SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

5 Hal yang Harus Disiapkan saat Menemani si Kecil Outdoor Playing

photo by Kampus Production on Pexels.com

Selain bermain di dalam rumah dengan berbagai macam permainan, sesekali si kecil juga perlu loh merasakan keseruan bermain di luar ruangan (outdoor) supaya mereka tidak jenuh dan tentunya menambah pengalaman bermain di fase usianya kini. Bermain di luar akan membuat si kecil lebih merasa leluasa dan bebas bergerak, merangsang motorik sensor nya dan juga memberinya informasi baru tentang dunia selain rumah yang juga bisa mereka eksplore dengan maksimal.

Kita bisa mengajak si kecil ke berbagai tempat seperti taman bermain, kebun raya, pantai, camping ground dan berbagai tempat outdoor seru lainnya. Tidak perlu jauh dan mahal juga sih karena kita juga bisa melihat di sekitar tempat tinggal kita mana arena publik yang bisa dijadikan tempat bermain bersama si kecil, the choice is yours.

Membahas bermain di luar ruangan dengan si kecil, mungkin bagi para ibu-ibu yang pertama kali terpikir adalah perengkapan apa saja ya yang harus dibawa supaya aktifitas bermain si kecil tidak terganggu dan tetap menyenangkan? yup, untuk itulah saya menulis artikel ini, untuk sharing kira-kira apa saja ya yang perlu kita siapkan sebelum mengajak si kecil bermain di luar. Oke tanpa panjang lebar yuk kita cek list berikut ini :

1. Perlengkapan kebersihan si kecil

Bila si kecil masih menggunakan diaper, ini adalah barnag wajib yang tidak boleh ketinggalan, bila sudah tidak memakai diaper, kita bisa menggantinya dengan membawa cadangan pakaian dalam untuk berjaga-jaga bila si kecil mengompol atau bermain basah-basahan misalnya di pantai ataupun kolam renang. Selain itu, membawa tissue kering dan basah juga penting untuk membersihkan kotoran atau sisa makanan.

2. Snack

Anak-anak biasanya tidak terlalu antusias bila harus makan berat di sela-sela aktifitas bermain, namun mereka biasanya tidak menolak bila ditawari camilan, hehe. Jadi, janngan lupa untuk membawa snack kesukaan si kecil dan juga air minum nya ya.

3. Mainan favorit

Membawa perlengkapan bermain outdoor juga jangan sampai terelwat, seperti misal sepeda kecil nya, perlengkapan bermain pasir saat di pantai, perlengkapan berenang atau perlengkapan penunjang lainnya yang membuat aktifitas bermain outdoor mereka lebih seru.

4. P3K jangan terlewat

P3K harus selalu dibawa saat beprgian kemana pun meskipun hanya sekedar berwisata bersama keluarga atau menemani si kecil bermain. Tidak perlu membawa satu kotak besar p3k, cukup membawa beberapa item esensial untuk berjaga-jaga bila terjadi injury saat si kecil sedang bermain seperti plester, obat merah, kapas untuk membersihkan luka dan item dasar lain yang sekiranya dibutuhkan.

5. Jangan lupa sunscreen

Mungkin ini yang sering terlupakan, namun membiarkan anak-anak bermain di bawah sinar matahari terlalu lama tanpa perlindungan juga berpotensi membuat kulit mereka terbakar, apalagi bila kulit si kecil cenderung sensitif. Jadi, sebelum beraktifiats di luar ruangan, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen ke wajah dan tubuh si kecil ya Mom supaya si kecil bisa bermain dengan aman tanpa khawatir sunburn atau kulit nya merah-merah setelah bermain. Sekarang ini sudah banyak dijual sunscreen yang dikhususkan untuk anak-anak dari berbagai merk dengan berbagai rentang harga, silahkan pilih sesuai kebutuhan Mom dan si kecil ya.

Oke, itulah lima hal yang harus disiapkan dan dibawa saat hendak bermail di luar ruangan bersama si kecil. Meskipun terkesan hanya “bermain” saja, namun kita juga perlu antisipasi yang sekiranya akan dibutuhkan oleh si kecil supaya kita sebagai orang tua tetap bisa sigap di berbagai situasi dan si kecil juga bisa bermain dengan aman dan nyaman saat berada di luar ruangan.

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular