SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Memanfaatkan Waktu Luang di Tengah Kesibukan sebagai Ibu Rumah Tangga

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Menjadi ibu rumah tangga sebenarnya tidak melulu soal pekerjaan rumah, anak dan suami serta semua printilan tentang urusan domestik meskipun semua itu masih menempati porsi terbesar dalam skala prioritas kita, namun di luar jam – jam sibuk mengurusi urusan domestik, pasti ada waktu – waktu di mana semua nya sudah di selesaikan dan akhirnya kita bisa punya waktu luang atau me time. Meskipun, mungkin waktu luang ini juga agak tricky ya kalau kita  mempunyai anak yang masih berusia balita dan belum sekolah karena biasanya mereka akan meminta kita hadir dalam setiap waktu dan kegiatan yang mereka lakukan.

Kembali ke waktu luang, tidak bisa dipungkiri bahwa inilah waktu yang bisa dibilang sangat berharga dalam dunia ibu rumah tangga karena di waktu – waktu inilah kita bisa sejenak melepaskan title ibu dan istri dan kembali menjadi diri kita sendiri secara utuh. Pada waktu – waktu inilah biasanya kita akan mencoba mengulik kembali memori – memori dan apa – apa saja hal yang ingin kita lakukan yang biasanya sulit diwujudkan saat kita masih sibuk dalam peran sebagai ibu dan istri. Nah, di sinilah sebenarnya kita bisa banyak mengeksplore minat atau mungkin bakat terpendam kita yang siap untuk diasah dan ditampilkan lagi ke permukaan supaya kita tidak kehilangan koneksi dengan diri kita sendiri dan supaya hidup kita juga seimbang antara kewajiban dna juga aktualisasi diri (tentu saja in term of positif way ya, hehe).

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu luang atau me time ini, baik yang sifatnya produktif atau sekedar mencari hiburan, semua kembali ke diri kita. Mau melakukan sesuatu yang ada manfaat nya atau ingin menghibur diri dari penatnya aktifitas sehari – hari di rumah dengan memebrikan diri sendiri waktu “bersenang – senang”, semua juga kembali ke prioritas dan juga value yang kita miliki. No judgment apalagi membandingkan si A dan si B karena yang paling tahu kapasitas, kemampuan, kondisi dan semua angle kehidupan ya kita sendiri bukan?

Meluangkan waktu dengan hal produktif

Apa sih yang dimaksud produktif? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), produktif memiliki arti bersifat atau mampu menghasilkan, so, menghabiskan waktu luang dengan kegiatan produktif namun juga fun biasanya  dipilih oleh beberapa ibu rumah tangga, terutama bagi mereka yang sebelum menikah dan punya anak juga sudah terbiasa memiliki kehidupan yang sibuk sehingga biasanya saat punya  waktu luang mereka seperti mempunyai dorongan untuk melakukan hal – hal yang menurut mereka bermanfaat dan mempunyai output yang baik dan positif. Tipikal ibu rumah tangga yang seperti ini biasanya  akan memanfaatkan waktu luang atau me time dengan melakukan kegiatan seperti membaca buku, menulis, membuat suatu project pribadi, melakukan hobi, dan tipikal kegiatan – kegiatan yang memang membuahkan hal yang kita sebut “karya”, jadi mereka berusaha waktu luang yang mereka miliki dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk mengisi kekosongan dan dorongan aktualisasi diri.  Kepuasaan saat bisa menyelesaikan misi dan goal pribadi ini adalah pencapaian pribadi yang luar bisa dan memiliki arti yang besar bagi tipikal ibu yang satu ini.

Meluangkan waktu dengan self reward

Self reward sendiri diartikan sebagai memberi hadiah kepada diri sendiri di mana mindset atau pola pikir untuk tipikal ibu rumah tangga ini adalah mereka ingin menghargai dan memberikan “break” kepada diri sendiri dari penatnya keseharian dengan cara memberikan hiburan atau kesenangan kepada diri sendiri melalui cara – cara yang mereka yakini worth it untuk dilakukan. Beberapa kegiata self reward yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga di sela – sela waktu luang nya misalkan pergi ke tempat perawatan diri, sebagian mungkin cukup puas dengan menonton serial drama favorit atau menonton tv di rumah, menonton tayangan streaming di gadget, berbelanja online, update berita terkini atau kegiatan – kegiatan yang sifatnya kita mengkonsumsi atau menyerap sesuatu dengan tujuan stress release ataupun hanya sekedar relaksasi dan bersantai dari penatnya hari.

Pada kenyataan nya, kita tidak bisa saklek membedakan si A atau si B masuk ke dalam kategori mana karena sebagai manusia yang utuh kita membutuhkan kedua nya, baik kegiatan yang sifatnya produktif maupun self reward, aktif dan pasif. Semua ibu rumah tangga pasti juga ingin mempunyai waktu untuk bersantai dan melepas penat, namun di satu waktu juga ingin  berkontribusi dan melakukan sesuatu yang mempunyai value sebagai pemenuhan dari dorongan aktualisasi dan eksistensinya, dua hal ini adalah kebutuhan kita sebagai manusia.

Jadi, saat kita punya waktu luang, silahkan ditimbang – timbang dan diputuskan mau kita apakan waktu luang kita yang berharga ini, mau digunakan untuk melakukan hal yang produktif, good, big applaus, atau mau bersantai sejenak dan self reward, it's okay, you deserve it asalkan kita bisa meramu kedua hal ini dan membuatnya balance saya rasa sudah cukup karena terlalu produktif sampai lupa memberi diri sendiri waktu untuk beristirahat juga tidak baik, pun demikian terlalu banyak self reward dan bersantai juga akan membuat kita meaningless. Jadi, silahkan bermain cantik di dua area ini ya.

 

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular