SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Resep Kentang Mustofa Simple dan Awet Renyah, Boleh Nih Dicoba!

Photo : instagram @cemilanenjoyy_

Saat mendengar namanya memang agak sedikit menggelitik ya, kok bisa dinamai kentang Mustofa? karena berbekal kepo yang amat sangat, hehe saya pun browsing – browsing perihal asal usul nama kentang Mustofa ini. Seperti halnya namanya, olahan kentang ini dinamai Mustofa karena pencetus ide olahan kentang garing nan gurih ini adalah Bapak Opo Mustfa, seorang chef di Istana Cipanas di masa pemerintahan presiden Soekarno. Awalnya Pak Mustofa ini mengolah kentang sisa memasak yang tidak terpakai menjadi kentang yang dipotong korek api kecil – kecil dan dibumbi dengan bumbu balado, alhasil jadilah olahan kentang Mustofa yang banyak dikenal sampai sekarang ini. Suatu hari olahan kentang ini tidak tersaji di meja makan Bung Karno sehingga beliau meminta kepada pramusaji “ mana kentang Mustofa?”, nah mungkin dari situlah nama kentang Mustofa menjadi ikon nama olahan kentang yang akan kita bahas ini.

Kentang Mustofa memiliki cita rasa gurih dan renyah, cocok untuk camilan bahkan lauk pendamping nasi saat tidak ada lauk atau sedang malas memasak. Cukup taburi saja kentang Mustofa di atas nasi hangat dan voila, kita sudah bisa mendapatkan sepiring makanan yang rasanya menggugah selera.

Saya pribadi juga tidak terlalu tahu tentang olahan kentang ini sampai suatu hari ibu mertua memberi tahu plus mengajari juga cara membuatnya. Seperti yang sudah di spill sebelumnya, untuk membuat olahan kentang ini kuncinya  adalah kentang dan bumbu balado. Namun, bagaimana cara mengolah perpaduan kentang dan bumbu ini supaya awet renyah dan tahan lama? Nah yuk kita simak cara membuatnya berikut ini :

Bahan :

Kentang

Cabai merah besar atau bisa juga diganti cabe keriting

Bawang putih

Garam

Penyedap rasa

Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Pertama, kupas kentang dan cuci bersih.

2. Potong korek api kecil atau parut memanjang dengan parutan kentang (saya lebih merekomendasikan memakai parutan supaya lebih tipis dan rapi).

3. Setelah kentang selesai dipootng kecil – kecil atau diparut, cuci kentang sekali lagi sampai bersih dan air cucian kentang bening, lalu tiriskan.

4. Untuk membuat bumbu balado, siapkan cabai merah besar dan bawang putih, masukkan keduanya ke dalam blender atau chopper, tambahkan sedikit minyak untuk membuat hasil bumbu menjadi halus.

5. Selanjutnya, siapkan minyak dan wajan untuk menggoreng lalu goreng terlebih dahulu kentang yang sudah tiris sampai kuning kecoklatan dan renyah, lalu tiriskan.

6. Setelah semua kentang digoreng, selanjutnya kita akan menumis bumbu balado dengan sedikit minyak untuk menumis.

7. Tumis bumbu balado sampai harum dan mengkaramel (sampai pekat), jangan lupa tambahkan garam dan penyedap (bisa juga kaldu jamur), tes rasa dan bila sudah oke kecilkan api dan masukkan kentang yang sudah digoreng tadi.

8. Aduk – aduk kentang dan bumbu balado sampai tercampur rata, lalu angkat dan tiriskan.

9. Kentang siap untuk disajikan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan membuatnya? bahan yang dibutuhkan juga sangat simple dan mudah didapat. Olahan kentang Mustofa juga bisa kita modifikasi dengan menambahkan kacang tanah goreng maupun teri untuk menambah cita rasa, meskipun walau hanya kentang juga sudah enak loh. Salah satu tips yang membuat kentang Mustofa awet renyah dan tahan lama adalah penggunaan minyak goreng saat menghaluskan bumbu karena menggunakan air akan cenderung membuat tekstur kentang menjadi mudah melempem nantinya. Selain itu, poin kedua adalah teknik memasak si bumbu balado nya, yakni menumis sampai dengan bumbu mengkaramel dengan ciri warnanya merah tua pekat dan sampai mendidih dengan muncul gelembung-gelembung besar karena bila bumbu tidak matang sempurna, maka kentang juga akan mudah melempem. Untuk penyimpanan, simpanlah kentang ke dalam wadah tertutup dan kedap udara, lakukan saat kentang Mustofa sudah benar – benar dingin ya, menyimpan nya saat suhu masih panas atau hangat juga akan mempercepat tekstur kentang menjadi lembek dan melempem sehingga kerenyahan nya tidak terjaga lama.

Bila ada waktu luang, boleh juga loh mencoba resep yang satu ini, sebagai tambahan atau pendamping untuk hidangan utama juga bisa kita simpan untuk stok saat kondisi darurat atau sedang tidak mood masak, hehe.

Selamat mencoba!

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular