SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Resep Tahu Susu Gurih dan Empuk, Bye Tahu Goreng Biasa


Seperti halnya tempe, tahu atau tofu juga merupakan salah satu olahan makanan yang berasal dari kedelai dan sangat familiar dalam kuliner mastarakat Indonesia. Tahu biasanya banyak dikonsumsi sebagai lauk, pelengkap, cemilan dan juga bahan masakan sehari – hari. Saking mendarah dagingnya tahu, sampai – sampai selalu ada list untuk membeli tahu dalam setiap momen belanja.

Selain rasanya yang enak, tahu merupakan salah satu sumber protein yang tinggi seperti halnya tempe. Bagi para vegetarian, tahu atau tofu ini menjadi pilihan sumber protein yang utama sebagai pengganti daging. Cara memasak tahu pun sangat beragam dan semakin kesini semakin banyak juga kreasi olahan makanan yang terbuat dari tahu. Mulai dari digoreng biasa, dijadikan bacem, dijadikan isian sayur dan masih banyak jenis dan ragam olahan produk lainnya.

Dari segi harga, tahu juga termasuk salah satu jenis lauk harian yang murah, hanya dengan lima ribu rupiah bahkan kurang kita sudah bisa mendapatkan beberapa potong tahu, coba bandingkan dengan produk hewani, baik daging maupun seafood,pasti kita harus merogoh kocek yang dalam untuk bisa membelinya. Sedangkan tahu, tidak ada rasa berat atau sayang saat membelinya karena harganya yang merakyat.

Berbicara olahan tahu, salah satu cara mengolah tahu yang paling mudah dan familiar adalah dengan cara digoreng, namun bila kita kurang tepat dalam memasaknya, bumbu tahu terkadang kurang meresap ke dalam, sehingga kulit luaran nya saja yang gurih namun dalam nya yang berwarna putih terkadang masih terasa hambar, hal ini karena biasanya kita membumbui tahu dengan mencelupkannya ke dalam bumbu racikan, baik instan maupun buatan sendiri, sehingga bumbu hanya menempel di permukaan saja.

Nah, kali ini ada cara membumbui tahu yang sangat mudah berbeda dengan tahu goreng pada umumnya, namanya tahu susu. Bila tahu goreng biasanya tekstur tahu terkadang masih padat, tahu susu ini berbeda, selain dari segi rasa lebih gurih dan meresap ke dalam, tekstur nya juga solid di luar namun lembut di dalam. Dijamin semua anggota keluarga pasti suka karena tahu yang diolah dengan cara ini rasanya lebih enak. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita lihat bahan dan cara pembuatan nya berikut ini :

Bahan :

Air

Tahu

Bawang putih

Garam

Penyedap rasa

1 sdt baking powder atau baking soda

Baskom

Cara membuat :

1. Cuci tahu sampai bersih dan tata ke dalam baskom.

2. Masukkan air secukupnya ke dalam panci.

3. Haluskan bawnag putih lalu masukkan ke dalam air.

4. Tambahkan garam dan penyedap rasa, takaran sesuai selera lalu aduk semuanya hingga tercampur.

5. Rebus air yang sudah dibumbui sampai mendidih.

6. Setelah mendidih matikan api, lalu tambahkan baking powder atau baking soda ke dalamnya, aduk merata.

7. Tuang air rebusan bumbu ke dalam baskom yang sudah berisi tahu, biarkan hingga dingin.

8. Setelah dingin, tahu bisa langsung digoreng atau disimpan di dalam kulkas.

Sangat mudah bukan ? bila ingin langsung dikonsumsi, usahakan tahu benar – benar sudah dingin ya, karena bila masih panas atau hangat langsung kita goreng maka tahu bisa hancur dan pecah karena fungsi baking powder / baking soda tadi untuk melembutkan tekstur tahu supaya tidak terlalu kenyal. Selain digoreng biasa, tahu susu juga bisa digunakan untuk aneka olahan tahu lainnya  dan pastinya lebih enak karena basic nya sudah gurih dengan rendaman bumbu tadi. Untuk takaran garam, bawang putih dan penyedap tidak ada patokan khusus ya karena sesuai dengan selera kita masing – masing, bila ingin lebih asin atau gurih tinggal dibanyakin saja garam dan penyedapnya dan untuk takaran air juga sesuaikan dengan jumlah tahu, yang penting tahunya terendam.

Oke itulah resep tahu susu yang dijamin enak dan anti gagal. Meskipun namanya tahu susu, tapi tidak ada susu dalam bahan - bahan nya, jadi aman untuk yang intolerant susu maupun vegan. Pengalaman makan tahu susu ini sungguh berbeda, dari yang rasanya begitu – begitu saja dan membosankan, entah kenapa dengan metode ini makan tahu rasanya jadi wah dan sejak tahu resep ini saya sudah tidak membumbui tahu dengan cara lama yang hanya dicelup – celup saja karena dengan merendam tahu dengan air bumbu mendidih rasa tahu menjadi lebih merata luar dalam.

Selamat mencoba !


Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular