SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Nggak Perlu Beli, Ini Resep Adonan Pancake Enak Tanpa Telur yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Ilustrasi pancake by Pexels.com/Pixabay

Halo, siapa yang hobi menyantap pancake sebagai salah satu menu sarapan sehari – hari di rumah
? karena selain enak, pilihan menu ini untuk sarapan juga sangat simple dalam membuat dan memasak nya, tinggal masak adonan pancake di atas wajan anti lengket, tunggu beberapa saat, bolak balik dan jadi deh, pancake siap untuk disantap dengan menambahkan aneka toping sesuai selera. Pancake juga memberikan rasa kenyang yang pas untuk ukuran sarapan sehingga tidak heran banyak orang yang mengidolaka menu ini untuk sarapan.

Sekarang ini juga sudah banyak loh dijual tepung adonan pancake mix siap jadi di pasaran, tidak perlu menambahkan telur atau susu cair, hanya ditambah dengan air saja, aduk – aduk dan adonan pancake siap dimasak. Untuk harganya sendiri bervariasi ya, tapi rata – rata sekitar 10rb an untuk sekali masak dan menghasilkan kurang lebih 5-6 adonan pancake ukuran standar bila kita memasaknya dengan takaran centong kecil. Namun, kalau dipikir –pikir lumayan juga ya kalau harus merogok kocek 10rb untuk satu kali adonan, itupun hasil nya tidak banyak, bila ingin lebih banyak lagi ya kita harus membeli beberapa bungkus adonan untuk menyesuaikan dengan jumlah yang kita inginkan.

Memang, tidak bisa dipungkiri adonan pancake yang sudah jadi mempunyai citarasa yang lebih enak dan adonan yang fluffy seperti pancake di resto atau café – café, jadi istilahnya anti gagal lah kalau pakai tepung siap pakai seperti ini. Namun, jangan salah, selain membeli tepung jadi kita juga bisa loh membuat sendiri adonan pancake di rumah dengan citarasa yang tidak kalah dengan tepung jadi yang dijual di pasaran dan rasanya juga mirip – mirip seperti pancake yang dijual di resto atau café.

penampakan hasil pancake buatan sendiri

Penasaran apa saja bahan – bahan dan bagaiamana cara membuatnya? oiya untuk takaran nya saya menggunakan takaran sendok ya untuk lebih memudahkan.

Bahan :

6-8 sdm tepung terigu protein sedang (all purpose)

2-3 sdm gula halus

1 sdm margarin yang dicairkan

125-150 ml susu cair tawar

½ sdt baking soda

½ sdt baking powder

½ sdt ekstrak vanilla

Centong untuk menakar adonan saat memasak (ukuran sesuai selera ya)

Cara membuat :

1. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah, agar adonan tidak menggumpal sebaiknya tepung terigu di ayak dulu ya.

2. Selanjutnya masukkan gula halus (sama, diayak dulu juga supaya tidak menggumpal)

3. Masukkan baking powder, baking soda dan  ekstrak vanilla, aduk sampai semua bahan tercampur.

4. Masukkan susu cair, aduk adonan.

5. Terakhir, masukkan margarin cair, aduk adonan sampai tidak ada yang menggumpal.

6. Adonan pancake sudah jadi, diamkan dulu kurang lebih 5 menit sebelum dimasak.

7. Setelah selesai, ambil adonan dengan centong, masukkan ke dalam wajan anti lengket.

8. Tunggu hingga adonan meletup-letup dan permukaan adonan berlubang, lalu balik adonan.

9. Tunggu beberapa saat, angkat dan pancake siap disajikan.

10. Ulangi langkah 7 sampai 9 di atas hingga adonan habis.

Itulah resep adonan pancake yang bisa kita buat sendiri di rumah, mudah bukan? bahan – bahan nya juga mudah untuk didapat. Awalnya saya juga sempat pesimis, ternyata setelah jadi dan dicoba, wow saya sangat suka dan puas dengan hasilnya. Tekstur nya pun lembut dan fluffy karena kita menambahkan baking soda dan baking powder ke dalam nya, Untuk tingkat rasa manis bisa disesuaikan menurut selera kita dengan menambah atau mengurangi takaran gula halus nya.

Tertarik untuk mencoba? Selain enak dan mudah, tentu membuat adonan sendiri di rumah juga lebih banyak menghemat daripada membeli tepung siap pakai, untuk urusan takaran dan jumlah pun bisa kita atur sesuka hati.

 

Terima kasih sudah berkunjung 

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular