SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Weekly Menu, Trik Membuat Aktifitas Masak Memasak Lebih Efisien

Ilustrasi by Freepik

Pertanyaan mau masak apa ya hari ini ? atau mau masak apa ya besok ? terkadang memang membuat pusing ya dan tidak sedikit juga yang akhirnya kepikiran dan  stress kalau tidak segera menemukan jalan keluarnya. Memang, sepertinya aktifitas masak memasak ini terlihat simple, tinggal racik semua bahan dan eksekusi, jadi deh, kalau tidak bisa tinggal meniru demo masak yang ada banyak beredar di youtube, done.

Well, memang terlihat simple tapi kenyataan nya tidak se simple itu, terutama untuk para full time mom atau ibu rumah tangga pasti pernah mengalami yang namanya buntu ide mau masak apa, apalagi yang terbiasa memasak dadakan, masak hari ini baru dipikirkan pagi ini juga, wah bisa – bisa merusak mood pagi kita kalau tidak juga mendapatkan pencerahan.

Penyebab para Ibu buntu ide memasak

Ada masa nya di mana kita merasa stuck, memasak hanya berkutat pada menu itu – itu saja yang diulang – ulang yang menyebabkan bosan bahkan menjadi  malas sekali memasak. Wajar sih, karena namanya melakukan aktifitas yang diulang – ulang pasti akan bertemu dengan titik jenuh satu saat nanti, hanya masalah timing saja. Salah satu alasan mengapa kita terkadang mengalami kebuntuan ide memasak adalah karena referensi menu masakan kita yang terbatas, jadi kita hanya memasak di area itu – itu saja.  Selain menu yang terbatas, kita juga merasa anxious atau cemas dengan tuntutan yang kita buat kepada diri kita sendiri untuk selalu menyiapkan masakan yang perfect mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam sehingga kita menjadi kelelahan dan akhirnya pikiran tidak jernih dan tidak bisa lagi memikirkan ide –ide baru untuk menu masakan kita.

Kurangnya menajemen dalam mengatur menu juga salah satu penyebab yang paling utama mengapa kita stuck dan buntu ide, bayangkan bila setiap bangun tidur hal yang pertama kita pikirkan dan bingungkan adalah masak apa ya hari ini ? wah pasti sangat menyita waktu dan pikiran sekali ya, iya kalau langsung menemukan ide – ide brilian setiap paginya, bila tidak ? yah bingung sendiri deh akhirnya.

Pentingnya menajemen menu untuk memasak

Sebenarnya tidak hanya di dunia kerja atau dunia professional saja kita bisa membuat management kerja yang baik, hal yang sama juga bisa kita terapkan di dalam rumah tangga juga loh, salah satunya dalam urusan masak memasak ini. Untuk memudahkan kita menjalani hari – hari dan mengurangi stress yang tidak perlu, kita bisa membuat manajemen menu setiap minggu nya atau yang biasa diebut dengan istilah weekly menu. Jadi setiap awal minggu, kita menyediakan waktu khusus untuk membuat daftar menu apa saja yang akan kita masak setiap harinya selama seminggu ke depan dan diulang berkala setiap awal minggu, jadi hanya butuh waktu seminggu sekali saja kita membuat menu sehingga setiap harinya kita hanya perlu melihat daftar saja jadwal menu apa yang akan kita olah pada hari itu, problem solved and no more drama.

Namun, mengapa weekly menu ? mengapa tidak monthly menu supaya lebih ringkas sekalian ? well, kalau kita membuat monthly menu, waktu dan pikiran kita yang akan terkuras lebih untuk duduk dan membuat semua menu lengkap mulai dari sarapan hingga makan malam selama 30 hari, tentu secara mental kita akan cenderung down duluan membayangkan harus membuat menu makan 3 kali sehari selama 30 hari, wow, kalau kita kuat mental sih tidak masalah, yang menjadi masalah adalah saat kita lantas down duluan di awal dan terbayang bagaimana ribetnya harus membuat menu untuk 30 hari, yang ada malah menunnda – tunda dan akhirnya mengurungkan niat. 

Sedangkan bila kita membuat weekly menu, maka secara mental kita akan merasa tidak terlalu berat karena seminggu hanya 7 hari, berarti kita hanya perlu membuat menu untuk 7 hari di awal minggu, lebih realistis dan terjangkau dengan horizon pandang kita daripada harus membuat 30 hari, bayangkan berapa banyak decrease nya dari 30 hari menjadi 7 hari, sehingga saat melihat angka ini otomatis otak kita akan lebih cepat toleran dengan angka 7 hari ini.

Tips membuat weekly menu

Kalau bicara cara atau metode sebenarnya ini preferensi masing – masing orang ya, ada yang suka dengan detail, ada yang singkat padat dan jelas, semua murni kembali ke pribadi masing – masing, namun secara keseluruhan kita bisa memrtimbangkan pon – poin berikut dalam membuat weekly menu kita :

Tentukan media yang digunakan. Beberapa orang suka menggunakan spreadsheet atau excel dalam membuat jadwal, kita juga bisa menggunakan media ini untuk membuat jadwal weekly menu kita. Selain excel bisa juga menggunakan aplikasi note di hp atau bahkan menulis manual di atas kertas, bebas, apapun media nya carilah yang sesuai dan nyaman kita gunakan.

Alokasikan waktu khusus. Membuat menu itu menyenangkan saat kita mempunyai banyak ide dan inspirasi yang mengalir deras dan bisa membuat stress saat kita benar – benar buntu. Dengan mengaloaksikan waktu khusus untuk kita berkonsenstrasi menysun weekly menu maka kita akan membuat aktifitas ini berjalan lebih efisien.

Cari berbagai ide dan sumber. Memasak dengan menu itu – itu saja pasti bosan juga ya, di zaman serba canggih dan terbuka informasi ini kita bisa mendapatkan banyak sekali referensi dan ide menu masakan yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan, mulai dari Youtube, Instagram, Website dan bahkan banyak juga aplikasi khusus ide menu masakan yang bisa kita unduh di Playstore.

Jangan lupa buat daftar belanja. Setelah weeky menu kita jadi dan siap di eksekusi untuk seminggu ke dapan, jangan lupa dari list menu itu kita buat juga daftar belanjanya, bahan – bahan apa saja yang perlu dibeli untuk memasak menu – menu tersebut, jadi bisa kita kolaborasikan dengan weekly groceries atau daftar belanja mingguan untuk support si weekly menu ini.

Contoh membuat weekly menu simple di spreadsheet bisa kita buat seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Bagaimana? mudah sekali bukan? selain menghemat waktu dan tenaga, hal yang paling penting dengan adanya weekly menu ini adalah kita menjadi lebih tenang dan tidak bingung setiap hari bertanya pertanyaan yang sama,  masak apa ya hari ini ?

Terima kasih sudah berkunjung.

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular