SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

MPASI Tanpa Peralatan Mahal, Bisa Kok!

photo by Racool_studio on Freepik.com

Saat si kecil sudah mendekati usia enam bulan, maka di saat itulah kita sudah harus mulai menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Masa MPASI adalah masa krusial kedua setelah ASI karena di masa ini si kecil akan mulai belajar mengenal sumber makanan lain selain ASI dan proses pertumbuhan fiisk si kecil juga akan sangat pesat karena nutrisi yang akan dia terima ke depan nya akan lebih kompleks.

Berbicara mengenai MPASI, selain fokus pada menu dan jenis makanan apa yang akan kita berikan kepada si kecil, tentu peralatan dan sarana penunjang lainnya juga penting untuk mendukung kelancaran proses MPASI nya. sebagai orang tua sudah pasti kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak kita, tapi bukan berarti juga harus semuanya serba mahal dan bermerk karena kalau kita lihat tidak sedikit ya para ibu yang sangat impulsif bila berkaitan dengan peralatan bayi, rasa – rasanya semua ingin dibeli. Padahal, kita juga tetap bisa memberikan yang terbaik kepada si kecil dan juga berhemat dengan cara tidak selalu harus membeli peralatan MPASI yang mahal –mahal loh.

Peralatan MPASI tidak harus mahal

Mungkin akan sangat sulit untuk tidak menghiraukan saat iklan – iklan slow cooker, blender dan alat elektronik yang dirancang khusus untuk MPASI berseliweran di akun sosial media kita. Bagaimana tidak? Tinggal masukkan saja semua bahan makanan dan pencet tombol “cook” , tunggu beberapa menit maka bubur MPASI home made sudah siap tersaji, tentu kepraktisan inilah yang membuat kita semua tergoda bukan?

Namun, dibalik semua kepraktisan dan kelebihan nya, selalu ada harga yang harus dibayar dan sayangnya tidak semua orang tua mempunyai keleluasaan dan kemampuan secara finansial yang sama untuk memberikan yang “terbaik” berdasarkan standar yang ada di sosial media maupun masayarakat. Selain masalah kepraktisan, peralatan MPASI maupun peralatan bayi lainnya biasanya cenderung tidak berumur panjang dalam pemakaian nya, mungkin untuk sebuah slow cooker akan benar – benar berfungsi untuk beberapa bulan saja, selanjutnya kita harus naik tingkat tekstur pemberian MPASI sehingga penggunaan alat pelumat halus tersebut sudah tidak diperlukan, atau kalaupun masih bisa digunakan paling lama kita akan menggunakan nya selama kurang lebih setahunan karena pada akhirnya si kecil harus bisa makan makanan keluarga dengan tekstur seperti yang semua orang makan, bukankah memang itu tujuan MPASI?

Tips peralatan MPASI sederhana

MPASI pertama si kecil tentunya harus bertekstur sangat lembut dan mudah ditelan sehingga kita harus mengolah bahan makanan nya menjadi pure, entah itu buah – buahan maupun makanan lengkap (karbohidrat, protein, serat dan lemak). Untuk pilihan menu makanan kedua di mana kita memberikan asupan nutrisi lengkap, maka kita memerlukan alat bantu untuk membuat pure atau bubur. Bila mommy tidak mempunyai peralatan canggih seperti slow cooker dan kawan – kawan nya, tenang saja, semua tetap bisa di atasi dengan menggunakan peralatan sederhana atau yang ada di dalam rumah, namun pastikan untuk alat MPASI ini memang khusus untuk memasak makanan si kecil saja ya, jangan dicampur dan digunakan untuk memasak makanan keluarga yang lain saya tetap terjaga kebersihan dan ke strerilan nya. Lalu, apa saja alat – alat yang akan kita butuhkan untuk membuat MPASI si kecil?

1. Panci susu (sauce pan)

Panci susu atau saucepan adalah peralatan yang wajib ada untuk membuat bubur MPASI karena ukuran panci yang tidak terlalu besar dan juga mempunyai pegangan yang memudahkan kita untuk memasak. Mommy bebas memilih tipe panci yang disertai tutup maupun tidak, mau yang berbahan stainless, aluminium, glass, keramik atau anti lengket. Khusus untuk anti lengket, pastikan sudah benar – benar aman dan memiliki logo SNI atau food grade ya dan juga PFOA free, namun bila masih ragu sebaiknya gunakan bahan lain yang lebih aman. Panci susu ini nantinya akan kita gunakan untuk merebus semua bahan MPASI dan memasaknya dengan api kecil sampai tekstur makanan nya lembek.

2. Saringan stainless

Saringan ini kita butuhkan untuk menyaring bahan makanan yang sudah direbus supaya lebih lunak dan lembut lagi. Nantinya makanan yang sudah direbus kita tiriskan di atas saringan ini dan akan kita lumatkan menggunakan alat pelumat sehingga hasil makanan yang sudah lumat sekaligus bisa langsung disaring.

3. Ulegan kayu atau alat smasher lainnya

Ulegan kayu atau alat smasher (penghancur) lainnya berfungsi untuk melunakkan bahan makanan karena meskipun sudah direbus, namun dari segi tekstur tidak bisa langsung pecah dan lunak, sehingga perlu dibantu dengan alat alat lain untuk melembutkan dan melunakkan nya, salah satunya kita bisa menggunakan ulegan kayu ini karena bobotnya yang ringan sehingga tidak membuat tangan pegal saat proses pelumatan. Pilih ukuran yang tidak terlalu besar ya dan sesuaikan dengan ukuran saringan nya.

4. Parutan keju

Biasanya untuk awal MPASI kita tidak menggunakan garam melainkan menggantinya dengan keju cheddar untuk memebrikan cita rasa asin atau gurih pada makanan si kecil. Maka dari itu, parutan keju ini juga jangan sampai ketinggalan karena tentu yang akan kita pakai adalah jenis keju yang mudah diolah dan dicerna yakni keju cheddar, bukan keju lembaran apalagi mozzarella.

5. Alat penunjang lain

Alat penunjang lain seperti spatula untuk mengaduk bahan makanan saat di rebus, piring, sendok, wadah  untuk tempat hasil saringan MPASI sampai dengan container atau tempat menyimpan MPASI bila kita memasak untuk beberapa kali makan juga jangan sampai ketinggalan. Untuk peralatan ini usahakan jangan menggunakan yang berbahan plastik karena beberapa bahan plastik tidak tahan panas, kalaupun  menggunakan bahan plastik pastikan berbahan  food grade dan sudah SNI.

So, itulah peralatan yang bisa kita gunakan untuk membuat MPASI si kecil, tidak ribet dan juga mudah ditemukan bukan?  dari segi harga pun tentu jauh lebih affordable. Selain itu, alat – alat tersebut juga sustain dan  bisa beralih fungsi untuk  kita pakai  memasak sehari – hari saat masa MPASI sudah usai. Jadi, tidak ada  cerita barang yang nganggur dan tak terpakai.  

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular