SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tips Memasak Nasi Porsi Kecil Menggunakan Magic Com

Nasi sudah menjadi makanan pokok kita sehari – hari sebagai orang Indonesia, sampai – sampai dikenal istilah kalau tidak makan nasi belum makan rasanya karena sebegitu melekatnya konsumsi nasi dalam kehidupan kita.Tidak bisa dipungkiri semua orang dari segala umur mengkonsumsi makanan pokok yang satu ini sampai dengan beberapa kali dalam sehari. Meskipun kita juga sudah dikenalkan dengan alternatif sumber karbohidrat lain selain nasi yang juga dengan porsi atau takaran yang pas juga mempunyai jumlah kalori yang sama dengan konsumsi nasi, tapi entah mengapa rasanya memang kurang sreg saja ya kalau bukan nasi karena mungkin dari dalam keluarga dan juga kebiasaan dari kecil yang memang sudah dikenalkan secara turun temurun dengan makanan pokok yang satu ini sehingga nasi tetap menjadi pilihan utama.

Hampir semua orang terutama para ibu di rumah sudah tidak asing lagi dengan aktifitas menanak nasi, mulai dari era kakek nenek kita yang masih menggunakan cara tradisional sampai dengan era modern sekarang ini yang sudah sangat simple, tinggal memasukkan nya saja ke dalam magic com, tunggu beberapa saat dan voila nasi sudah matang dan siap untuk disantap. Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh magic com dalam hal menanak nasi dan mempertahankan kualitas nya, ada juga beberapa kendala yang sering kita hadapi, salah satunya adalah banyaknya nasi yang harus dimasak.

Seperti yang kita semua tahu, memasak nasi dalam magic com biasanya ada batas takaran minimal nya , ada yang dua cup, tiga cup dan lain – lain nya sesuai instruksi bawaan masing – masing produk dan biasanya bila kita memasak di bawah jumlah minimal takaran maka nasi yang dihasilkan kurang maksimal dari segi tekstur maupun ketahanan,selain itu juga biasanya mudah menempel dan mengerak bila kita menggunakan mode warm untuk menjaga nasi tetap hangat karena tidak pas antara kuantitas nasi yang dihangatkan dengan media dan suhu nya.

Tips Memasak nasi porsi kecil di magic com

Memasak nasi dengan magic com bisa dilakukan tanpa kendala saat anggota keluarga kita banyak sehingga jumlah takaran dan porsi nasi yang kita masak juga pas dan sesuai dengan minimal takaran yang dianjurkan, namun bagaimana saat keluarga kita sedikit sehingga kita tidak butuh memasak nasi terlalu banyak?, bila masak banyak pun maka akan berakhir tidak termakan, dibirkan terlalu lama di magic com juga akan kering bahkan mengerak sehingga terpaksa dibuang, apakah ada  supaya kita tetap bisa memasak nasi di magic com namun dengan porsi kecil atau bahkan porsi sekali makan untuk keluarga? jawabnya tentu saja bisa, namun memang harus sedikit dimodifikasi cara memasak nasinya.

Oh iya sebelumnya disclaimer terlebih dahulu, tips ini bukan murni ide saya, saya juga mencari perihal cara memasak ini dari berbagai sumber mulai dari web searching sampai dengan nonton video di Youtube, jadi untuk para pembaca yang juga mempunyai masalah yang sama dan ingin tahu caranya, di sini saya ingin berbagi, barangkali ada juga yang baru tahu metode ini supaya kita sama – sama punya solusi. Oke, ini yang harus disiapkan dan cara memasak nya :

Alat dan bahan :

1. Magic com

2. Mangkuk tahan panas (bahan bisa apa saja yang penting tahan panas), ukuran bebas, menyesuaikan dengan jumlah nasi yang dimasak

3. Beras sesuai selera

4. Air untuk menanak nasi

5. Air untuk rendaman di magic com (kurang lebih 400 – 500 ml atau sesuai selera asal mangkuk bsia terendam dan tidak berlebihan)

Cara memasak :

1. Cuci beras , masukkan ke dalam mangkuk dan tambahkan air sampai dengan ruas jari atau sesuai takaran.

2. Siapkan magic com, isi dengan air.

3. Masukkan mangkuk yang berisi beras ke dalam magic com dan tekan tombol cooking di magic com.

4. Masak selama 30 menit.

5. Setelah 30 menit, matikan magic com (tidak perlu menunggu tombol jeglek ke posisi warm ya), tunggu beberapa saat sampai nasi matang sempurna.

6. Nasi siap dihidangkan.

Bagaimana ? sangat mudah sekali bukan ? cara di atas sangat efektif dan terbukti berhasil setelah saya mencobanya sendiri. Metode di atas juga sangat membantu bagi kita yang tinggal seorang dri dan ingin memasak nasi dalam porsi sekali makan supaya tidak terbuang sia –sia sehingga nasi yang disajikan pun tetap fresh. Untuk penggunaan mangkuk, memang betul bisa menggunakan bahan apa saja asal tahan panas, namun saya pribadi menggunakan bahan mangkuk keramik seperti mangkuk bakso, karena selain tahan panas, juga membuat nasi tidak lengket sehingga mudah untuk dibersihkan. Salah satu kelebihan metode ini juga kita sudah tidak perlu susah payah mencuci wadah magic com yang penuh dengan kerak nasi dan harus merendam lama untuk merontokkan nya, benar – benar less drama lah pokoknya.

Tertarik mencoba ? atau mungkin juga sudah tahu dengan cara ini ? yuk share di kolom komentar

 

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Wah dulu saya waktu tinggal sendiri, masak nasi ini yg kadang galau. Masak dikit cuma abis di kerak doang. Masak banyak siapa yang mau makan. Asyik ini pake cara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, bisa disesuaikan takaran nya, jadi gak kebuang deh :)

      Hapus
  2. Oalaaaah iya juga yaaa. Ga kepikir cara begini. Aku malah beli alat yg ukurannya kecil mba, biar cukup utk porsi personal 😂. Padahal harganya ga jauh beda Ama yg size gede. Next nya pake cara ini deh 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, silahkan dicoba mba, saya sekarang beralih ke metode ini dan dijamin berhasil kok asal pas takaran airnya ya

      Hapus

Popular