SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

7 Cara Mengisi Liburan Akhir Tahun di Rumah Saja


Wah, tidak terasa sudah menjelang akhir tahun saja, biasanya liburan natal dan tahun baru ini banyak dimanfaatkan untuk pergi liburan bersama keluarga maupun kerabat. Apalagi setelah dilonggarkan nya PPKM dan sudah banyak tempat – tempat wisata yang buka secara fulltime, semakin menambah keinginan kita untuk cepat-cepat bisa berlibur ya.

Eits, bagi yang sudah mengalokasikan waktu, tenaga dan uang untuk liburan akhir tahun dari jauh-jauh hari mungkin saat ini adalah waktunya untuk eksekusi rencana, namun bagaimana yang tidak punya plan dan memang tidak berencana pergi liburan di musim liburan ini ? apakah kita tetap bisa fun hanya menghabiskan waktu di rumah saja? jawabnya tentu bisa, mengapa tidak? meskipun pergi liburan memang menyenangkan, namun stay at home atau di rumah saja juga bisa kok kita buat menyenangkan. Nah berikut rekomendasi kegiatan yang bisa kita lakukan bila tidak ada rencana pergi berlibur di momen libur akhir tahun ini:

1. Menonton film

Photo by JESHOOTS.com on Pexels.com

Memang menyenangkan pergi ke bioskop dan menonton film favorit kita, namun menonton film di rumah juga tidak kalah seru loh. Bagi yang mempunya mini home theater rasanya mudah – mudah saja ya menyulap rumah kita seperti bioskop, bagi yang tidak punya, tenang saja, menonton di layar desktop maupun di gadget juga tetap seru asal tidak lupa siapkan makanan dan minuman favorit kita untuk menemani menonton film ya.

2. Marathon drakor

Photo by Marko Klaric on Pexels.com

Bagi yang suka mengikuti serial series, terutama drama korea, boleh juga tuh kita marathon drakor, hehe. Biasanya serial drama korea butuh banyak waktu untuk bisa menghabiskan semua series nya, nah dengan adanya momen liburan ini kita jadi tidak merasa bersalah menghabiskan waktu menonton semua episode nya, tapi jangan lupa ya bereskan dulu kewajiban dan pekerjaan domestik rumah sebelum bersantai sambil nonton drakor, hehe.

3. Membaca buku yang sudah lama ada di wishlist

Photo by RF._.studio on Pexels.com

Siapa yang punya banyak judul buku dalam catatan wishlist atau to do list nya? yap, mumpung sedang liburan dan banyak waktu, bisa tuh kita manfaatkan untuk mulai merealisasikan wacana membaca buku-buku tersebut supaya tidak menumpuk hanya menjadi rencana saja, hehe.

4. Mencoba resep baru

Photo by cottonbro studio on Pexels.com

Mungkin banyak dari kita yang ingin mencoba resep-resep baru namun seringkali tidak ada waktu. Nah, mumpung libur dan banyak waktu mengapa tidak kita coba realisasikan deretan daftar menu yang ingin kita coba ? banyak nya waktu juga membuat kita bisa mencoba tidak hanya satu atau dua resep saja dan bila gagal dan harus recook juga tidak ada masalah karena kita punya resource waktu yang banyak karena kalau di hari biasa, rasanya agak enggan ya kalau harus recook berulang-ulang karena banyak agenda atau kegiatan lain yang harus dilakukan.

5. Melakukan permainan keluarga

Photo by Keira Burton on Pexels.com

Liburan hanya di rumah saja juga bisa seru kalau kita bisa memanfaatkan waktu untuk bermain bersama anggota keluarga lain. Pilihlah jenis permainan yang bisa dimainkan banyak orang seperti monopoli, kartu, bermain puzzle dan aneka permainan group lainnya, dijamin keseruan bersama ini akan membuat kita lupa waktu dan mengusir rasa bosan.

6. Berkebun

Photo by cottonbro studio on Pexels.com

Liburan juga bisa kita menfaatkan untuk mencoba kegiatan berkebun. Mungkin selama ini kita juga ingin mencoba kegiatan yang satu ini namun tidak juga kunjung kesampaian. So, momen liburan ini sepertinya waktu yang tepat untuk memulai mencoba berkebun. Berkebun sayur mayur, tanaman hias, buah maupun bunga sepertinya seru juga ya apalagi bila dilakukan bersama anggota keluarga yang lain. 

7. Declutter dan bersih-bersih rumah

Photo by 
Karolina Grabowska
 on Pexels.com
Well, mungkin bagi sebagian orang ide ini tidak terlalu menarik, tapi mumpung kita punya banyak waktu di hari libur, why not tidak kita manfaatkan untuk bersih-bersih dan beberes rumah massal? kita bisa mulai dari masing-masing area seperti ruang tamu, dapur, kamar pribadi dan area-area rumah lainnya untuk mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai sekaligus membersihkan area tersebut. Alhasil, setelah liburan usai rumah kita pun akan tampak lebih lega, bersih dan nyaman.

Itulah beberapa ide memanfaatkan momen liburan di rumah saja. Meskipun kita tidak bisa pergi berlibur jauh  karena alasan satu atau dua hal, namun kita tetap bisa membuat momen liburan ini menyenangkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan di atas sebagai contohnya. Atau bila ada ide lain supaya liburan di rumah saja tetap bisa fun, silahkan tambahkan di kolom komentar yaaa.

Selamat berlibur !


Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular