SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Macam Saos yang Wajib Ada di Dapur, Jangan Sampai Kehabisan

Ilustrasi saos (Pexels.com/Felicity Tai)

Saos menjadi bagian dari bumbu maska yang bisa dibilang cukup penting keberadaan nya, selain memebrikan rasa yang sedap untuk masakan, saos juga bisa menjadi penolong kita di saat stok bahan dapur menipis karena dengan bermodalkan saos2 dan bumbu penyedap lain nya, kita sudah bisa membuat maskana yang super cepat, mudah dan juga enak tentunya.

Saos sendiri mempunyai jenis yang  bermacam – macam dan juga kegunaan yang berbeda – beda. Ada tipe saos yang memang untuk cocolan makanan ada juga saos yang khusus untuk campuran dalam proses memasak,jadi tidak semua saos bisa langsung dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Lalu, jenis saos apa saja sih yang wajib ada di dapur setiap rumah tangga ? yuk simak list nya berikut ini :

1. Saos sambal

Siapa yang tidak punya saos sambal di rumah? rasanya hampir tidak mungkin ya kita tidak menemukan jeni saos yang ini di rumah kita. Saos sambal adalah jenis saos yang wajib ada dan tidak bisa bila tidak langsung membeli atau nyetok bila sudah habis. Saos sambal ini multifungsi, bisa langsung dicocol dan dikonsumsi dengan makanan atau bisa juga menjadi campuran dalam proses memasak untuk memberikan rasa pedas, namun tidak semua masakan cocok dengan perpaduan rasa saos sambal ya, jadi harus dipilah – pilah juga mana jenis masakan yang cocok diberikan rasa pedas dengan saos sambal. Namun, saos sambal memang cenderung cocok untuk semua jenis makanan yang dicocol seperti aneka gorengan, kentang, dan jajanan asin lain nya. Tingkat kepedasan nya pun juga bermacam - macam untuk setiap produknya. 

2. Saos tomat

Saos tomat adalah gandengan dari saos sambal, cocok untuk jenis makanan yang dicocol dan juga bisa langsung dikonsumsi, Bila saos sambal memberikan rasa pedas, saos tomat tidak pedas sama sekali, jadi cocok bagi yang tidak suka pedas. Saos tomat juga cocok untuk campuran memasak terutama jenis tumisan asam manis, karena biasanya rasa asam nya berasal dari saos tomat.  Selain tumisan, saos tomat juga bisa digunakan untuk campuran masakan berkuah seperti sup asam manis maupun tomyam.Termasuk jenis yang fleksibel yah saos tomat ini. Oh iya, berbeda dengan saos sambal yang cenderung hampir sama untuk rasa dan kualitas rasa, untuk mendapatkan rasa dan kualitas saos tomat yang baik pilihlah saos dari merk yang sudah terbukti track record nya ya.

3. Saos tiram

Dibuat dari bahan dasar tiram, saos yang ini bisa dibilang saos wajib yang harus ada di setiap dapur rumah tangga, mengapa? Karena saos tiram ini adalah jenis saos yang cocok untuk hampir semua  masakan, terutama untuk tumisan. Aneka tumisan tidak akan pernah gagal bila kita tambahkan saos tiram di dalam nya. Bila tidak ada bumbu penyedap , cukup tambahkan garam dan saos tiram saja sudah membuat rasa tumisan enak loh. 

4. Kecap manis

Kecap manis adalah saos yang terbuat dari kacang kedelai dan citarasanya manis. Kecap manis juga hamir selalu bisa kita temukan di dapur setiap rumah karena kecap manis juga sering dijadikan bahan campuran dalam memasak.  Seperti namanya, kecap manis ini berfungsi untuk memberikan rasa manis pada masakan, bedanya apa dengan gula? karena terbuat dari kacang kedelai,jadi citarasa manis yang diberikan juga bukan hanya manis saja, namun juga ada sedikit gurih sedap nya. Kecap manis sangat cocok untuk tumisan maupun dibuat sambal.

5. Kecap asin

Meksipun sama – sama terbuat dari kedelai, namun kecap asin berlawanan dengan kecap manis. Tentu jenis saos yang ini fungsinya untuk memberikan citarasa asin. Sama halnya dengan kecap manis, jenis asin yang diberikan bukan asin plain seperti garam, namun asin yang juga ada sensasi gurih sedapnya sehingga sangat cocok untuk dijadikan tambahan pada masakan kita. Kecap asin juga sangat cocok untuk segala jenis tumisan maupun dijadikan tambahan penyedap untuk resep kuah bening yang simple.

Itulah lima macam saos yang wajib ada di dapur kita, meskipun kita tidak mempunyai banyak jenis saos – saosan yang pastinya sangat beragam sekali, baik dari kultur kuliner lokal maupun kuliner manca negara, namun cukup dengan mempunyai minimal lima jenis saos di atas sudah cukup membantu menyelamatkan rasa masakan yang kita buat. Kelima jenis saos tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah di minimarket terdekat maupun swalayan.  Khusus untuk kecap asin, biasanya yang paling enak dan sedap itu justru dari merk lokal loh, beda saja rasanya dengan merk – merk yang sudah familiar di pasaran. Bila ada  merk saos lokal untuk ke empat  lainnya yang worth to try? Silakan share di kolom komentar ya.

 

Terima kasih sudah berkunjung

 

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular