SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Kemandirian Finansial Wanita dan 5 Manfaat yang Didapatkannya

photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Semua orang baik wanita maupun pria sama – sama ingin bisa mandiri secara finansial, apalagi di era sekarang di mana jalan bagi wanita untuk berkarir dan menghsilkan uang sendiri sudah terbuka lebar. Berbicara masalah uang dan wanita, memang keduanya sangat erat ya karena seperti yang kita tahu setelah menikah, biasanya wanita lah yang paling sering ditunjuk sebagai mentri keuangan dalam rumah tangga, mulai dari menabung, membayar tagihan bahkan juga berinvestasi. Peran yang sedemikian penting ini tentu juga membutuhkan wanita-wanita yang melek dengan literasi keuangan supaya bisa merencanakan keuangan keluarga dengan lebih baik.

Namun, tidak dipungkiri terkadang hidup tidak selalu berjalan sesuai  harapan kita. Mungkin ada masa-masa di mana kita bisa menghasilkan uang sendiri dan ada juga masa-masa di mana kita tidak bisa menghasilkan uang sendiri secara aktif , tentu dua kondisi ini juga akan berpengaruh besar secara  mental dan bagaimana sikap kita dalam mengatur keuangan, baik pribadi maupun keluarga.

Apakah wanita HARUS mandiri secara finansial?

Tidak ada statement khusus yang menjustifikasi apakah wanita harus mandiri secara finansial atau tidak, tidak ada pula salah benar, dosa atau pahala maupun hukum yang memandang tentang hal ini karena ini murni datangnya dari pemahaman, konsep, prinsip dan pengalaman hidup kita masing-masing. Namun bila ditanya apakah kita ingin mandiri secara finansial? tentu mungkin hampir semua  wanita akan menjawab YES, terlepas dari cara atau mekanisme  menghasilkan uang nya ya, apakah itu melalui cara bekerja 9 to 5, membuka bisnis maupun berbagai cara lainnya.

Tidak bisa dipungkiri semakin berkembangnya zaman dan semakin luasnya akses kita kepada informasi membuat banyak wanita juga semakin terbuka tentang literasi keuangan baik untuk pribadi maupun keluarga dan semua wanita menginginkan yang terbaik untuk keduanya. Sehingga peranan wanita dan finansial sangatah erat dan mustahil untuk dipisahkan.

Manfaat saat wanita mandiri secara finansial

Mempunyai kemampuan untuk bisa mandiri secara finansial bagi wanita adalah sebuah anugerah karena dengan madniri secara finansial kita lebih banyak mempunyai ruang gerak untuk bebas menentukan keputusan keuangan baik pribadi maupun keluarga. Lantas apa saja kelebihan dan manfaat yang akan kita dapatkan saat bisa mandiri secara finansial ?

1. Bebas mempunyai alokasi belanja pribadi

Baik masih lajang maupun sudah menikah, sebagai wanita tentu kita memiliki kebutuhan yang sifatnya pribadi, sebut saja untuk membeli pakaian, skincare dan perawatan maupun perlengkapan pribadi lainnya. Biasanya saat sudah menikah dan berumah tangga kita akan lebih mikir-mikir saat ingin membelanjakan uang dari pasangan untuk hal-hal yang bersifat pribadi ini, apalagi bila sudah ada anak, tentu prioritas akan bergeser untuk memenuhi kebutuhan dan tabungan anak sehingga kebutuhan pribadi kita akan sedikit ter eliminasi. Namun, saat kita mandiri secara finansial, kita bisa lebih leluasa untuk mengalokasikan uang yang kita punya untuk memenuhi kebutuhan pribadi kita tanpa harus berlebihan mengusik uang keluarga. Tapi satu hal yang perlu di ingat, meskipun kita berbelanja dengan uang pribadi kita, pastikan untuk tetap moderate ya, jangan berlebihan, hehe.

2. Mempercepat tujuaan keuangan keluarga di masa depan

Tujuan keuangan keluarga jangka panjang tentu akan lebih cepat tercapai saat kita juga bisa ikut andil di dalam nya melalui uang yang kita hasilkan sendiri. Meskipun mungkin kontribusi kita tidak sebesar sumber income utama di keluarga, namun hal ini tentu akan membuat sangat berarti, dan eits jangan lupakan the power of compound interest, meskipun kecil, bila digulung terus menerus tentu akan meghasilkan efek bola salju yang akan membuat tabungan keluarga kita semakin besar.

3. Lebih leluasa membantu keluarga besar

Tidak bisa dipungkiri bila sebelum menikah kita sudah terbiasa bekerja dan menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk membantu keluarga kita sendiri, yakni orang tua dan adik-adik kita, maka keinginan ini pun juga akan tetap ada saat kita sudah menikah. Saat kita bisa mandiri secara finansial, tidak akan terlalu sulit untuk tetap melakukan nya karena kita mempunyai uang sendiri dan tidak perlu mengganggu keuangan keluarga kecil kita.

4. Menjaga keuangan keluarga on track

Tidak selamanya rencana berjalan sesuai dengan harapan kita, begitu pula saat kita merencanakan tujuan keuangan jangka panjang untuk keluarga kecil kita, terkadang ada satu dua hal faktor eksternal yang membuat mau tidak mau kita harus membongkar ulang tabungan yang sudah kita bangun. Tentu tidak mengenakkan bukan? namun bila kita mandiri secara finansial, maka kita bisa mengantisipasi kondisi seperti ini dengan ikut menyelamatkan keuangan keluarga dari uang yang kita punya. Paling tidak pos-pos tabungan yang krusial tidak sampai tersentuh dan kalaupaun harus dicuil, kita masih bisa menambalnya dengan penghasilan kita.

5. Merasa tenang

Salah satu sisi psikologi dari mempunyai uang pribadi adalah rasa tenang dalam menghadapi resiko hidup. Tentu berbeda rasanya saat kita punya tabungan dengan saat kita tidak memegang uang sepeser pun. Saat kita memiliki uang dan tabungan pribadi, maka kita akan merasa siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi dan ini berdampak pada ketenangan kita dalam menghadapi dinamika hidup itu sendiri.

Bagi wanita yang sudah bisa mandiri secara finansial, terlepas dari apapun statusnya, selamat anda sudah memegang kendali atas hidup anda sendiri. Namun, bagi yang belum bisa, jangan berkecil hati, selalu optimis dan terus berusahan serta yakin bahwa kesempatan dan masa itu akan datang kepada kita karena saat wanita mempunyai keleluasaan ini, percayalah itu bukan hanya semata-mata untuk memuaskan diri mereka sendiri, namun justru mereka akan menggunakan nya untuk membantu dan mengangkat hidup keluarga dan orang-orang yang dia cintai.

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular