SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Penting Tidak Penting Merayakan Ulang Tahun Anak

Ulang tahun menjadi salah satu momen yang dianggap penting dalam hidup manusia karena pada momen tersebut kita akan merefleksikan diri saat pertama lahir ke dunia ini meskipun well, tentulah kita juga sebenarnya tidak ingat pasti momen kelahiran itu karena terekam di memori yang mungkin sangat sulit untuk diakses, namun sebagai bentuk rasa syukur dan kontemplasi diri, maka momen kelahiran atau ulang tahun  mempunyai tempat yang spesial dalam diri hampir semua orang.

Tidak ketinggalan juga tentunya sebagai orang tua, kita akan selalu mengingat dan mengenang masa – masa kelahiran si kecil, momen yang sangat dinantikan selama sembilan bulan bahkan lebih, momen di mana kita mendengar tangis pertamanya, menyentuh kulit mulus nya untuk pertama kali dan juga momen di mana kita ada di sana saat dia membuak mata untuk pertama kalinya. Wah, sungguh benar – benar momen yang tidak terlupakan ya.

Beranjak si kecil tumbuh besar, momen ulang tahun sudah berubah menjadi momen perayaan eksistensinya dan juga perayaan rasa syukur bahwa anak kita sudah diberi karunia kesehatan dan keselamatan dalam perjalanan tumbuh kembangnya hingga saat ini, terkadnag tidak terasa juga ya bayi yang dulu masih kita gendong-gendong sekarang sudah besar saja, hehe.

Ilustrasi ulang tahun anak (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Berbagai alasan orang tua merayakan ulang tahun anak

Merayakan ulang tahun anak dari zaman dulu sampai sekarang masih kerap dilakukan oleh para orang tua, terlepas dari motif pribadi yang mendasarinya, biasanya kita akan banyak melihat para orang tua yang merayaka ulang tahun anak karena alasan ingin mengenang setiap momen pertambahan umurnya, sebagai bentuk syukur dan terima kasih kepada Tuham ataupun alasan – alasan klise lainnya seperti supaya sama dengan anak-anak yang lain, supaya tidak ketinggalan zaman dan up to date, supaya punya kenang-kenangan foto ulang tahun dan berbagai macam alasan lain yang mana ya sah – sah saja sih, toh itu semua dilakukan atas dasar kemauan dan kesadaran orang tua, atau bahkan kemauan bersama dengan si anak.

Namun, apakah harus merayakan ulang tahun anak? wait, merayakan di sini bisa bermacam – macam ya, merayakan secara internal keluarga saja ataupun merayakan dengan menyebar banyak undangan layaknya sedang mengadakan hajatan, you named it.

Merayakan tidak merayakan, semua ada pro dan cons nya

Terlepas dari kubu yang mana kita, merayakan atau tidak, dua – duanya sama – sama sah saja, toh juga tidak ada peratuan ataupun kewajiban mengikat bahwa ulang tahun HARUS dirayakan, dan tidak ada dosa serta hukuman juga bila tidak merayakan nya, no, semua tergantung prinsip dan value yang dianut oleh masing – masing keluarga. Ada yang beranggapan bahwa merayakan ulang tahun itu sangat penting dan krusial karena momen tersebut hanya datang setahun sekali, ada pula yang beranggapan bahwa ah tidak perlu merayakan, biasa saja takutnya nanti menjadi kebiasaan dan selalu ditagih oleh anak, hehe. Banyak pertimbangan tentu melahirkan banyak keputusan ya parents.

Apapun pilihan nya, yang paling utama adalah pastikan kita dan pasangan kompak dan sevisi dalam hal merayakan atau tidak nya momen ulang tahun anak, jangan sampai salah satu tidak setuju dan satunya memaksakan, wah nanti bisa menjadi ajang adu ego, dan yang lebih penting kita juga harus memberi pemahaman kepada si anak, memberi tahu mereka apa itu ulang tahun terlepas akan dirayakan atau tidak nya, menurut saya itu yang lebih penting. Jangan sampai anak kita gagal paham bahwa ulang tahun sama dengan pesta perayaan dan mendapatkan banyak hadiah gratis sehingga saat di momen yang sama mereka tidak mendapatkan itu semua, yang ada malah rewel dan senewen sehingga pentingnya penanaman pemahaman sejak dini dan antisipasinya tentu jauh lebih penting.

Jadi, parents tim yang mana nih? merayakan, tidak merayakan atau fleksibel? hehe, yuk berbagi perspektif di kolom komentar :)

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular