sekarang sedang terjadi dan kita alami. Take a deep breath

5. Hidup tanpa rasa takut

Saat jari saya mengetikkan kalimat di atas jujur saya langsung merasa goosebumps, karena sebenarnya akar dari semua kerumitan yang kita rasakan sebenarnya berasal dari rasa takut, takut untuk menjalani hidup yang tidak sesuai dengan harapan kita, takut hidup kita begini, begitu, dan takut akan hal – hal yang belum terjadi. Rasa takut memang bisa menjadi daya dorong kita untuk melakukan seuatu, namun jangan sampai rasa takut ini justru mendorong kita terlalu jauh dan membuat kita tidak tenang setiap hari. Hidup tanpa rsa takut adalah impian semua orang terlepas dari standar “seharusnya” yang dibuat oleh masyarakat, sungguh hidup tanpa rasa takut dan khawatir adalah kesadaran selanjutnya yang patut kita bangun.

Semoga kita semua tetap waras dan bisa berbahagia dengan hal – hal sederhana saat ini juga dalam hidup kita ya.


Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular