SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Jenis Kacang – kacangan yang Bagus untuk Booster ASI

Mungkin tidak perlu diperdebatkan lagi kalau salah satu bahan alami yang bagus untuk booster ASI salah satunya adalah dari keluarga kacang – kacangan. Yap, kacang sudah tidak asing lagi, setiap hari kita mungkin secara tidak sadar mengkonsumsi kacang, mulai dalam bentuk kacang utuh, kacang yang sudah diolah menjadi bahan makanan, dalam bentuk snack, dibuat sambal dan beragam olahan berbahan dasar kacang yang memang adalah warisan kuliner turun temurun dari kakek nenek kita dahulu.

Kacang yang dalam bahasa latin masuk dalam famili Fabaceae  merupakan salah satu sumber protein nabati yang bagus untuk ibu menyusui (busui) karena di dalam kacang – kacangan terdapat banyak sumber zat besi, kalium maupun folat yang sudah kita semua tahu di mana folat ini berperan sangat penting bahkan dalam masa pembentukan janin.

Kacang sendiri mempunyai beragam jenis, bentuk dan ukuran dengan kandungan dan manfaat nya masing – masing. Untuk booster ASI sendiri, hampir semua kacang – kacangan sama bagusnya untuk dikonsumsi, namun dari sekian banyak jenis kacang, berikut adalah jenis kacang yang umum dikonsumsi untuk membantu melancarkan dan menambah produksi ASI di masa menyusui :

1. Kacang kedelai

Jenis kacang yang satu ini sudah sangat familiar dengan keseharian masayarakat Indonesia. Kacang kedelai bisa dikonsumsi langsung dengan cara direbus terlebih dahulu maupun dalam bentuk olahan nya seperti tahu dan tempe. Tentu kita semua sudah sering ya memakan tahu dan tempe? dua makanan ini seperti sudah menjadi bagian dari kuliner harian kita. Bila bosan dengan olahan tahu, tempe maupun direbus, kita juga bisa mengolah kacang kedelai ini menjadi minuman susu kedelai , rasanya sama – sama nikmat selain itu juga praktis kan tinggal diminum saja.

2. Kacang hijau

Siapa yang tidak suka kacang hijau? mulai dari dibuat minuman berupa sari kacang hijau, dijadikan bubur dengan kuah santan maupun dibuat tepung untuk menjadi bahan pembuat kue. Yap, kacang hijau juga sudah menjadi salah satu dari kacang – kacangan yang biasa masyarakat kita konsumsi. Dalam masa menyusui, tidak ada salahnya juga kita memasukkan kacang hijau sebagai tambahan asupan booster ASI kita, baik diolah dalam bentuk makanan maupun minuman.

3. Kacang tanah

Kacang tanah mungkin lebih familiar lagi ya, karena sambal kacang yang biasa kita cocol dengan aneka makanan terbuat dari jenis kacang ini. Selain dibuat sambal atau siraman salad, kacang tanah juga bisa kita konsumsi dengan cara direbus atau digoreng menjadi camilan kacang goreng. Oh iya, bila memang sedang susah mendapatkan kacang tanah atau malas untuk mengolahnya, kita juga bisa membelinya dalam kemasan jadi yang biasa dijual di pasaran, tapi ingat ya, beli yang masih utuh dengan kulitnya, jangan dalam bentuk kacang salut yang sudah dimodifikasi dengan aneka bentuk dan rasa untuk menjaga kualitas kandungan kacang tetap alami.

4. Kacang almond

Bila ketiga kacang di atas sangat familiar dan mudah ditemui di pasaran, berbeda dengan kacang almond yang memang target pasar nya bukan untuk semua orang, mengapa? hal ini bisa dimaklumi karena dari segi harga, kacang ini jauh lebih mahal dari kacang – kacangan pada umumnya. Almond sendiri sebenarnya bukan tanaman kacang asli Indonesia, melainkan dari daerah Timur Tengah dan biasa disebut kacang badam. Itulah mengapa harganya mahal, karena mungkin mendatangkan nya dengan import, juga bila ditanam di Indoneisa, mungkin dari sisi perawatannya juga berbeda dengan kacang yang memang asli Indonesia. Kacang almond memang tidak banyak dan mudah untuk didapatkan di pasaran, saya pribadi membeli secara online saat masih menyusui dulu. Namun, kacang almond ini memang bisa dikatakan yang paling manjur untuk urusan ASI booster disbanding jenis kacang lainnya karena selain menambah produksi ASI, juga membuat ASI menjadi lebih kental dan creamy menurut sumber yang saya baca. Selain dikonsumsi dalam bentuk aslinya, kacang almond juga bisa diolah menjadi susu almond, tidak heran bila banyak produk susu untuk ibu menyusui menggunakan almond sebagai bahan utama nya karena memang terbukti manfaatnya.

5. Kacang mede

Kacang mede yang berasal dari jambu monyet ini jufga masuk salah satu kacang premium setelah almond. Sama seperti kacang almond, tanaman ini juga bukan tanaman asli Indonesia melainkan dari negara Brazil. Kacang mede biasa dikosumsi dalam bentuk asli nya setelah digoreng atau dipanggang, namun kacang ini juga biasa dijadikan campuran di dalam produk coklat maupun taburan kue. Untuk produk minuman sendiri sepertinya belum ada ya yang dibuat dari kacang mede seperti halnya minuman yang dibuat dari almond, kedelai maupun kacang hijau. Namun, tidak ada salahnya memasukkan kacang ini ke dalam list makanan atau snack untuk booster ASI kita karena memang rasanya juga sangat enak.

Itulah lima jenis kacang – kacangan yang bisa kita konsumsi secara rutin untuk booster ASI selama masa menyusui. Mungkin setiap orang akan berbeda – beda ya dalam merespon makanan yang dikonsumsi, saya pribadi dari kelima kacang di atas, yang saya rasakan paling oke untuk produksi ASI saya adalah kacang almond, mungkin untuk ibu yang lain bisa jadi berbeda. So, yuk kita coba agar bisa tau yang mana yang work bagi tubuh kita.

 

Terima kasih sudah berkunjung

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular