SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tips Saat Tabungan Investasi Terpaksa Digunakan, Harus Bagaimana ?


Pasca pandemi covid dua tahun lalu, kita semua tersadarkan bahwasanya penting sekali untuk mempunyai tabungan akrena ternyata kita tidak pernah tahu apa yang bisa menimpa kita dan juga kehidupan dalam skala besar seperti pandemi yang sudah kita rasakan bersama ini.

Sering dengan itu semua, kita juga mulai tersadar sedikit demi sedikit bahwa selain menabung ternyata ada juga instrumen yang lebih menguntungkan dan sangat membantu untuk mencapai tujuan – tujuan keuangan jangka panjang yakni investasi. Biasanya kita berinvestasi untuk hal – hal yang sifatnya jauh ke depan di mana kita mulai mencicil dan mempersiapkan nya mulai dari sekarang, seperti misalnya dana pendidikan anak maupun sampai dengan dana pensiun kita di masa tua nanti. 

Mengumpulkan dana pendidikan maupun dana pensiun yang rentang waktunya bisa belasan bahkan puluhan tahun tentu bukan perkara mudah ya, apalagi untuk bisa konsisten dan tidak mengutak – atik sama sekali dana tersebut. Namanya juga hidup, adakalanya kita dihadakan pada peristiwa – peristiwa yang membuat kita  tidak punya pilihan selain memanfaatkan apa yang ada dulu, yakni tabungan invetasi jangka panjang kita setelah dana darurat saja dirasa masih kurang mencukupi, yah meskipun idealnya tabungan investsi benar – benar tidak boleh diutak – atik sama sekali sampai waktu nya tiba, ternyata paraktik di lapangan tidak semudah dan semulus itu ya, apalagi bila memang uang nya ada dan daripada harus berhutang, tentu kita akan lebih memilih untuk menggunakan apa yang ada di dalam dulu sebelum melihat keluar.

Lantas, bagaimana dong kalau ternyata tabungan investasi kita terpaksa harus dipakai ? apa langkah selanjutnya yang harus kita ambil ? nah berikut beberapa poin yang bisa kita lakukan :

1. Melakukan rekap dana yang terpakai

Tentu tabungan investasi yang kita punya tidak hanya satu, karena tujuan jangka panjang bisa dikatakan beragam, sehingga tabungan kita juga menyesuaikan jenis dan jangka waktunya. Setelah kita menguras habis tabungan investasi, langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan rekap berapa dana yang kita pakai dari masing – masing pos investasi, ini harus jelas sehingga nantinya saat kita membayar hutang tabungan kita sendiri, kita tidak kehilangan angka dan tahu pasti berapa yang harus dikembalikan.

2. Mengisi kembali sesuai alokasi pos 

Misalnya kita memakai tabungan investasi dari semua pos yang kita punya, maka kita juga harus merencanakan untuk mengisi setiap pos sesuai jumlah yang kita ambil. Bisa dilakukan secara bersamaan atau serentak dengan cara mencicil dengan nominal yang sama, atau satu per satu dulu, semisal kita melunasi dulu hutang investasi kita pada pos dana pendidikan, setelah selesai kita lanjut mengisi pos dana pensiun  dilanjutkan pos – pos lain yang sudah kita gunakan.

3. Lakukan dengan cara mencicil

Bila kita harus langsung mengembalikan sesuai nominal dalam waktu singkat mungkin akan sangat berat ya, kecuali memang kita sudah punya dana nya. Bila belum ada, maka kita bisa mencicilnya setiap bulan sampai lunas sesuai nominal yang kita gunakan. Bila sudah lunas, tidak ada salahnya juga kita lanjutkan terus untuk menambah saldo tabungan investasi kita.

4. Jangan lupakan dana darurat

Mungkin saat menghadapi kondisi seperti ini yang pertama kita pikirkan adalah bagaimana supaya kita bisa cepat melunasi dan mengisi pos tabungan investasi sesuai jumlahnya semula sehingga kita tidak tertinggal dengan waktu , karena seperti yang kita tahu, selain besaran nominal yang kita investasikan, waktu juga mempunyai peranan penting dalam berinvestasi karena semakin lama waktu kita, maka semakin  mendekati pula nominal tujuan kita karena adanya compounding interest. Namun, dalam rangka mengisi pos tabungan invetasi, jangan lupa juga untuk membagi dengan mengisi pos dana darurat juga, hal ini untuk mencegah tabungan investasi kembali terpakai karena kita sudah punya alokasi dana darurat untuk dipakai saat kondisi darurat terjadi.

Itulah step by step yang bisa kita lakuakn saat tabungan investasi kita terpaksa harus dipakai. Tidak perlu sedih dan merasa bersalah berlarut - larut karena bagaimanapun juga menghindari hutang dan menggunakan segala yang kita punya untuk menghadapi kondisi sulit lebih diutamakan daripada kita harus pusing dengan tagihan hutang setelah kita berhasil melewatinya, ibaratnya keluar dari mulut singa malah masuk mulut buaya. Jadi, tetap berpikir jernih dan membuat perencanaan yang realistis serta menjalankan rencana yang sudah kita buat adalah langkah yang logis untuk membangun dan mengembalikan lagi tabungan invetstasi kita. It will take time dan itu tidak masalah, saat kita mendapatkan rezeki lebih kita bisa langsung melunasinya, bahkan menambah jumlah nya.

 

Terima kasih sudah berkunjunga

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular